tantangan-bisnis

Daftar Isi

5 Tantangan Bisnis Modern dan Cara Mudah Menghadapinya!

Daftar Isi

Dalam menjalankan bisnis, kamu pasti menemukan berbagai tantangan bisnis yang datang silih berganti. Terutama di jaman sekarang ketika perubahan terjadi dengan sangat cepat. 

Setiap tantangan bisnis itu tentunya harus bisa kamu selesaikan agar bisnis tetap berjalan tanpa hambatan. Menariknya, kamu mungkin bisa menghasilkan inovasi baru ketika menyelesaikan tantangan tersebut. 

Meski demikian bukan berarti setiap seller dapat menghadapi tantangan yang muncul dengan mudah. Seller pemula, misalnya, bisa saja butuh trial and error beberapa kali sebelum akhirnya menemukan solusi tepat untuk mengatasi suatu tantangan. 

 

5 Tantangan Bisnis di Zaman Modern yang Bisa Terjadi pada Usahamu

Di zaman yang menuntut perubahan secara cepat, tantangan bisnis yang muncul lebih beragam jenisnya. Ada beberapa tantangan bisnis yang sering dialami oleh seller dan bisa saja terjadi pada usaha yang sedang kamu jalankan.

Inilah beberapa contoh tantangan bisnis di zaman modern yang sering terjadi. 

1. Perubahan perilaku konsumen

Sepuluh tahun yang lalu, masyarakat masih sering pergi ke pasar atau toko fisik untuk membeli barang-barang kebutuhannya. Sekarang, hampir semua barang bisa dibeli dari rumah dengan bantuan teknologi. 

Perubahan ini mengharuskan seller untuk beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi. Oleh karena itu, sekarang masyarakat punya banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Dengan kata lain, jumlah kompetitor bisnismu juga semakin banyak. Tugasmu di sini adalah mencari cara untuk meyakinkan konsumen bahwa bisnismu lebih baik dari kompetitor. 

2. Adaptasi dengan perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang masif menuntut seller untuk menjadi manusia yang adaptif. Biar bagaimanapun, tanpa adanya kecanggihan teknologi kamu akan kesulitan bersaing dengan kompetitor. 

Contoh tantangan bisnis dalam hal perkembangan teknologi ini adalah cara promosi produk yang dijual. Ada banyak sekali cara promosi yang tersedia dan murah, namun agar hasilnya maksimal butuh wawasan teknologi yang selalu up to date

3. Strategi marketing

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya tentang perkembangan teknologi, kamu juga harus bisa membuat strategi marketing yang mantap. Dari strategi marketing inilah kamu sebagai seller bisa mengedukasi konsumen tentang produk milikmu. 

Di sisi lain, strategi marketing yang mantap juga efektif untuk mengurangi budget promosi produknya. Dalam hal ini, tantangan bisnis yang perlu dihadapi adalah kamu harus pandai memilih jenis strategi yang unik, menarik, dan lebih unggul dari kompetitor. 

4. Manajemen keuangan

Contoh tantangan lain yang kerap dirasakan oleh banyak seller adalah manajemen keuangan, khususnya yang berkaitan dengan perputaran modal. Biasanya hal ini disebabkan oleh rencana bisnis yang tidak matang dan manajemen keuangan yang buruk. 

Ketika perputaran modal tidak terukur dengan jelas, kamu akan kesulitan menghitung keuntungan yang didapatkan. Di sinilah kamu harus belajar metode pembukuan yang baik dan menentukan skala prioritas dengan tepat sebagai cara menghadapi tantangan bisnis.

5. Manajemen waktu

Bisnis berkaitan erat dengan waktu dan kamu sebagai seller harus pandai mengaturnya dengan baik. Hindari membuang waktu atau “menganaktirikan” bisnismu karena kamu punya kesibukan lain. 

Bila tantangan ini dibiarkan tanpa penyelesaian, kemungkinan besar kamu akan sulit mengambil keputusan yang tepat. Padahal keputusan ini bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnismu. 

 

Bagaimana Cara Menghadapi Tantangan Bisnis dengan Tepat?

Penyelesaian tantangan yang muncul dalam bisnis bisa dilakukan sambil berjalan, pastinya dengan trial and error. Namun, tidak ada salahnya belajar dari pengalaman dan pengetahuan orang lain. Berikut ini beberapa cara menghadapi tantangan bisnis yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Evaluasi rutin

Evaluasi rutin dalam bisnis perlu dilakukan supaya kamu bisa meminimalisir munculnya permasalahan akibat tantangan yang dihadapi. Dalam prosesnya, kamu harus mengecek semua hal yang berkaitan dengan bisnis. 

Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa saja tantangan bisnis yang menghambat perkembangan usahamu. Setelah itu, analisis penyebabnya dan solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. 

Evaluasi ini wajib dilakukan secara rutin agar setiap tantangan bisa diatasi sebelum terlambat. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa menghadapi masalah yang muncul. 

2. Solusi untuk setiap tantangan bisnis

Setiap tantangan bisnis butuh solusi yang berbeda-beda karena tingkat kesulitannya pun beragam. Kamu tidak mungkin menyelesaikan semua tantangan dengan satu solusi saja. Namun kamu juga harus ingat bahwa solusi yang kamu pilih harus efektif. 

Contohnya, jika kamu menghadapi tantangan dalam hal strategi marketing. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah meningkatkan skill marketing. Caranya bisa dengan mengikuti kelas marketing secara online atau belajar dari orang yang lebih berpengalaman. 

3. Siapkan cadangan modal

Cadangan modal adalah cara mengatasi tantangan bisnis dalam hal yang berkaitan dengan keuangan. Jadi selain modal utama yang sudah kamu gunakan, kamu butuh budget khusus yang menjadi backup-nya. 

Nantinya cadangan modal ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi tantangan bisnis yang muncul tanpa mengganggu perputaran uang yang ada. Pada akhirnya, manajemen keuangan kamu jadi lebih teratur dan bisnis bisa terus berjalan dengan lancar. 

Ternyata menemui berbagai tantangan bisnis tidak terlalu menakutkan, kan? Asalkan kamu paham cara yang tepat untuk mengatasinya. Tantangan tersebut bukan hanya sekadar hambatan, tetapi juga bisa menjadi peluang untuk mengembangkan strategi baru, meningkatkan inovasi, dan memperkuat daya saing bisnismu. 

Beberapa poin cara menghadapi tantangan bisnis yang tadi dibahas bisa menjadi satu kesimpulan, yaitu penggunaan e-commerce untuk bisnismu. Maksimalkan semuanya melalui e-commerce, seperti Lazada, yang akan memberikan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis. Pastikan kamu sudah terdaftar sebagai seller aktif di Lazada, ya! Cek di sini, yuk!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Persiapan Lazada 12.12

Ini Persiapan Lazada 12.12 yang Wajib Dilakukan agar Penjualan Meningkat!

shutterstock_2112104924

5 Ide Konten Instagram untuk Bisnis, Promosikan Produk dengan Kreatif!

KV_thematic_1

Seller, Ini Cara agar Pembelimu Belanja di Lazada Makin Hemat!

hadapi keluhan pelanggan

Strategi + Contoh Template Chat Ampuh Hadapi Keluhan Pelanggan

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users