transaksi online

Daftar Isi

Ini Dia Jenis-Jenis Transaksi Online dan Kemudahannya

Daftar Isi

Transaksi online sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari. Internet memang telah mengubah cara berbelanja, berbisnis, dan berinteraksi. Jika dulu hampir semua jenis pembayaran dilakukan secara tunai, sekarang banyak orang yang lebih memilih untuk melakukannya secara online.

Jika kamu adalah seller yang memiliki usaha online shop, sangat penting untuk tahu dan memahami transaksi apa saja yang bisa dilakukan secara online. Termasuk juga jenis-jenis dan kemudahan yang dimilikinya.

Pemahaman yang baik tentang transaksi secara online memungkinkan seller untuk memberikan pengalaman yang lebih baik. Dengan memahami berbagai metode pembayaran, kebijakan pengembalian, dan proses transaksi, seller dapat mengurangi kesalahpahaman dalam proses pembelian.

 

Pengertian Transaksi Online

Jadi, sebenarnya apa itu transaksi online? Transaksi online adalah proses pembelian, penjualan, atau pertukaran barang, jasa, atau informasi yang dilakukan melalui internet atau jaringan komputer. 

Secara sederhana, ini adalah transaksi yang memudahkan pihak seller dan pembeli untuk melakukan interaksi pembayaran tanpa harus bertatap muka. Transaksi tersebut melibatkan berbagai jenis aktivitas. Mulai dari pembelian produk secara langsung dari toko online, pembayaran tagihan, transfer uang antar bank, hingga reservasi layanan. 

Jenis transaksi ini dinilai mampu meningkatkan efisiensi bisnis, mengurangi biaya operasional, dan memperluas jangkauan pasar bagi pelaku usaha di seluruh dunia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam metode pembayaran secara online, yaitu:

  • Transfer secara manual melalui bank
  • Kartu debit
  • Kartu kredit
  • Pembayaran melalui minimarket
  • Fitur saldo (biasanya sudah disediakan oleh platform marketplace)
  • Menggunakan pulsa.

 

Berbagai Jenis Transaksi Online yang Umum Digunakan

Jenis-jenis transaksi online dibedakan berdasarkan cara pembayarannya. Secara umum, ada tiga jenis transaksi yang sering digunakan, di antaranya:

1. Transfer antarbank 

Transfer antarbank adalah jenis transaksi yang sangat umum dan digunakan secara luas oleh para seller. Salah satu keunggulan utama dari transaksi ini adalah dana yang ditransfer dapat dengan cepat diterima. 

2. COD (Cash On Delivery)

COD sebenarnya hampir tidak dapat dianggap sebagai proses jual beli secara online karena melibatkan interaksi langsung antara seller dan pembeli. Keuntungan dari sistem ini adalah baik seller maupun konsumen memiliki fleksibilitas dalam proses transaksi. 

Konsumen bisa melihat barang yang akan dibeli terlebih dahulu, apakah sudah sesuai seperti yang dilihat di platform. Seller pun bisa menggunakan bantuan perantara, atau kurir ekspedisi untuk menerima pembayaran.

3. Rekening bersama

Ada juga metode pembayaran lain yang disebut rekening bersama. Dalam metode ini, pembayaran dilakukan melalui pihak ketiga, yakni lembaga keuangan yang telah ditunjuk.

Prosesnya adalah pembeli mentransfer dana ke rekening bersama setelah melakukan pemesanan barang secara online. Setelah itu, pihak seller akan mengirimkan pesanan tersebut.

Jika barang yang dipesan sudah diterima oleh pembeli, pihak platform akan melepaskan dana kepada pihak seller sebagai tanda bahwa transaksi tersebut telah berhasil dilakukan.

 

Baca juga: Butuh Pinjaman Modal Usaha? Ini Cara Mendapatkannya!

 

Berbagai Kemudahan Transaksi Online, Apa Saja?

Ada banyak orang yang merasa lebih nyaman melakukan transaksi secara online dibandingkan secara konvensional. Hal tersebut tentu ada alasannya. 

Alasan utamanya adalah banyaknya kemudahan transaksi online yang disukai oleh banyak orang, khususnya pihak konsumen. Berbagai kemudahan transaksi online tersebut antara lain adalah:

1. Faktor kenyamanan

Pengguna dapat berbelanja atau melakukan transaksi dari mana dan kapan saja, tanpa perlu datang secara fisik ke toko atau tempat usaha.

2. Akses yang luas

Transaksi online memudahkan pengguna untuk mengakses berbagai produk, layanan, atau informasi dari seluruh dunia. Semuanya bisa dilakukan tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

3. Waktu dan efisiensi

Proses ini biasanya lebih cepat dan efisien daripada transaksi konvensional. Ini tentunya sangat menghemat waktu dan energi pelanggan.

4. Banyak pilihan pembayaran

Terdapat berbagai metode pembayaran online, termasuk kartu kredit, dompet digital, transfer bank, dan lainnya. Dengan begitu, pengguna dapat memilih yang paling nyaman bagi mereka.

5. Sistem pembayaran otomatis

Untuk pembelian yang dilakukan berulang atau berlangganan, pembayaran dapat diatur secara otomatis. Jadi, penggunanya tidak perlu repot mengisi data pembayaran secara manual setiap kali akan membayar.

6. Pemantauan transaksi

Penggunanya baik seller maupun pihak pembeli, dapat dengan mudah melacak riwayat transaksi mereka. Termasuk membuat pencatatan keuangan yang lebih baik dan mengidentifikasi pembelian apa yang telah mereka lakukan.

7. Keamanan pembayaran

Transaksi secara online umumnya dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Sistem keamanan yang kuat dan enkripsi data mampu melindungi informasi finansial pengguna saat melakukan pembayaran online.

 

Baca juga:5 Jenis Laporan Keuangan dan Cara Membuatnya untuk Evaluasi Bisnis

 

——

Semua kemudahan dari adanya transaksi online ini telah mengubah cara orang bertransaksi dan berbelanja. Sehingga menjadikan transaksi online sebagai bagian penting dari kehidupan sehari-hari di era digital seperti saat ini.

Sebagai seller yang baik, pemahaman mengenai transaksi online akan membantu kamu mengelola bisnis atau usaha yang dijalankan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah melakukan berbagai analisis terhadap bisnismu. 

Analisis bisnis penting untuk dilakukan agar kamu tahu bagian mana yang perlu diperbaiki atau mana yang perlu ditingkatkan. Jika kamu adalah seller yang sudah aktif di Lazada, ada fitur Bisnis Analisis yang bisa kamu akses di Lazada Seller Center. Kamu bisa lebih mudah untuk memahami pola penjualan, preferensi konsumen, tren pasar, dan performa produk tertentu yang ada di Lazada. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai seller Lazada, ya! Daftar di sini untuk mulai kembangkan bisnismu!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
shutterstock_1621608049

Coba Cara Mencari Pelanggan Baru Ini, Penjualan Tokomu Langsung Meningkat!

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

target pasar usaha makanan

6 Contoh Target Pasar Usaha Makanan yang Berpotensi Datangkan Cuan!

hadapi keluhan pelanggan

Strategi + Contoh Template Chat Ampuh Hadapi Keluhan Pelanggan

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users