Daftar Isi

5 Peralatan Live Streaming yang Perlu Disiapkan Sebelum Promosi Produk

Daftar Isi

Live streaming dipercaya mampu membangun hubungan yang baik antara seller dan pelanggan. Sebelum melakukannya, kamu perlu mempersiapkan peralatan live streaming yang mumpuni supaya tidak ada gangguan saat sedang berjalan.

Saat ini ada berbagai macam platform dan aktivitas yang bisa dilakukan guna mempromosikan produk bisnis kamu kepada orang banyak. Salah satu kunci meningkatkan brand awareness maupun penjualan yaitu, membangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan.

Beruntungnya, cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah lewat live streaming. Kamu bisa melakukan live streaming melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube dan lain-lain untuk membangun interaksi dengan calon pelanggan.

Namun sebelum melakukannya, kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan live streaming khusus di bawah ini agar dapat berjalan dengan lancar.

Lantas kira-kira apa saja peralatannya? Mari kita bahas dalam artikel ini!

Peralatan Live Streaming untuk Pemula

1. Kamera

Tanpa ada kamera, otomatis kamu tidak akan bisa menyapa calon customer dengan visual. Sebab, salah satu keuntungan live streaming yaitu customer dapat mendengarkan dan melihat secara langsung apa yang kamu katakan.

Untuk itu, kamera wajib ada dalam daftar peralatan live streaming kamu. Pada dasarnya, kamera saat ini sudah dilengkapi dengan kamera yang bagus dan bisa digunakan untuk aktivitas live streaming.

Akan tetapi, apabila kamu ingin kamera yang mempunyai kualitas lebih tinggi, kamu bisa memakai kamera DSLR, mirrorless maupun webcam.

Bagi pemula, kamu bisa menggunakan kamera handphone dengan kualitas yang bagus. Namun, apabila masih kurang kamu bisa pakai webcam yang bisa disambungkan ke laptop.

2. Laptop

Peralatan live streaming selanjutnya yang perlu kamu persiapkan yaitu, laptop. Selain handphone, bagi seorang pemula dalam live streaming laptop juga bisa dijadikan sebagai alat. 

Melalui laptop, kamu bisa berinteraksi sepuasnya dengan calon customer selama berjam-jam. Pasalnya, layar laptop lebih luas dibandingkan dengan handphone. Namun, kamu juga perlu mempersiapkan webcam atau kamera yang bagus guna menjernihkan visual dalam live streaming.

Namun, apabila kamera laptop kamu sudah bagus, maka itu sudah bisa cukup digunakan untuk live streaming.

Selain laptop, kamu juga bisa menggunakan komputer PC jika memungkinkan.

3. Microphone

Tidak hanya mempersiapkan visual, kamu juga perlu memperhatikan audio saat proses live streaming

Untuk mendapatkan suara yang jelas dan jernih selama prosesnya, kamu bisa menggunakan microphone eksternal. 

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan clip on maupun audio mic untuk disambungkan ke perangkat PC atau laptop dan handphone

Penggunaan microphone sangat disarankan karena terkadang microphone internal menghasilkan suara yang kurang jernih. Dengan begitu, maka informasi-informasi yang kita sampaikan saat live streaming kemungkinan tidak sampai dengan baik ke para pendengar.

Bagi pemula, peralatan live streaming yang satu ini bisa didapatkan melalui e-commerce dengan meminta saran kepada orang yang lebih paham mengenai microphone.

Untuk hasil yang maksimal saat penggunaan microphone, sebaiknya melakukan live streaming di ruangan yang kedap suara dan jauh dari kebisingan.

4. Lighting

Pencahayaan yang baik saat live streaming penting untuk diperhatikan. Jika ruangan tempat kamu melakukan live streaming pencahayaannya kurang bagus, kamu bisa menambahkan lighting untuk membuat cahaya ruangan lebih optimal.

Untuk pemula, kamu bisa membeli lighting yang secukupnya supaya cahaya tidak terlalu minim, seperti ring light ataupun LED light

Kedua alat tersebut bisa kamu dapatkan di e-commerce seperti Lazada dengan harga yang terjangkau!

5. Tempat live streaming

Jangan lupa untuk mempersiapkan tempat yang efektif dan efisien dalam melakukan live streaming

Hindari ruangan yang rawan berisik ataupun minim cahaya. Pastikan, cari tempat yang nyaman dalam melakukan proses streaming dan berinteraksi dengan orang-orang.

Jika memungkinkan, kamu bisa memasang kedap suara di dalam ruangan supaya suara tidak terdengar sampai luar ruangan. Kamu juga bisa menyulap ruangan khusus menjadi studio untuk melakukan live streaming jika diperlukan.

Cara Mengatur Kamera Handphone saat Live Streaming

Peralatan Live Streaming untuk Seller Jualan Online

  • Pertama-tama, buka kamera handphone seperti biasa, lalu disarankan menggunakan mode portrait agar terlihat bagus visualnya.
  • Gunakan pencahayaan seperti ring light atau LED light untuk memaksimalkan pencahayaan. Taruh ring light berdekatan dengan handphone.
  • Persiapkan produk-produk yang ingin di-review atau dikenalkan kepada customer di belakangmu. Bisa menggunakan meja ataupun wadah yang lain.
  • Jika memungkinkan, pakai microphone eksternal untuk menjernihkan audio.
  • Sebisa mungkin, cari tempat yang memiliki background bagus agar live streaming terlihat menarik oleh penonton.
  • Pastikan baterai handphone sudah dalam kondisi penuh atau stabil saat live streaming. Jangan biarkan baterai habis duluan saat live streaming sedang berlangsung.

Baca juga: Biar Toko Ramai, Ikuti 6 Cara Membuat Live Streaming Jualanmu

Manfaatkan LazLive untuk Kegiatan Promosi Produkmu!

Lazada menyediakan fitur LazLive kepada para seller untuk berinteraksi dengan customer secara intens. 

Melalui fitur ini, seller dapat mempromosikan produknya sekaligus customer bisa menanyakan tentang produk tersebut. Uniknya, mereka bisa sekalian melakukan belanja saat live streaming!

Kamu bisa melakukan live streaming di LazLive dalam waktu 1 jam. Selama live streaming, kamu dapat mempromosikan produk andalan, produk dengan diskon spesial, hingga produk terbaru.

Menarik, kan? Untuk bisa melakukan live streaming di LazLive, kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi seller Lazada di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
shutterstock_1621608049

Coba Cara Mencari Pelanggan Baru Ini, Penjualan Tokomu Langsung Meningkat!

apa-itu-unique-selling-point-dan-contoh

Apa Itu Unique Selling Point dan Contohnya Dalam Bisnis?

biaya operasional

Pelajari 4 Biaya Operasional Ini agar Bisnismu Untung!

Social,Media,On,Hand,With,Blue,Background.,Content,Marketing

7 Cara Promosi Jualan Online di Medsos Agar Tambah Laris

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users