Bisnis Skincare

Daftar Isi

Tips Memulai Usaha Bisnis Skincare dengan Modal Minim

Daftar Isi

Prospek bisnis skincare terbilang sangat menguntungkan. Apalagi skincare termasuk bisnis yang banyak berhasil dijual secara online. 

Menurut laporan Compas.co.id, kategori perawatan kecantikan di awal tahun 2021 lalu unggul dalam transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46,8% dengan total nilai transaksi di pasar online Indonesia mencapai lebih dari Rp 40 miliar.

Melihat prospek ini, tak sedikit yang kemudian berminat untuk mulai terjun ke bisnis skincare. Tertarik mencobanya? Baca artikel ini sampai habis untuk tau trik memulai bisnis skincare dengan modal minim. 

Jenis-Jenis Skincare

bisnis skincare tren
Via: Pexels

Saat ini, produk skincare memiliki variasi turunan yang sangat beragam. Produk skincare biasanya hadir dalam bentuk krim, losion, dan bedak.

Produk yang umumnya banyak dibeli masyarakat antara lain adalah cleanser, toner, essence, pelembab, sunscreen, eksfoliator dan serum.

Kegunaan dari produk skincare tersebut di antaranya untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan kulit serta memberikan nutrisi. 

Bahkan, kini tren bahan alami tengah banyak diminati masyarakat. Sebab, produk perawatan kulit organik dan herbal dirasa lebih aman dan minim efek samping jika dibanding produk berbahan kimia sintetik.

Tips Memulai dan Membangun Usaha Skincare Bagi Pemula

Nah, untuk memulai bisnis skincare untuk pemula, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini: 

1. Pahami Persyaratan Hukumnya

Langkah paling awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha skincare adalah memahami dahulu regulasi pemasaran produk skincare.

Pastikan produk yang akan kamu jual aman digunakan dan memiliki surat izin edar dari BPOM (badan pengawas obat dan makanan).

Akan menjadi nilai plus juga bila produkmu telah resmi mendapat label halal. 

2. Bisnis Skincare: Tentukan Model Bisnis

Model bisnis salah satunya ditentukan dari berapa budget yang kamu miliki. Bila modal awalmu cukup, kamu bisa buat brand skincare mu sendiri!

Namun, bila tidak, banyak model bisnis lain yang bisa kamu pilih juga kok. Baca sampai bawah untuk tahu model bisnis skincare yang minim modal!

3. Riset Pasar dan Tentukan Target

Hasil riset bisa menjadi senjatamu dalam menyusun strategi, menemukan pasar  potensial dan menentukan target yang tepat.

Riset ini bisa kamu lakukan melalui banyak cara loh. Bisa melalui survei, wawancara dengan konsumen atau pelaku usaha, membaca buku bisnis, dll.

Dengan melakukan riset dan menentukan target, memiliki usaha skincare yang menjanjikan bukanlah menjadi impian semata. 

4. Temukan Produsen!

Jika memilih untuk memulai brand skincare sendiri, maka langkah selanjutnya adalah menemukan produsen.

Kamu bisa memproduksi sendiri dengan membangun laboratorium dan pabrik, atau menggunakan jasa pabrik maklon kosmetik. 

Jasa pabrik maklon kosmetik ini bisa membantu kamu yang belum berpengalaman dalam bidang produksi untuk membuat produk  sesuai keinginanmu.

5. Bisnis Skincare: Bangun Toko Onlinemu

Bisnis skincare yang dijual online sangat memudahkan bagi penjual maupun para konsumennya untuk mendapatkan produk skincare. 

Selain itu, pemasaran melalui marketplace membuat jangkauan pasar yang yang semakin luas dengan biaya operasional yang lebih minim.

Usaha skincare online ga kalah kok dengan bisnis lewat toko-toko offline!

6. Pasarkan Lewat Sosial Media

Agar produk dan tokomu makin eksis, buat juga akun media sosial yang merepresentasikan produk dan tokomu serta menarik minat calon pembeli.

Kamu juga bisa memajang katalog produk, membagikan testimoni pelanggan, maupun membagikan konten menarik lainnya lewat sosial media.

Strategi Bisnis skincare dengan Modal Minim

Nah, membangun usaha skincare online ini bisa kamu mulai dengan modal berapapun. Cukup sesuaikan model bisnis pilihanmu dengan budget yang dimiliki.

Kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari supplier skincare. Bahkan kamu tidak perlu modal usaha jika membuka jasa titip (jastip) beli produk skincare dengan sistem pre-order (PO).

Selain itu, marketplace seperti Lazada akan sangat membantumu untuk memasarkan produk. Pertama, untuk membuka toko online biayanya gratis!

Kedua, penggunaannya mudah sehingga kamu tidak perlu membayar teknisi untuk membuat web tersendiri atau mengelola toko onlinemu.

Ketiga, lebih hemat biaya karena kamu tidak perlu membangun toko offline dan malah bisa mendapat pelanggan dari seluruh nusantara, bahkan dunia!

Itulah hal-hal mengenai bisnis skincare yang perlu kamu tahu, lengkap dengan strategi terbaik untuk memulai dengan modal minim.

Setelah membaca tips memulai usaha usaha skincare, kamu jadi lebih tahu kalau memulai bisnis tidak harus dengan modal besar kan. Jadi, sudah yakin untuk bangun usahaskincare? 

Di Lazada kamu bisa memulai bisnis skincare online dengan mudah serta raih omzet terbaikmu. Yuk, Jualan Online di Lazada!

 

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
mengelola stok barang

Panduan Mengelola Stok Barang yang Dijual Supaya Bisnis Kamu Anti Rugi

Campaign adalah

Campaign Adalah: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya untuk Datangkan Konsumen!

perbedaan kol dan influencer

4 Perbedaan Kol dan Influencer, Apa Saja?

shutterstock_1832128345

5 Cara Packing Paket yang Simpel, Barang Sampai Tanpa Rusak!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users