Daftar Isi

Tips Ampuh Promosi Produk Kamu Supaya Makin Laris di Tahun Ini

Daftar Isi

Melakukan promosi merupakan salah satu hal yang krusial dalam bisnis atau jualan online. Salah memilih strategi promosi, dapat membuat penjualan produk yang kamu promosikan akan tetap seret. Padahal, banyak dana yang harus dikeluarkan untuk melakukan promosi produk tersebut.

Promosi produk adalah suatu strategi untuk memperkenalkan dan memasarkan produk, baik barang ataupun jasa, kepada pembeli. Promosi bertujuan untuk menjadikan produk kamu dapat lebih dikenal dan memastikannya sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Jika produk kamu dapat lebih dikenal dari produk kompetitor, hal ini tentu dapat meningkatkan penjualan produk kamu. Lalu, apa saja keuntungan lainnya dari promosi produk dan bagaimana cara melakukannya?

Keuntungan Promosi Produk

Selain untuk meningkatkan penjualan, sangat banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika melakukan promosi produk dengan benar. Ini beberapa keuntungan lainnya dari promosi produk yang tentunya dapat memperbesar keuntungan jualan kamu.

Baca juga: 4+ Marketing Tools yang Bantu Jualan Online Raih Omzet Banyak

Membentuk Citra Produk dan Toko

Melakukan promosi produk dapat membentuk citra produk dan toko kamu, lho. Ini karena sebuah produk atau pun toko dapat diingat oleh masyarakat karena promosi yang dilakukan memiliki ciri khas tersendiri.

Contohnya gambar hati yang selalu ada di sebelah kiri logo Lazada. Bentuk hati yang unik membuat orang mengingat ciri khas dari Lazada. Jadi, jika ada sebuah promosi dengan logo hati tersebut, orang akan langsung tahu bahwa logo itu milik Lazada.

logo-lazada
Bentuk ‘Hati’ Bagian dari Ciri Khas Logo Lazada

Jika kamu baru memiliki sebuah toko, kamu bisa mulai membangun citra seperti Lazada dengan membuat logo toko yang unik sehingga mudah diingat oleh pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat membuat jargon unik agar pembeli bisa tertarik dan selalu ingat akan toko kamu.

Membangun Komunikasi dengan Pembeli

penting-komunikasi-dengan-pembeli
Komunikasi untuk Membantu Memenuhi Kebutuhan Pembeli – Shutterstock/DCStudio

Memiliki hubungan baik dengan pembeli adalah salah satu kunci utama dalam kesuksesan bisnis. Kamu bisa mulai bangun komunikasi dengan pembeli seperti,

  • Tepat menjawab pertanyaan pembeli,
  • Merespon keluhan dengan cepat,
  • Meminta ulasan pembeli.

Tak hanya untuk pelanggan baru, kamu juga dapat membangun komunikasi dengan pembeli lama. Misalnya kamu baru merilis sebuah produk baru. Kamu dapat menghubungi pelanggan-pelanggan lama dan memberitahu soal produk baru tersebut. 

Komunikasi yang baik juga dapat membantu kamu untuk mengetahui produk apa yang sebenarnya pembeli butuhkan dan untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan produk kamu. Sehingga kamu dapat menjual secara efektif dan tepat.

Meningkatkan Loyalitas Pembeli

Pastikan kamu memberi layanan terbaik agar pembeli menjadi loyal dan mau belanja di toko kamu lagi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan harga yang bersaing atau promosi secara berkala untuk menjaga loyalitas pelanggan. 

Dengan begitu, pembeli dengan senang hati dapat mempromosikan toko kamu ke kerabat dekatnya. Hal ini secara tidak langsung membuat pelanggan mempromosikan toko kamu secara gratis.

Selain itu, pembeli yang loyal biasanya juga akan melakukan pembelian berulang di toko yang mereka sukai. Dengan begitu, penjualan di toko kamu juga akan semakin meningkat. Baik dari pelanggan lama maupun calon pelanggan baru.

