strategi penjualan

Daftar Isi

7 Strategi Jualan Bisnis Online untuk Pemula, Siap-siap Cuan!

Daftar Isi

Ingin memulai bisnis online yang sukses? Cari tahu dulu strategi penjualan yang tepat untuk bisnis yang akan kamu jalankan! Strategi yang tepat bisa membantu kamu meningkatkan volume penjualan, secara otomatis juga akan menaikkan pendapatanmu sebagai seller.

Dengan strategi penjualan online yang sesuai, kamu juga bisa memenangkan persaingan bisnis. Tak peduli berapa banyak kompetitor di luar sana, bisnismu akan selalu jadi pilihan utama konsumen. 

 

7 Strategi Penjualan Online yang Tepat untuk Bisnismu

Memilih strategi penjualan yang tepat untuk bisnis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa kamu pertimbangkan untuk disesuaikan dengan bisnismu.

1. Gunakan media sosial

Pada tahun 2023, di Indonesia ada 167 juta orang yang menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan. Setiap hari, orang-orang menghabiskan waktu sekitar 1 – 3 jam bermain media sosial. 

Ini merupakan sebuah kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis di media sosial. Misalnya, mengenalkan produk baru melalui postingan Instagram atau mengadakan event berhadiah voucher di TikTok. 

Usahakan konten yang kamu bagikan di media sosial terlihat menarik dengan caption yang interaktif. Dengan begitu, kamu bisa melakukan penjualan sekaligus berinteraksi langsung dengan pelanggan. 

2. Buat website

Selain media sosial, kamu juga bisa membuat website supaya pelanggan melihat keseriusanmu dalam berbisnis. Website memiliki beberapa keunggulan yang dapat membantu perkembangan bisnismu. 

Contohnya meningkatkan kredibilitas bisnismu. Kebanyakan orang biasanya akan mencari tahu lebih jauh tentang suatu bisnis sebelum berbelanja melalui Google. Jika bisnismu muncul di halaman pencarian Google, kepercayaan konsumen akan meningkat dan mereka tak ragu melakukan transaksi. 

Maka dari itu, buatlah website secara serius dengan konten-konten berkualitas di dalamnya. Tujuannya agar website tersebut muncul di halaman teratas pencarian Google. 

3. Bangun Komunitas

Tak sedikit orang yang berbelanja suatu barang setelah berselancar di forum online atau grup media sosial. Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa membangun komunitas online yang berisi pelanggan setiamu. 

Dalam komunitas tersebut, pelanggan akan berkumpul dan berdiskusi tentang banyak hal. Bahkan seringkali anggota komunitas akan memberikan ulasan mengenai produk yang sudah mereka beli. 

Menariknya, ulasan tersebut bisa ditemukan oleh pelanggan baru melalui mesin pencari Google. Ini berarti, kamu tidak perlu repot menjelaskan apa saja kelebihan dari produk yang kamu tawarkan. 

Tidak cukup sampai di situ saja, kamu juga bisa membagikan ulasan-ulasan yang positif ke media sosial. Cara ini cukup efektif untuk menarik pelanggan-pelanggan baru berbelanja di toko milikmu. 

4. Manfaatkan Email Marketing

Email marketing masih merupakan contoh strategi penjualan yang ampuh untuk mempromosikan produk kepada pelanggan setiamu. Apalagi sekarang pelanggan bisa langsung mengecek email yang masuk melalui handphone, jadi informasi yang kamu kirim tidak akan kadaluarsa. 

Saat ini ada banyak sekali software yang bisa membantu kamu mengirim email secara otomatis ke puluhan bahkan ratusan pelanggan sekaligus. Artinya, kamu tak perlu mengirimkan konten promosi ke alamat email pelanggan satu per satu. 

Hal yang lebih menarik lagi adalah konten email nya bisa kamu sesuaikan dengan referensi pelanggan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa dihargai dan mempunyai hubungan personal dengan bisnismu. 

5. Gunakan Marketplace

Seiring dengan berubahnya kebiasaan berbelanja pelanggan, marketplace makin banyak digunakan oleh pebisnis. Kamu bisa ikut menggunakan strategi penjualan yang satu ini untuk meningkatkan keuntungan. 

Dengan marketplace, kamu bisa mengadakan promo khusus untuk menarik pelanggan. Promo tersebut bisa dilakukan secara cepat karena sistemnya sudah disediakan. Kamu hanya perlu menyiapkan strategi promosi yang matang, kemudian memanfaatkan sistem tersebut dengan baik. 

Contoh strategi penjualan dalam marketplace yang bisa kamu lakukan adalah menyediakan bundling produk spesial. Pelanggan hanya bisa membeli bundling produk tersebut melalui marketplace yang kamu tentukan sehingga mereka terpancing untuk membeli sebelum barangnya habis terjual.

6. Maksimalkan Content Marketing

Lima strategi penjualan yang sudah disebutkan sebelumnya berhubungan erat dengan konten. Tanpa konten, strateginya tidak akan berjalan baik dan kamu tidak akan mendapatkan hasil apapun. 

Oleh sebab itu, kamu harus memaksimalkan content marketing yang dijalankan. Sebab konten adalah raja. Semakin baik konten yang kamu tampilkan, semakin besar kemungkinan pelanggan berbelanja di tokomu. 

7. Siapkan Metode Pembayaran yang Simple

Di era teknologi dan digital, pelanggan ingin kegiatan belanja berlangsung secara cepat dan simple. Mereka tak mau menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting seperti memindahkan uang ke bank lain agar tak terkena potongan admin. 

Tugasmu sebagai pebisnis di sini adalah menyiapkan metode pembayaran yang simple dan bisa digunakan oleh siapa saja, seperti e-wallet atau mobile banking. Kemudian siapkan juga QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) agar pelanggan bisa membayar tanpa mengetikan nomor rekening terlebih dulu. 

Metode pembayaran seperti ini jauh lebih disukai oleh pelanggan daripada metode transfer ke nomor rekening. Namun ingat, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat QRIS khusus untuk bisnismu agar tidak terjadi kendala saat digunakan untuk bertransaksi. 

Salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan untuk menerapkan strategi penjualan online adalah  adalah Lazada. Ada banyak kemudahan yang akan membantu kamu dalam menawarkan produk. Pastinya akan membawa banyak keuntungan juga. Kalau kamu belum terdaftar sebagai seller Lazada, segera daftar dengan cara klik di sini ya!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
shutterstock_1655380900

Kenapa Paket Gagal Dikirim? Berikut Alasan dan Cara untuk Menghindarinya

contoh iklan produk simple

8 Contoh Iklan Produk Simple dan Mudah serta Kriteria Iklan yang Menarik

hadapi keluhan pelanggan

Strategi + Contoh Template Chat Ampuh Hadapi Keluhan Pelanggan

aplikasi edit video

Aplikasi Edit Video Apa Saja? Ini Rekomendasinya agar Promosimu Menarik

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users