cari supplier

Daftar Isi

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari dan Memilih Supplier

Daftar Isi

Setiap orang yang ingin merintis sebuah bisnis, pasti perlu mencari suplier atau penyedia barang. Namun, bisa dibilang mencari supplier bisa dibilang bukan hal yang mudah. Apalagi, tak sedikit cerita pebisnis yang ditipu oleh supplier. Bahkan ada pula yang harus mengganti nama brand karena dikarenakan terpaksa menjual jenis produk berbeda akibat mengganti supplier. 

Lalu, bagaimana cara mencari supplier yang dapat dipercaya? 

Untuk kamu yang sedang merintis bisnis dan mencari supplier, berikut 9 cara untuk mendapatkan supplier yang aman dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih supplier.

Mencari Supplier Melalui Forum atau Marketplace

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi forum atau marketplace untuk mencari supplier. Di forum, kamu dapat membaca rekomendasi supplier dan bertanya lebih jauh dengan sesama pengguna forum. Begitu pula halnya dengan mencari supplier di marketplace. Kamu bisa melihat-lihat supplier apa saja yang memiliki rating toko bagus yang juga menunjukan kepuasan pembeli dari supplier tersebut.

Kamu dapat mencari supplier terpercaya di Lazada, dimana banyak supplier yang menjual produk-produk grosir. Lazada juga memiliki fitur penilaian dari para pembeli, sehingga kamu dapat membaca berbagai komen melalui fitur penilaian tersebut. Tak hanya itu, jika kamu membuka halaman penjual, kamu dapat melihat berapa persen penilaian positif seller yang menunjukan secara garis besar mengenai kepuasan pelanggan akan toko tersebut. 

Pastikan Kamu Baca Review tentang Calon Supplier

Jangan lupa untuk membaca review jujur mengenai supplier tersebut. Review ini bisa kamu baca di marketplace dari para pembeli. Dari review-review yang ditulis oleh para pembeli, kamu bisa melihat apakah supplier tersebut terpercaya serta mengetahui kualitas produk yang dijual.

Mencari  Supplier: Bandingkan Harga Jual

Jika kamu menemukan beberapa supplier yang menjual produk serupa, kamu bisa membandingkan harga jual produk. Kamu harus jeli pada bagian ini karena bisa jadi toko yang menjual produk sedikit lebih mahal memiliki kualitas yang lebih bagus. Jangan lupa juga untuk menghitung ongkos kirim dari supplier tersebut ke tempat kamu agar mengetahui jumlah pengeluaran total. 

Cek Alamat dan Kontak

Pastikan alamat dan kontak supplier tertera di internet. Kamu bisa mencari alamat toko di peta internet untuk mengetahui apakah toko tersebut benar-benar ada atau hanya fiksi saja. Jika alamat yang tertera tidak lengkap, kamu harus mewaspadai supplier tersebut. 

Pelajari Peraturan Toko

Setiap toko memiliki peraturan berbeda-beda. Ada yang mengharuskan kamu membeli ratusan produk atau ada juga yang hanya melakukan pengiriman pada hari-hari tertentu saja. Peraturan toko ini perlu kamu pelajari sebelum kamu memutuskan untuk menyuplai produk dari supplier tersebut. Perhatikan resiko dari peraturan toko tersebut, ya!

Mencari  Supplier: Pastikan Jumlah Stok Barang

Kamu harus mencari dan memilih supplier yang memiliki jumlah stok produk yang banyak. Hal ini untuk menghindari resiko kamu tidak dapat berjualan jika produk yang kamu beli tidak ada stoknya. 

Pastikan Kualitas Produk

Pastikan semua produk yang kamu beli tidak ada yang cacat produksi. Jika supplier menjual barang yang tidak layak, maka tentu saja kamu yang akan merugi karena sudah mengeluarkan uang banyak namun tidak dapat menjual kembali produk tersebut. 

Estimasi Ongkos Pengiriman

Kamu bisa menanyakan ekspedisi apa yang digunakan oleh supplier dan hari apa saja supplier melakukan pengiriman. Dengan begini, kamu dapat menghitung estimasi ongkos pengiriman serta waktu yang dibutuhkan agar produk sampai ke tanganmu.

Datangi Supplier

Hal yang paling penting dalam mencari supplier adalah mendatangi langsung. Setiap supplier pasti memiliki tempat operasional, paling tidak tempat operasional tersebut digunakan untuk menyimpan dan mengirim produk. Kamu bisa mendatangi tempat supplier tersebut untuk melihat cara mereka memproduksi, menyimpan serta mengemas barang. Selain itu, kamu juga jadi lebih yakin tentang supplier ini karena dapat melihat langsung tempat dan prosesnya.

Nah itu dia 9 cara mencari supplier yang aman dan terpercaya. Tidak begitu sulit, bukan? Satu hal yang perlu diingat adalah kamu harus teliti dan carilah supplier sebanyak-banyaknya untuk membandingkan harga dan kualitas produk.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
kartu stok barang

Kenali 5 Fungsi Kartu Stok Barang dan Cara Mengisinya!

Lazada Women's Fest, Inisiatif Lazada untuk Berikan Inspirasi dan Aspirasi Positif bagi Generasi Muda Indonesia

Lazada Women's Fest, Inisiatif Lazada untuk Berikan Inspirasi dan Aspirasi Positif bagi Generasi Muda Indonesia

video tutorial

Cara Membuat Video Tutorial Produk: Ini yang Kamu Butuhkan!

admin online shop

Admin Online Shop: Apa Tugas dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users