Cara-Cara Ampuh Promosi Produk

Setelah mengetahui apa saja keuntungan dari promosi produk, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara melakukannya. Promosi produk dapat dilakukan dengan dua cara, yakni secara internal dan eksternal.

Promosi secara Internal

Promosi internal adalah bentuk promosi yang kamu berikan menggunakan program, alat sarana, dan sumber daya langsung dari dalam bisnis atau toko kamu. Berikut ini adalah beberapa jenis promosi internal yang dapat kamu lakukan.

1. Beri diskon menarik

Banyak pelanggan yang mencari diskon ketika berbelanja. Kamu bisa memanfaatkan ini dengan memberi diskon menarik seperti,

  • Beli satu gratis satu,
  • Paket pembelian produk,
  • Gratis ongkos kirim (ongkir).

Dengan begini pembeli akan tertarik untuk membeli produk yang ada di toko kamu.

Sebuah toko yang produknya banyak terjual, akan bisa lebih dikenal pembeli karena dianggap lebih terpercaya. Jadi, cara ini berguna untuk menarik minat pembeli, meningkatkan penjualan, serta memperluas nama toko kamu agar lebih dikenal. 

2. Adakan giveaway

Trik yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah membuat giveaway. Giveaway sendiri adalah cara promosi dengan memberikan hadiah pada pelanggan untuk beberapa persyaratan tertentu. Cara ini paling cocok kamu lakukan ketika mempromosikan produk baru. 

Baca juga: Laku Keras! Ini Dia 5 Cara Mempromosikan Produk Baru yang Tepat 

Contohnya kamu menjual produk kecantikan dan ingin merilis produk baru. Kamu bisa membuat sebuah lomba tebak produk di media sosial dengan syarat, komentar pelanggan yang paling banyak disukai akan menjadi pemenang. Semakin banyak pelanggan yang ikut lomba tersebut, maka akan semakin luas produk baru kamu dapat dikenal.

Selain itu, giveaway juga bisa jadi sarana untuk memberikan sampel gratis dari produk yang akan kamu jual. Jika pelanggan merasakan manfaat dari produk sampel yang kamu berikan, bukan tidak mungkin mereka juga akan merekomendasikan produk tersebut pada teman dan keluarga. Jadi ini adalah cara mempromosikan produk yang cukup efektif dengan modal sedikit.

3. Promosikan ulasan positif pembeli

Manfaatkan ulasan positif dari pembeli sebagai promosi produk kamu. Ulasan positif ini dapat kamu jadikan konten di media sosial atau pun halaman produk di toko e-commerce kamu. Ulasan positif akan membantu meningkatkan kepercayaan dan menarik perhatian pembeli terhadap produk dan toko kamu.

Apalagi jika ulasan positif tersebut menyangkut layanan yang toko berikan seperti pengiriman cepat atau respon baik yang kamu berikan. Calon pembeli akan semakin percaya dan yakin untuk berbelanja di toko kamu.

4. Ikuti kampanye internal dari e-commerce

Jika kamu jualan secara online, maka kamu wajib untuk memiliki toko di dalam aplikasi e-commerce. Bahkan, ada banyak pembeli yang lebih memilih berbelanja di e-commerce karena dianggap lebih praktis dan aman. Selain itu, berjualan di e-commerce juga akan mendatangkan lebih banyak pembeli ketimbang hanya berjualan di media sosial saja.

Kamu juga bisa manfaatkan kampanye yang diadakan oleh pihak e-commerce seperti flash sale, kampanye promo khusus Ramadan, atau pun promo tanggal cantik. Dengan mengikuti program-program ini, toko kamu dapat semakin dikenal karena produk serta toko kamu dapat ditemui di halaman depan aplikasi e-commerce selama kampanye tersebut.

Promosi secara Eksternal

Selain dengan cara internal di atas, kamu juga dapat melakukan promosi produk secara eksternal.

Promosi eksternal sendiri adalah bentuk promosi yang kamu lakukan dengan menggunakan sarana atau pun kerja sama di luar dari toko kamu. Karena itu, kamu harus mengeluarkan anggaran lebih untuk melakukan promosi ini. 

