marketing online ramadhan

Daftar Isi

10+ Strategi Marketing Online Ampuh di Bulan Ramadan

Daftar Isi

Bulan ramadan disebut sebagai bulan penuh berkah dan kebaikan. Masyarakat umumnya memanfaatkan momen ini untuk saling berbagi dan memberi. Sebab itu, biasanya segala macam kebutuhan pun mengalami kenaikan permintaan. Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan marketing online yang sedang digandrungi. 

Sebab, kenaikan kebutuhan ini membuat jualan paling laris di bulan ramadan tidak hanya dari jenis makanan, tapi juga aneka produk fashion hingga barang rumah tangga. Terlebih ketika mendekati hari raya Idulfitri atau lebaran.

Nah, limpahan rezeki selama ramadan dapat diraih dengan menerapkan strategi marketing online yang tepat. Berikut ini beberapa strategi pemasaran online ramadan yang bisa kamu ikuti!

Strategi Marketing Online Ramadan

produk jualan ramadhan
produk jualan ramadhan. via Freepik

1. Buat produk yang unik

Di dunia pemasaran online saat ini, persaingan begitu ketat dan luas. Sangat penting untuk memastikan bahwa produkmu memiliki nilai plus berupa keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada produk lain.

Hal tersebut yang akan menguatkan alasan mengapa konsumen harus memilih produk atau berbelanja di tokomu. Nilai keunikan akan membuat produkmu semakin menarik, spesial dan terkesan eksklusif.

2. Buat variasi produk

Jangan berkutat hanya pada produk atau varian itu-itu saja. Berkreasilah, ciptakan produk yang bervariasi. Buat pembeli bisa mendapatkan segala yang dibutuhkan dan berkaitan dengan produk utamamu hanya di tokomu.

Contohnya, jika produk jualan online di bulan ramadan berupa hampers kue kering, berikan juga variasi hampers yang dilengkapi dengan mukena atau sajadah juga.

Semakin banyak jenis produk yang ditawarkan, semakin banyak yang bisa konsumen belanjakan dengan uangnya.

3. Pasarkan Mulai dari Orang Terdekat

Baru memulai usaha dan belum punya pelanggan? Cobalah menjual pada orang terdekat seperti keluarga atau teman. Minta pendapat mereka tentang produkmu. 

Pendapat yang mengungkapkan kepuasaan bisa digunakan sebagai testimoni. Jangan lupa minta mereka untuk merekomendasikan produkmu ke lingkungannya juga.

Namun jika mendapat kritik pun tak apa, gunakanlah sebagai masukan untuk kedepannya. 

4. Tampilan Foto Produk

Foto produk adalah senjata utama untuk pemasaran online. Visual yang apik akan menarik perhatian konsumen dan membuatnya ingin mencari tahu lebih lanjut.

Foto yang meyakinkan dan sesuai dengan kenyataan, akan membuat konsumen tidak ragu untuk membeli produkmu.

5. Jadilah yang “Paling”

Pasarkan produkmu dengan memberikan value sebagai yang “Paling”. Paling segar, paling baru atau paling nyaman, sesuaikan saja dengan tagline atau motto produkmu. Hal ini akan menunjukkan bahwa produkmu adalah yang nomor satu di bidangnya.

6. Sopan dan ramah

Pelayanan adalah hal yang utama dan pertama yang harus kamu lakukan sebelum pembeli melakukan transaksi. Tawarkan produkmu secara sopan dan bersikaplah ramah kepada siapa saja, terlepas dari pilihan akhir mereka akan membeli ataupun tidak. 

7. Kemasan produk menarik

Packaging memegang peran penting bukan hanya sebagai pembungkus saja. Namun, kemasan produk yang menarik juga dapat menjadi daya tarik yang kuat, media branding untuk mengenalkan keunggulan produkmu sekaligus meningkatkan brand awareness.

8. Berikan Aneka Promo

Siapa yang tidak tertarik dengan promo? Berikan diskon khusus untuk penjualan dengan nominal tertentu atau berikan bonus agar konsumen tertarik.

Saat ini juga banyak dilakukan giveaway yang bertujuan menarik perhatian agar semakin banyak yang mengenal produk atau tokomu.

9. Gunakan Media Sosial

Di era sekarang, masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya sosial media. Ikutilah keberadaan konsumen, jadi jangan segan untuk menyelami dunia sosial media untuk memperluas pasar.

Promosi melalui sosial media terbilang ampuh, terutama jika target konsumen dari kalangan anak muda

10. Manfaatkan Jasa Endorsement

Nah, setelah aktif membuat konten dan memasarkan lewat sosial media, cobalah juga jasa endorsement untuk membantu online marketing produkmu. 

Bekerjasama dengan influencer akan membuat semakin banyak konsumen yang mengenal produkmu dan bisa berimbas pada kenaikan penjualan.

11. Bentuk Jejaring Bisnis

Untuk mempercepat perkembangan bisnismu, terbukalah untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Jika kamu seorang produsen barang, berikan kesempatan kepada mereka yang ingin ikut bergabung sebagai reseller

Jika belum memiliki produk sendiri, bekerjasamalah dengan beberapa pemasok barang agar produkmu semakin variatif. 

Nah, itu tadi beberapa strategi marketing online yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan pemasaran dan penjualan ide bisnis online selama bulan puasa.

Semoga dengan menerapkan cara-cara tadi bisa mendatangkan semakin banyak order untuk tokomu.

Bawa bisnismu #NaikKeLaz dengan bergabung ke Lazada Indonesia dan tampilkan produk milikmu di jutaan pengguna di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
surat izin usaha

Surat Izin Usaha: Kegunaan, Alasan & 6 Langkah Cara Membuatnya

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

jualan di lazada

Semua yang Seller Butuhkan untuk Jualan Online, Ada di Lazada!

tren makeup pengantin

Tren Makeup Pengantin 2023, Seller Produk Makeup Wajib Baca Ini!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users