Buat Copywriting Produk makin ciamik

Daftar Isi

Buat Copywriting Produk Makin Ciamik Dengan Langkah Berikut Ini

Daftar Isi

Tahukah kamu, sebuah teks penjelasan produk dalam halaman produk yang kamu jual berperan penting dalam keputusan pembelian konsumen? Berdasarkan studi penelitian oleh Nielsen Norman Group, 20 persen transaksi pembelian tidak berhasil dikarenakan kurangnya informasi terkait produk tersebut.

Dalam marketplace, dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi secara online, product copywriting bisa dibilang berperan dominan. Hal ini dikarenakan, dalam jual beli online, para pembeli tidak dapat melihat langsung produknya. Pembeli hanya dapat mengandalkan mengenali suatu produk melalui deskripsi produk dan dukungan visual.

Mengapa Harus Copywriting?

Untuk membuat deskripsi produk yang jelas, padat, dan menarik para pembeli, teknik copywriting dibutuhkan. Copywriting sendiri merupakan sebuah teknik penulisan yang memiliki tujuan untuk menarik minat pembaca sesuai target audiens yang ditentukan. Teknik ini biasanya digunakan dalam digital marketing.

Copywriting adalah cara atau teknis penulisan yang digunakan dalam strategi pemasaran online bertujuan membujuk atau menarik minat audiens berdasarkan target pasar yang ditentukan. Teknik copywriting penting dalam pemasaran mulai dari branding, mempromosikan produk, berinteraksi dengan pelanggan dan sebagainya.

Mau mencoba gunakan teknik copywriting untuk menulis deskripsi produk kamu? Yuk kita bahas tips dan trik yang dapat kamu praktekkan dibawah ini.

Fokus ke Target Pembeli yang Tepat

Teknik copywriting diperlukan untuk membuat deskripsi produk yang sekiranya dapat memikat pembeli, yang berisikan informasi sesuai apa yang target pembeli kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan gaya bahasa yang kamu pakai. Kamu bisa mengetahui target pembeli kamu dengan mencari tau kira-kira usia, minat, jenis kelamin, dan kebutuhan mereka.

Setelah itu, kamu dapat mencari tau informasi lebih lanjut terkait produk yang kamu jual. Saat menulis deskripsi produk, kamu bisa memasukkan tentang keunikan produk, fitur produk, atau manfaat dari produk yang kamu jual.

Contohnya jika toko kamu menjual produk skincare yang target pembelinya adalah perempuan, kamu bisa tuliskan kandungan dari produk tersebut yang ampuh melawan jerawat dan flek hitam, dan lainnya.

Jelaskan Manfaat dan Keunggulan Produk

Menulis deskripsi produk harus sesuai dan akurat agar tidak menyebabkan kekecewaan saat dibaca oleh pembeli. Teknik copywriting yang harus kamu ketahui sebelum kamu menulis deskripsi produk adalah mencari tau manfaat dan keunggulan dari produk yang kamu jual.

Setelah mengetahui manfaat dan keunggulan produk, selanjutnya kamu harus pastikan untuk menulisnya dengan singkat dan jelas pada deskripsi produk. Buatlah garis besar dari manfaat dan keunggulan produk, dan sesuaikan tulisan kamu sehingga bisa memenuhi kebutuhan para pembeli.

Menggunakan Gaya Bahasa Sesuai Target Konsumen

Deskripsi produk yang menarik minat para pembeli biasanya menggunakan kata-kata dan gaya bahasa yang tepat. Gunakanlah kata-kata yang dapat menarik sisi emosional untuk meyakinkan para pembeli untuk membeli produk kamu.

Tulis kalimat yang mudah dipahami agar para pembeli bisa tau keunggulan produk agar pembeli tidak ragu untuk membeli produk kamu. Usahakan juga untuk menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pembeli kamu. Jika target pembeli kamu adalah milenial, gunakan bahasa yang menarik dan tidak kaku.

Jika kamu memiliki toko yang menjual produk aksesoris gaming yang memiliki target konsumen laki-laki milenial, kamu bisa menggunakan gaya bahasa dan sapaan yang santai dan tidak kaku.

Menulis Deskripsi yang Padat, Jelas, dan Mengandung Ajakan Membeli (CTA)

Teknik copywriting produk dalam menulis deskripsi tidak terlalu sulit, yang penting deskripsi produk kamu padat dan jelas. Menulis deskripsi produk tidak usah panjang, yang penting maksudnya bisa dipahami oleh pembeli.

Sebelum kamu mulai menulis, cari tau beberapa hal terkait produk kamu seperti keunggulan produk, dari bahan atau komposisi produk, target penjualan produk tersebut, sampai varian warna dan ukuran yang tersedia.

Setelah itu, kamu bisa tulis di deskripsi produk menggunakan huruf tebal atau dengan membuat poin menggunakan bullet dan numbering agar informasi penting tersebut dapat tersampaikan dengan jelas ke pembeli.

Apabila produk yang kamu jual adalah skincare, kamu bisa menebalkan tulisan serta menggunakan bullet seperti:

  • Bahan: Water, Carbomer, Glycerin, dll.
  • Berat bersih: 40g
  • Kegunaan produk: Membersihkan kulit mati, mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, dll.
  • Cara pemakaian: Setelah mencuci dan mengeringkan muka, aplikasikan krim di area seluruh wajah dan pijat perlahan.
  • Toko kami hanya menjual produk
  • Silahkan chat ke toko kami untuk memastikan ketersediaan produk.

Optimasi Kata Kunci (Keyword) Basis SEO

Tujuan dari teknik copywriting produk adalah untuk menarik minat para pembeli. Untuk membantu hal tersebut, kamu bisa menggunakan kata kunci SEO (Search Engine Optimization) agar dengan mudah dapat ditemukan oleh para pembeli saat mereka mencari suatu produk sejenis di Google.

Sebelum memilih keyword untuk digunakan, kamu dapat mencari tahu kata kunci apa yang sering dipakai konsumen dalam mencari produk kamu. Coba cari tau kira-kira keyword apa yang tepat untuk produk kamu dan banyak digunakan ketika pembeli mencari produk sejenis di mesin pencarian. Kamu bisa gunakan tool gratis seperti Google Trends untuk mencari tau keyword populer yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Nah, apakah kamu sudah lebih mengerti soal teknik copywriting produk? Buat kamu yang masih menggunakan deskripsi produk dari produsen atau merasa deskripsi produk kamu saat ini tidak menarik, kamu bisa coba aplikasikan tips diatas untuk meningkatkan penjualan toko kamu!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Cara Mulai Jualan Online di Lazada

3 Langkah Mudah Mulai Jualan Online di Lazada

super-seller-lazada

Cara Jadi Super Seller Lazada Supaya Jualan Makin Cuan!

Sisa Stock Barang

Strategi Manfaatkan Sisa Stok Barang Agar Tidak Merugi

thumbnail-superseller-REV

Apa Saja Keuntungan Super Seller? Ini Kisah Seller yang Pernah Menggunakannya

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users