1. Kolaborasi dengan influencer

kolaborasi-penjualan-dengan-influencer
Kolaborasi Penjualan dengan Influencer – Shutterstock/Hananeko_Studio

Agar toko dan produk kamu bisa makin dikenal masyarakat luas, kamu dapat berkolaborasi dengan influencer sebagai bentuk promosi produk. Misalnya kamu menjual produk baju lokal. Kamu bisa menghubungi seorang influencer yang hobi mengoleksi baju buatan lokal, lalu berkolaborasi menjual model baju baru yang kamu jual. 

Cara ini cukup efektif karena biasanya influencer memiliki penggemar yang loyal, sehingga produk kolaborasi tersebut akan dibeli oleh para penggemarnya.

Namun, sesuaikan anggaran yang kamu miliki dalam memilih influencer yang akan kamu ajak kolaborasi. Ini karena, semakin banyak pengikut media sosial seorang influencer, tarif kerja sama pun akan semakin tinggi. Jadi kamu bisa melakukan cara ini secara bertahap.

2. Ikuti event khusus

Cara promosi produk lainnya adalah dengan mengikuti event atau acara khusus seperti pameran atau festival. Jika toko kamu bergerak di industri kecantikan, kamu bisa ikut pameran kecantikan. Jika kamu menjual produk makanan, maka kamu bisa ikut ke acara festival kuliner. 

Ketika sebuah acara berlangsung, biasanya akan banyak calon pelanggan yang memang memiliki keinginan membeli jenis produk tertentu. Karenanya disarankan untuk memilih acara yang paling sesuai dengan industri bisnis dan toko kamu.

3. Promosi lewat media sosial

Cara promosi produk paling penting dan wajib dilakukan setiap toko di masa ini adalah melakukan promosi lewat media sosial. Kini, calon pembeli atau bahkan pelanggan lama, mencari tahu mengenai produk-produk dan promosi melalui media sosial. Jadi, pastikan media sosial toko kamu selalu menyajikan info atau promo terbaru.

Selain lewat media sosial, kamu juga dapat mengirimkan info produk dan promo langsung ke email pelanggan. Hal ini untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan dapat sesuai dengan target pembeli dari produk yang kamu jual.

Promosi Produk di Lazada

fitur-iklan-promosi-produk-dari-lazada
Fitur Iklan Promosi Produk dari Lazada

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa melakukan promosi produk secara khusus di e-commerce Lazada. Lazada adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia yang memiliki jutaan pengunjung aktif setiap tahunnya. Jadi, kalau kamu jualan di Lazada, otomatis produk kamu akan dilihat paling tidak oleh ribuan orang. `

Kamu dapat memanfaatkan fitur iklan khusus dari Lazada untuk promosi produk yang bernama Ads Promosi Produk. Caranya kamu hanya perlu mendaftar sebagai penjual di Lazada, kemudian pergi ke Seller Center > Promosi Berbayar > Promosi Produk. Setelah itu, kamu tinggal isi data-data yang diperlukan.

Lazada juga memiliki banyak fitur khusus yang serupa dengan beberapa cara di atas untuk mempermudah kamu melakukan promosi dalam satu aplikasi sekaligus. Salah satu di antaranya adalah kolaborasi influencer lewat fitur Promosi Afiliasi Lazada.

Kamu bisa cari tahu lebih lanjut mengenai fitur promosi produk serta kiat-kiat jualan online lainnya di Yuk Jualan Online dari Lazada. Lazada akan selalu membantu penjualnya untuk berkembang. Jadi, jangan ragu untuk bergabung dan mulai promosi produk di Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
engagement rate adalah

Engagement Rate Adalah: Definisi, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

cara meningkatkan penjualan

6 Cara Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Onlinemu

Starting,An,Online,Business,Via,Smartphone.,17,March,2023

Cara Upload Produk di Lazada, Cepat dan Tidak Perlu Ribet!

Mobile Marketing

4 Strategi Bisnis Mobile Marketing yang Perlu Kamu Tahu!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users