tips-bisnis-souvenir-pernikahan

Daftar Isi

Tertarik Bisnis Souvenir Pernikahan? Pastikan Kamu Sudah Melakukan Ini!

Daftar Isi

Bisnis souvenir pernikahan adalah salah satu jenis bisnis dengan prospek yang positif. Ini dikarenakan banyak orang yang menganggap bahwa pernikahan termasuk hari spesial yang terjadi sekali seumur hidup. Selain itu, pemilihan souvenir pernikahan juga menjadi cara yang manis untuk menambah sentuhan pribadi yang merefleksikan diri dan pasangan. 

Permintaan pasar terhadap souvenir pernikahan akan ada sepanjang tahun. Potensi keuntungan bisnis souvenir pernikahan juga tidak cuma datang dari souvenir itu sendiri. Lewat bisnis ini, kamu bisa sekaligus menjalin kerja sama dengan Wedding Organizer (WO) dan vendor pernikahan yang menyediakan paket pernikahan utuh (all-in-one).

Sebelum kamu memutuskan terjun ke bisnis souvenir pernikahan, yuk simak 5 tips berikut ini!

 

Membuat Rencana Bisnis

tips-bisnis-souvenir-pernikahan
Gambar: Via Unsplash

Rencana bisnis sangat krusial karena akan mempengaruhi untung dan ruginya bisnis souvenir pernikahan yang kamu rintis. Beberapa langkah perencanaan bisnis di antaranya, menentukan jenis souvenir yang ingin dijual, melakukan riset pasar dan riset kompetitor, merancang strategi marketing serta menentukan modal. Modal pun ada banyak macamnya, seperti modal produksi dan anggaran operasional.

Membuat profit forecast (perkiraan jumlah untung) juga penting, sehingga kamu bisa memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan supaya balik modal dan mulai menghasilkan keuntungan.

 

Menyiapkan Modal

tips-bisnis-souvenir-pernikahan
Gambar: Via Unsplash

Kapital atau modal usaha adalah persiapan penting dari sebuah bisnis souvenir pernikahan itu sendiri. Arah bisnis yang kamu tentukan juga dapat mempengaruhi modal yang harus disiapkan. Contohnya jika kamu ingin mendapatkan untung lebih besar, maka silakan menjadi produsen dan memproduksi souvenir kamu sendiri. Namun di lain sisi, kamu bisa menghemat modal lebih banyak jika mengambil barang dari supplier atau dealer.

Tak sedikit konsumen yang lebih menyukai sistem uang muka saat melakukan pesanan. Maka dari itu, banyaknya jumlah modal awal dan strategi bisnis yang tepat tentu dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis souvenir pernikahan.

 

Mencari Supplier Terpercaya

tips-bisnis-souvenir-pernikahan
Gambar: Via Unsplash

Kadang waktu yang terbatas justru menjadi penghalang saat ingin memulai bisnis souvenir pernikahan. Bagi kamu yang punya waktu terbatas untuk membuat souvenir sendiri, mencari supplier bisa menjadi solusinya.

Saat mencari supplier untuk bisnis souvenir pernikahan, penting untuk memastikan reputasi mereka sebelum memutuskan deal. Kamu bisa mencari tahu tentang rating supplier di internet, atau menanyakan testimoni pada konsumen lain. Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih supplier adalah kualitas, ketepatan waktu supply, juga komunikasi supplier dengan konsumennya.

 

Menentukan Jenis dan Gaya Souvenir yang Dijual

tips-bisnis-souvenir-pernikahan
Gambar: Via Unsplash

Menentukan jenis souvenir sebenarnya merupakan langkah paling awal saat berencana memulai bisnis souvenir pernikahan. Kamu bisa memulai riset pasar sederhana untuk memahami tren industri dan minat konsumen, menganalisa kompetitor dan mencari tahu jumlah pernikahan rata-rata di lokasi target pasar yang kamu incar.

Hal yang perlu diperhatikan saat memilih jenis souvenir pernikahan adalah barang yang bisa digunakan sehari-hari agar diapresiasi tamu. Alternatifnya, kamu bisa memilih souvenir yang kira-kira bisa membuat mereka nyaman saat menghadiri resepsi pernikahan.

Memanfaatkan hobi yang kamu punya juga bisa dijadikan alternatif lho! Contohnya, kalau kamu senang membuat kerajinan tangan dan berkreasi, kamu bisa memulai bisnis souvenir pernikahan handmade. Prospek bisnis souvenir pernikahan handmade pun berpotensi untuk dipasarkan dengan harga yang tinggi. Tergantung dari kualitas dan tingkat kesulitan pengerjaannya.

 

Menentukan Souvenir Pernikahan yang Ingin Dijual

tips-bisnis-souvenir-pernikahan
Gambar: Via Unsplash

Setelah menentukan jenis souvenir, langkah selanjutnya adalah menentukan barang souvenir apa yang ingin dijual. Berdasarkan saran di atas, pilihlah barang yang dapat dipakai sehari-hari atau souvenir yang dapat membuat nyaman orang ketika menghadiri resepsi.

Berikut contoh souvenir pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Tas Serut

Selain lucu, siapa yang tak suka dengan tas yang bisa digunakan setiap hari? Saat memilih desain untuk tas, kamu perlu mempertimbangkan desain minimalis dengan warna netral agar nyaman dibawa sehari-hari.

2. Pouch

Meski terasa simpel, pouch yang manis nyatanya berguna saat merapikan isi tas. Pouch kecil dengan desain simpel cocok untuk menyimpan aksesori atau benda kecil lainnya.

3. Hand Sanitizer

Hand sanitizer agaknya sudah menjadi barang yang harus ada di dalam tas. Apalagi, hand sanitizer menjadi lebih unik dengan banyaknya varian wewangian.

4. Sedotan Stainless

Sedotan stainless bisa menjadi ide unik untuk brand yang ingin fokus pada sustainability. Selain hemat tempat, sedotan juga bisa digunakan hampir setiap hari.

Sebelum memutuskan untuk menekuni bisnis souvenir pernikahan, perencanaan yang matang harus dilakukan agar bisnis bisa berjalan mulus dan terus berkembang. Untungnya, sekarang memulai bisnis sendiri bisa dilakukan dari rumah. Caranya mudah dengan memanfaatkan marketplace seperti Lazada.

Di Lazada, proses jadi seller akan lebih mudah, cepat, dan gratis. Yuk mulai bisnis souvenir pernikahan dari rumah. Daftar jadi seller di Lazada di sini.

Cari tahu inspirasi bisnis lainnya dalam blog Yuk Jualan Online!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara membuat promo video jualan

Biar Keren, Ini Cara Membuat Promo Video Produk yang Menarik

Girl,Holds,A,Paper,Plate,With,Healthy,Food,Sitting,On

5 Cara Memulai Bisnis Makanan Sehat serta Contoh Inovasinya yang Bisa Ditiru

dekorasi rumah

5 Produk Hiasan Dekorasi Rumah Estetik Untuk Idul Fitri

model gorden terbaru

8 Model Gorden Terbaru dan Terkini, Pilih Model yang Tepat untuk Bahan Jualan!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users