Mobile Marketing

Daftar Isi

4 Strategi Bisnis Mobile Marketing yang Perlu Kamu Tahu!

Daftar Isi

Perkembangan teknologi smartphone yang semakin pesat telah melahirkan cara pemasaran baru, yaitu mobile marketing. Oleh karena itu, sekarang banyak sekali para pemilik bisnis yang memanfaatkannya. 

Jika dilihat lebih jauh lagi, cara pemasaran ini menjadi bagian dari digital marketing. Namun, tidak banyak seller yang mengetahuinya, sekalipun seller yang sudah berpengalaman. Padahal melalui cara pemasaran ini, seller bisa mendatangkan lebih banyak pelanggan sehingga keuntungan makin bertambah. 

Supaya kamu tidak keliru dalam menyiapkan strategi mobile marketing untuk bisnismu, ada beberapa hal yang perlu diketahui lebih dulu. Mulai dari pengertian, strategi yang bisa digunakan, hingga contoh-contoh mobile marketing yang sudah dijalankan oleh beberapa bisnis lainnya. 

 

Apa yang Dimaksud Mobile Marketing?

Menurut pengertiannya, mobile marketing merupakan salah satu cara pemasaran yang cocok untuk mengenalkan sekaligus mempromosikan produk atau jasamu. Seperti namanya, pemasaran ini hanya fokus menyasar pengguna smartphone dan tablet. 

Mengapa target sasarannya spesifik sekali? Sebab cara pemasaran ini nantinya akan menggunakan fitur maupun aplikasi dalam smartphone. Misalnya, memasang iklan di dalam aplikasi, SMS, atau push notification

Akan tetapi, konten yang diberikan harus dioptimasi agar bisa tampil dengan baik di smartphone penerima. Dengan kata lain, kamu tidak bisa membuat konten promosi secara sembarangan dan asal jadi. 

Coba bayangkan jika kamu menggunakan konten khusus website yang ukurannya besar pada mobile marketing, tentunya penerima konten tersebut akan merasa tidak nyaman. Sedangkan umumnya pengguna smartphone sangat mengutamakan kenyamanan dibanding hal lainnya. 

 

Strategi Mobile Marketing untuk Bisnismu 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus menerapkan strategi mobile marketing yang tepat. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa digunakan untuk bisnismu: 

1. Pemasaran lewat SMS

Strategi yang pertama ini menggunakan pesan teks singkat yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel pengguna. Sekarang SMS memang sudah mulai tergantikan oleh chat yang sifatnya real time, namun bukan berarti SMS tidak berguna sama sekali. 

Bahkan tingkat pengiriman, pembukaan, dan juga interaksi dalam pemasaran lewat SMS lebih tinggi dibandingkan lewat media sosial. Itulah sebabnya strategi ini masih tetap relevan sampai sekarang. 

2. Pemasaran lewat media sosial

Mobile marketing yang berikutnya bisa juga dilakukan lewat media sosial. Karena masyarakat lebih senang mengakses media sosial lewat aplikasi di smartphone daripada komputer atau PC. 

Lewat smartphone, orang-orang bisa update trend terbaru di mana saja dengan cepat dan mudah. Kebiasaan ini adalah peluang besar yang bisa kamu manfaatkan, terlebih sekarang media sosial menyediakan banyak sekali fitur menarik. 

Sebagai seller, kamu bisa menggunakan fitur-fitur tersebut untuk berhubungan dengan pelanggan secara langsung. Contohnya saling membalas komentar atau saling mengirim direct message. 

Namun kamu harus konsisten membagikan konten di akun media sosial agar tidak kalah dari kompetitor. Kamu juga perlu memikirkan strategi konten yang menarik agar pelanggan tidak bosan. 

3. Pemasaran berbasis lokasi

Fitur Global Positioning System (GPS) yang ada dalam smartphone ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk pemasaran. Strategi ini mempermudah kamu untuk mengirimkan konten kepada pengguna sesuai lokasi mereka. 

Biasanya strategi mobile marketing ini cocok untuk bisnis-bisnis lokal karena dapat menyasar pengguna yang ada di sekitar tempat bisnis. Meski begitu, bukan berarti pemasaran berbasis lokasi tidak bisa digunakan oleh jenis bisnis lainnya. 

4. Pemasaran dalam aplikasi

Ada ribuan aplikasi yang bisa dipasang ke smartphone seseorang. Mulai dari game mobile, social media, produktivitas, hingga pengingat untuk beribadah. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut untuk memasang iklan di dalamnya. 

Nantinya iklan tersebut akan tampil saat aplikasi dibuka oleh pengguna. Dengan begitu, pengguna akan melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika tertarik, mereka akan meng-klik iklan tersebut dan menjadi pelangganmu. 

Ada beberapa format iklan yang bisa dipilih, seperti banner, video, atau teks. Buatlah desain yang menarik dengan format yang tersedia. Dengan begitu, tingkat keberhasilannya akan meningkat. 

 

Contoh Pemasaran Mobile Marketing 

Sekarang kamu sudah mengetahui apa pengertian dan strategi mobile marketing yang bisa diterapkan untuk bisnismu. Untuk membantumu menjalankan cara pemasaran ini dalam waktu dekat, berikut beberapa contoh pemasaran mobile marketing yang bisa dijadikan referensi. 

1. QR Code

QR Code adalah metode yang memungkinkan pengguna smartphone berbagi banyak hal secara cepat. Kamu bisa memanfaatkan QR Code untuk menjalankan mobile marketing yang efektif. 

Misalnya, kamu bisa membuat QR Code khusus untuk katalog produk yang dijual di tokomu. Setelah itu, bagikan QR Code tersebut melalui media sosial. Ketika ada calon pelanggan yang ingin melihat katalog produknya, kamu hanya perlu memintanya untuk memindai kode tersebut. 

2. Iklan dalam aplikasi

Iklan dalam aplikasi juga sangat efektif untuk menawarkan promo atau mengenalkan produk baru di tokomu. Untuk menggunakannya, kamu harus membuat desain iklan mobile yang menarik sekaligus interaktif. Setelah itu, hubungi penyedia jasa iklan dalam aplikasi untuk memasang iklannya.

Selain beberapa cara dalam contoh pemasaran mobile marketing, kamu juga bisa memanfaatkan e-commerce dan marketplace untuk memaksimalkan promosi bisnismu. Dengan menjadi seller di Lazada, misalnya, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai bentuk promosi yang ada.

Lazada mendukung bisnis yang kamu jalankan dengan menyediakan berbagai pilihan promosi. Mulai dari flash sale untuk toko sampai dengan promosi voucher. Semuanya dibahas lengkap di Macam-Macam Promosi Lazada. kamu bisa cari tahu mana pilihan promosi yang tepat untuk digunakan bersama dengan strategi mobile marketing tadi. 

Kalau kamu belum mendaftarkan diri sebagai seller di Lazada, sebaiknya segera daftar di sini sekarang! 

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
marketing online ramadhan

10+ Strategi Marketing Online Ampuh di Bulan Ramadan

Qr,Code,Payment.,E,Wallet

Ternyata Mudah! Ini Cara Membuat QR Code untuk Toko Onlinemu

kualitas produk

3 Cara Tingkatin Kualitas Produk & 8 Kunci Agar Bisnismu Maju!

restock adalah

Apa Arti Restock Barang? Pelajari Cara Mengoptimalkannya untuk Tingkatkan Penjualan

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users