seller-center-lazada

Daftar Isi

Lazada Seller Center: Lengkap Fiturnya Bantu Operasional Toko

Daftar Isi

Berbisnis online menawarkan berbagai keuntungan bagi pelaku usaha. Bahkan seorang pemula pun bisa langsung mulai berjualan di Lazada karena proses pendaftarannya mudah dan langsung bisa berjualan.

Selain pendaftaran yang mudah, Lazada juga menyediakan fasilitas yang mempermudah seller mengelola toko dari mana saja, yaitu Lazada Seller Center. Fasilitas ini bisa diakses melalui aplikasi maupun website.

Nah, sudah tahu belum apa itu Lazada Seller Center dan fitur-fitur yang ada di dalamnya? Yuk pahami lebih banyak tentang Seller Center Lazada dengan baca artikel ini sampai selesai!

Apa itu Lazada Seller Center ?

Lazada Seller Center merupakan platform komprehensif yang disediakan oleh Lazada khusus untuk penjual. Platform ini berguna untuk mengatur seluruh kegiatan jual-beli yang dilakukan oleh penjual seperti manajemen produk, keuangan, harga, promosi dan pesanan.

Penggunaannya pun sangat mudah karena user interface-nya yang friendly dan punya fitur yang lengkap. Semua yang dibutuhkan sebagai seller Lazada untuk mengakses proses penjualan ada di platform ini.

Jadi dengan adanya Seller Center Lazada di ponsel atau komputermu, kamu bisa mengelola toko online di mana saja dan kapan saja!  

Cara Download dan Akses Lazada Seller Center

Kalau kamu sudah penasaran banget, langsung aja download aplikasinya. Download di App Store atau Play Store, lalu search Lazada Seller Center. Langsung deh bisa aplikasinya bisa kamu unduh.

Kamu juga bisa akses dan daftar Lazada Seller Center dengan komputer desktop melalui laman sellercenter.lazada.co.id

Fitur Lazada Seller Center

Platform Lazada Seller Center memiliki banyak fitur yang tidak hanya digunakan untuk mengatur operasional toko dimana saja dan kapan saja, namun juga membantu kamu meningkatkan penjualan.

Untuk itu, kamu wajib tahu dan paham apa saja sih fitur di dalamnya yang bisa bantu optimalkan penjualanmu.

1. Data Trafik Harian dan Pendapatan Toko

Ketika pertama membuka aplikasi Lazada Seller Center, kamu akan disambut dengan Halaman Beranda ‘Seller Center’ yang menampilkan data trafik harian dan pendapatan toko.

Ada berbagai fitur yang ditawarkan, mulai dari fitur dasar seperti ‘Pesanan’ dan ‘Produk’ hingga fitur tingkat lanjut untuk ‘Pemasaran’,‘Keuangan’ dan lain sebagainya.

Kita awali dari fitur ‘Produk’ yang dapat membantumu untuk meninjau dan mengatur perkembangan produk secara efisien.

Kamu bisa mengupload produk baru, mengatur produk, meningkatkan performa produk, mengelola gambar dan video, menambah banner halaman utama untuk keperluan campaign dan masih banyak lagi.

2. Informasi Pesanan dan Ulasan

Lalu, ada fitur ‘Pesanan’. Kegunaan utama dari fitur ‘Pesanan’ ini adalah untuk melihat informasi proses pemenuhan order oleh seller. 

Di sini akan tampak status dari pesanan seperti belum bayar, untuk diproses & kirim, telah dikirimkan, pengiriman gagal, dan pembatalan pesanan. Status ini juga akan dilihat dari sisi customer.

Di fitur ‘Pesanan’, terdapat tab pengembalian barang tempat kamu bisa melihat status dari customer yang mengajukan pengembalian barang, pengembalian yang sedang diproses hingga pengembalian barang yang sudah ditutup maupun ditolak.

