mode liburan Lazada

Daftar Isi

Aktifkan Mode Liburan, Libur Panjang Tetap Dapat Pesanan

Daftar Isi

Liburan akhir tahun sudah tiba! Banyak yang biasanya yang sudah merencanakan untuk bepergian bersama teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Kamu juga pasti sudah memiliki acara berlibur dan pasti akan berpengaruh pada operasional tokomu.

Ada nggak sih cara agar Seller tetap bisa terima pesanan dan nggak membiarkan customer-nya lepas begitu saja? Sayang banget ‘kan kalau kesempatanmu untuk dapat orderan tadi harus sia-sia.

Nah tahukah kamu di Seller Center Lazada, kamu bisa lho mengaktifkan fitur Mode Liburan dimana Seller tidak harus menghentikan operasional toko atau bahkan menutupnya sementara. Setiap Seller tetap bisa menerima pesanan-pesanan dari customer meskipun mereka sedang berlibur.

Bagi kamu yang masih asing dengan penjelasan tentang fitur Mode Liburan, di sini kita akan membahasnya mulai dari kegunaan, cara mengaktifkan, serta bagaimana tips dan trik untuk tetap memberikan pelayanan terbaik meski kamu sedang dalam berlibur.

Definisi dan Jenis Mode Liburan Lazada

Sebagai catatan, fitur ini tidak hanya dapat diaktifkan ketika menjelang libur akhir tahun saja melainkan bisa digunakan momen-momen libur nasional lainnya. Mode Liburan Lazada adalah fitur bagi toko-toko di Lazada yang ingin bisa tetap mengelola pesanannya meski sedang pergi liburan atau perlu menutup tokonya sementara waktu.

Mode ini terdiri dari 2 jenis, yaitu Mode Penutupan Toko Seluruhnya dan Mode Toko Tetap Terima Pesanan. Dalam artikel ini kita akan membahas Mode Toko Tetap Terima Pesanan agar Seller dapat menerima perpanjangan waktu untuk mengirim pesanan setelah liburan.

Seller sangat dianjurkan untuk menggunakan mode ini demi menjaga penjualan di tokonya tetap stabil. Kelebihan dari Mode Liburan: Toko Tetap Terima Pesanan ini, di antaranya:

  • Tokomu tetap dapat ditemukan oleh customer;
  • Transaksi tetap terjadi namun ekspektasi barang sampai ke customer akan lebih lama;
  • Perhitungan metriks (Ship on Time, tingkat pembatalan, dan IM Chat) tidak akan dihitung selama masa liburan. Ini baru akan dihitung saat kamu sudah selesai berlibur;
  • Berguna untuk Seller menjaga algoritmanya tetap baik.

Namun perlu diingat apabila kamu sudah menyalakan mode ini, maka akan terjadi tumpukan pesanan yang harus diurus setelah liburan selesai dan hanya bisa aktif maksimal 14 hari.

Cara Mengaktifkan Mode Liburan Lazada

Pastikan kamu sudah masuk ke dalam Seller Center Lazada agar bisa menyalakan dan mengatur cara mode liburan ini. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Masuk ke Seller Center, lalu pilih Akun Saya > Pengaturan > Mode liburan;

Mode Liburan Lazada

2. Pilih bagian berikut untuk mengaktifkan Mode Liburan dengan perpanjangan waktu pengiriman;

mode liburan Lazada

3. Atur periode tanggal kamu ingin mengaktifkan Mode Liburan pada kolom Date, kemudian klik Kirim.

Catatan: harap untuk mengatur tanggal mulai mode liburan 3 hari sebelumnya, agar kamu masih bisa menyelesaikan proses pesanan yang tersisa;

4. Sebelum menutup toko sementara, pastikan semua pesanan tertunda dan siap kirim telah diproses atau diserahkan ke pihak logistik. Pastikan kamu sudah memproses semua pesanan sebelum toko libur. Bahkan jika ada pesanan yang masuk sehari sebelum libur, harap untuk segera mengirimnya pada hari yang sama.

Tidak cuma itu saja, beberapa hal berikut ini juga perlu Seller ketahui jika sudah menyalakan mode libur Lazada. Seperti di antaranya:

  • Kedua Mode Liburan tidak dapat diaktifkan bersamaan
  • Jika periode melebihi 14 hari, maka Mode Liburan Tetap Terima Pesanan akan otomatis berubah menjadi Mode Liburan Tutup Seluruhnya
  • SOT dan pembatalan otomatis akan baru dimulai saat Seller selesai liburan
  • Paket gagal kirim akan tetap dikirimkan oleh Seller pada saat Mode Liburan berlaku.

Baca juga: 10 Fitur Toko Online yang Wajib Ada untuk Bisnis Anda

Tips Tenang Berlibur Jika Sudah Menyalakan Mode Liburan

Tujuan lain dari mode libur Lazada ini adalah untuk bisa memberitahukan kepada customer bahwa tokomu sedang berlibur dan tidak dapat memproses pesanan dalam waktu biasanya.

Sehingga, customer dapat terinfokan jika pesanan mereka akan diproses dalam waktu yang sedikit lebih lama. Ini karena pasti ada saja dorongan dari customer untuk tetap melakukan transaksi dan bertanya-tanya ke tokomu melalui chat. Oleh karena itu, lakukan tips berikut agar kamu bisa tetap santai berlibur:

1. Selesaikan semua pesanan

Jika liburanmu sudah selesai, pastikan untuk bisa menyelesaikan semua pesanan yang masuk saat liburan secepat mungkin. Lakukan dalam waktu maksimal 4 hari kerja untuk menghindari adanya pembatalan pesanan secara otomatis.

2. Pastikan paket siap dijemput

Setelah mengemas pesanan dan siap mengirimkannya, pastikan agar paketmu sudah benar-benar siap untuk dijemput oleh kurir logistik.

3. Selalu urus “Paket Gagal Kirim”

Apabila ada paket yang gagal dikirim setelah melalui 2 kali pengembalian, kamu diharapkan bisa langsung mengambil paket tersebut ke tempat yang sudah ditentukan oleh Lazada yang akan dikonfirmasi melalui email otomatis Lazada.

4. Aktifkan Balasan Otomatis

Dengan memanfaatkan fitur Balasan Otomatis Mode Liburan pada IM Chat, customer dapat mengetahui jikalau tokomu sedang libur dan tidak akan membalas pesan mereka dalam waktu dekat. Sehingga, mereka dapat terinfokan dan tidak menunggu balasanmu terlalu lama.

——

Keuntungan dengan mengaktifkan Mode Liburan Lazada ini tokomu dapat tetap menerima pesanan dari customer serta mendapatkan perpanjangan waktu untuk mengirim pesanan tersebut. Yuk nyalakan Mode Liburan di tokomu agar momen liburanmu bersama keluarga dan orang tersayang bisa tenang dan tidak mengganggu penjualan yang masuk ke tokomu.

Klik di sini untuk bisa langsung mengaktifkan Mode Liburan!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
bubble wrap

Bubble Wrap: Mengenal Jenis-jenis dan Kegunaannya untuk Packing Barang

cara menghitung ROI

Apa Itu ROI? Pelajari Definisi, Manfaat, hingga Cara Menghitungnya

apa-itu-lazada-club

Komunitas Seller Lazada Terbesar se-Indonesia, Bikin Jualan Makin Gampang

Deskripsi produk

10 Langkah Jitu Buat Deskripsi Produk Unik & Menarik di Mata Pembeli

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users