promo akhir tahun

Daftar Isi

7 Ide Promo Akhir Tahun yang Unik, Cocok untuk Toko Onlinemu

Daftar Isi

Memasuki bulan Desember, biasanya para seller akan mulai berlomba-lomba menggelar promo akhir tahun. Agar bisa meningkatkan angka penjualan dan omset toko online, sebaiknya kamu juga berpartisipasi dalam event spesial ini. 

Ada banyak ide promo akhir tahun, tapi tidak semuanya bisa cocok dan sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Jadi, kamu harus paham betul strategi promosi seperti apa yang bisa kamu terapkan dan berpeluang untuk berhasil meraih tujuan bisnis. 

 

Macam-Macam Ide Promo Akhir Tahun yang Bisa Kamu Sontek

Di momen menjelang pergantian tahun, ada beberapa event spesial yang tepat untuk menggelar promosi khusus. Mulai dari Harbolnas di 12 Desember, promo Natal, sampai dengan promosi khusus di tahun baru. Semuanya berkaitan dengan promo akhir tahun.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai momen tersebut sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Beberapa ide promo akhir tahun yang bisa kamu coba antara lain:

1. Diskon Natal dan Tahun Baru

Salah satu contoh strategi promosi yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberikan diskon spesial atau potongan harga untuk produk tertentu. Diskon atau potongan harga tersebut hanya berlaku selama periode Natal dan Tahun Baru.

Namun, kamu perlu ingat untuk tetap memperhitungkan potongan harga dengan baik. Supaya tidak malah merugikan atau mengacaukan cash flow di toko online milikmu.

2. Paket Bundling Natal

Bentuk promo akhir tahun berikutnya adalah dengan membuat paket bundling produk khusus bertema Natal. Apalagi kalau ternyata produk yang kamu jual memang masih terkait dengan momen spesial ini. 

Misalnya, kamu membuat bundling produk khusus berwarna merah dan hijau yang identik dengan momen Natal. Promos ini bisa berfungsi untuk menarik minat konsumen dan memancing mereka untuk membeli. 

3. Flash Sale Akhir Tahun

Selenggarakan flash sale dengan diskon besar-besaran untuk produk tertentu. Jangan lupa untuk memberikan batasan waktu penawaran untuk menciptakan urgensi para konsumen. 

Kamu bisa menggelar flash sale di beberapa pilihan waktu. Misalnya khusus di setiap hari Minggu selama bulan Desember, seminggu sebelum tahun baru, atau malah tepat di malam tahun baru. 

4. Promo Cashback

Cashback merupakan pengembalian sejumlah uang kepada konsumen setelah mereka melakukan pembelian. Kamu bisa mencoba hal ini sebagai ide promo akhir tahun yang efektif untuk menarik minat konsumen. 

Tentukan batas minimum pembelian agar konsumen memenuhi syarat untuk mendapatkan cashback. Ini akan mendorong mereka melakukan pembelian dalam jumlah lebih besar dan meningkatkan nilai transaksi.

Misalnya dengan memberikan cashback sebesar 10% untuk pembelian yang dilakukan selama bulan Desember. Bisa juga dengan memberikan cashback untuk minimal pembelian sebesar Rp100.000 atau Rp200.000, dan sebagainya. 

5. Packaging atau Kemasan yang Menarik

Salah satu contoh strategi promosi yang belum banyak dicoba oleh seller adalah membuat packaging atau kemasan produk khusus di momen akhir tahun. Padahal ini bisa termasuk cara yang efektif untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk. 

Packaging yang kamu buat sebaiknya memiliki desain yang mengikuti tema liburan atau suasana akhir tahun. Gunakan warna, gambar, dan elemen desain yang terkait dengan perayaan Natal atau Tahun Baru. 

Kamu juga bisa menyertakan bonus atau merchandise khusus sebagai hadiah tambahan untuk konsumen. Bisa berupa stiker, kartu ucapan, atau item khusus yang masih dalam satu tema dengan packaging-nya. 

6. Kolaborasi dengan Seller Lain

Ingin mencoba strategi promo akhir tahun yang baru? Cobalah berkolaborasi atau bekerja sama dengan seller atau produk lain. Melalui kolaborasi ini, akan terbentuk hubungan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Jadi, sama-sama dapat meraih keuntungan.

7. Promo Gratis Ongkir

Strategi promosi dengan memberikan gratis ongkir memang sudah sangat umum dilakukan oleh seller. Tapi, cara ini memang masih digemari oleh konsumen. Siapa yang tidak tertarik membeli sesuatu tanpa perlu membayar ongkos kirim yang cukup besar? 

Bentuk promo akhir tahun gratis ongkir ini akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian lebih besar. Secara otomatis, angka penjualan toko online milikmu akan meningkat. 

Kalau kamu menjalankan toko online di e-commerce, menerapkan strategi promo akhir tahun akan jauh lebih mudah dan efektif. Beberapa e-commerce, termasuk Lazada menawarkan program campaign bagi para seller aktifnya. Kamu bisa melakukan daftar campaign dan mendapatkan berbagai keuntungannya. 

Lantas, bagaimana kalau ternyata kamu belum terdaftar sebagai seller di Lazada? Jangan khawatir, kamu langsung daftar dengan proses yang cepat dan mudah di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
ide bisnis kreatif

5 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa, Pasti Cuan!

dekorasi rumah

5 Produk Hiasan Dekorasi Rumah Estetik Untuk Idul Fitri

cara membuat promo video jualan

Biar Keren, Ini Cara Membuat Promo Video Produk yang Menarik

barter exposure adalah

Apa Itu Barter Exposure? Seller yang Mau Collab dengan Influencer Wajib Tahu!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users