Kamu juga bisa mengelola penilaian atas produk dan tokomu melalui tab Ulasan. Tidak perlu bingung tentang cara menganalisis ulasan ini, karena Lazada memiliki layanan pusat analisis ulasan.

3. Pusat Pemasaran

Selanjutnya, ada fitur ‘Pusat Pemasaran’ untuk bantu kamu menarik customer dan mempercepat pertumbuhan toko. Kamu bisa daftar untuk ikut campaign Lazada melalui tab Campaign.

Campaign ini penting untuk buat pelanggan terus order dengan ikut flash sale dan mega campaign. Rajin join campaign akan membuat penjualanmu terus ikut meningkat.

Untuk mengingkatkan awareness pembeli tentang toko dan produkmu, kamu bisa gunakan layanan yang ada di tab Promosi.

Bagi kamu yang baru mulai jualan di Lazada, pada tab Promosi terdapat program voucher penjual, gratis ongkir, hingga flexi combo untuk membantumu mendapatkan pesanan pertama.

4. Peningkatan Bisnis

Lazada Seller Center juga menyediakan fitur ‘Peningkatan Bisnis’ di mana kamu bisa mempelajari hasil analisis dan kesehatan bisnis tokomu. Kamu bisa mengetahui apakah tokomu dalam performa yang baik atau tidak.

Fitur bisnis analisis tersebut akan menampilkan data-data yang berguna untuk memeriksa kinerja harian toko. Dari sini kamu bisa membuat perencanaan penjualan yang lebih baik agar bisnismu mengalami peningkatan.

5. Keuangan

Dari sisi manajemen keuangan, Lazada dilengkapi dengan fitur ‘Keuangan’ di mana kamu bisa melihat Laporan Keuangan harian yang memuat ringkasan pendapatan, laporan pesanan, tinjauan transaksi hingga mengecek invoice.

Di fitur ‘Keuangan’ ini juga menjadi tempat untuk kamu bisa mengecek saldo toko ataupun melakukan penarikan saldo.

Masih di fitur ‘Keuangan’, seller bisa melihat tagihan ongkos kirim, ringkasan pesanan, ringkasan informasi paket serta ringkasan item pesanan.

Selain Lazada Seller Center, Ada Juga Lazada University

Nah, buat kamu yang mau terus belajar dan bertumbuh, ada fasilitas Lazada University yang akan memandu perjalanan tokomu dengan berbagai materi biar makin jago jualan dan tokomu bisa #NaikKeLaz !

Lalu untuk komunikasi sama customer, ada fitur Pesan. Selain bisa berkomunikasi dengan customer, kamu juga bisa sekalian mempromosikan produk dan memberitahu customer update promo yang sedang berlangsung.

Kalau masih bingung, tenang aja… Kamu bisa cari bantuan yang dihadirkan melalui fitur Ada. Gimana? Lengkap banget kan fiturnya! 

Simak juga video berikut ini jika ingin tahu penjelasan tentang Lazada Seller Center.

Setelah tahu keunggulan dan lengkapnya fitur di Seller Center Lazada, pasti nggak ragu lagi kan buat daftar sebagai seller di Lazada? Apalagi, buat mulai jualan di Lazada sangat mudah dan bisa bantu bisnismu makin berkembang untuk #NaikKelaz!

Jadi, segera gabung dan mulai buka toko onlinemu sendiri di Lazada dengan klik di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara mengambil keuntungan jualan baju

4 Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju serta Contoh Perhitungan Profitnya!

Screenshot 2022-05-05 214634

7 Tips Mengembangkan Bisnis Online dari Para Perempuan Pemenang Lazada Forward Women Awards 2022

shutterstock_2067469826

Ingin Berkembang di Tahun Baru ini? Jadi Wirausahawan Digital Bisa Jadi Resolusi Barumu!

target pasar usaha makanan

6 Contoh Target Pasar Usaha Makanan yang Berpotensi Datangkan Cuan!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users