Marketing,Mix

Daftar Isi

Marketing Mix: Apa Itu? Plus Contoh Strateginya Agar Bisnis Maju!

Daftar Isi

Salah satu strategi yang perlu dilakukan seller untuk mendapatkan konsumen lebih banyak adalah dengan menerapkan marketing mix yang dikenal juga dengan istilah bauran pemasaran. Katanya strategi ini penting sekali bagi kelancaran suatu bisnis, kok bisa ya?

Pada dasarnya, bisnis di bidang apa pun, baik dalam skala besar atau kecil, membutuhkan marketing mix sebagai strategi pemasarannya. Biasanya strategi ini disusun setelah seller atau pemilik bisnis menetapkan target pasarnya.

 

2 Alasan Kamu Harus Paham tentang Marketing Mix

Sebagai seller atau calon seller, kamu perlu memahami strategi marketing mix dengan sebaik-baiknya. Kenapa begitu? Inilah beberapa alasannya.

1. Agar dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada

Pemahaman yang baik terhadap marketing mix akan membantu kamu dan seller lainnya untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya bisnis. Caranya adalah dengan menyesuaikan elemen seperti produk, harga, promosi, dan distribusi secara efisien. Jadi, kamu bisa memaksimalkan hasil bisnis dengan meminimalkan penggunaan sumber daya yang ada.

2. Untuk meningkatkan daya saing bisnis 

Kalau kamu paham tentang strategi marketing mix, hartina bisa memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen dengan tepat. Bauran pemasaran akan membantu kamu merancang strategi yang sesuai dengan pasar dan pesaing. Jadi kamu bisa lebih mudah meningkatkan relevansi produk yang dijual, sehingga dapat memperkuat posisi di pasar dan meningkatkan daya saing.

 

Apa Itu Strategi Marketing Mix?

Sebenarnya, apa yang dimaksud bauran pemasaran tersebut? Bauran pemasaran atau marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran yang bertujuan untuk meraih calon konsumen dengan lebih efektif dan tepat sasaran.

Ada 4 elemen utama dalam bauran pemasaran yaitu:

  1. Product (produk), yaitu suatu hal atau barang yang akan kamu tawarkan kepada konsumen sesuai dengan target pasar.
  2. Price (harga), yaitu nilai yang perlu dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut. Harga ditetapkan dengan pertimbangan biaya produksi, value produk, dan harga dari kompetitor di pasaran.
  3. Promotion (promosi), yaitu metode yang kamu gunakan untuk mendapatkan perhatian dan minat dari calon konsumen. 
  4. Place (tempat), yaitu semua hal terkait lokasi produksi sampai dengan metode distribusi yang digunakan untuk menyalurkan produk ke konsumen. 

Lantaran terdiri dari empat elemen, yakni product, price, promotion, dan place, strategi ini kemudian dikenal dengan istilah Marketing Mix 4P. Dengan fokus pada produk, harga, promosi, dan distribusi, pelaku bisnis dapat lebih baik memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Singkatnya, dengan penerapan marketing mix, kamu bisa menawarkan dan memasarkan produk kepada calon konsumen yang tepat, dengan harga yang tepat, dan tentunya di waktu yang tepat pula. 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari penerapan bauran pemasaran pada bisnismu adalah:

  • Membantu memahami nilai atau value produk yang kamu tawarkan.
  • Berkontribusi dalam perencanaan, pengembangan, dan pelaksanaan strategi pemasaran yang efektif.
  • Membantu mengoptimalkan kekuatan bisnis dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.
  • Memudahkan proses identifikasi kebutuhan konsumen.
  • Membantu memahami kapan dan bagaimana melakukan promosi produk yang tepat kepada konsumen.

 

Contoh Marketing Mix yang Jitu Gaet Audiens

Supaya kamu lebih paham memahami konsep bauran pemasaran, inilah salah satu contoh marketing mix yang diterapkan dengan tepat.

Contoh marketing mix 4P pada suatu bisnis perlengkapan olahraga:

1. Product (Produk)

  • Produk yang ditawarkan adalah perlengkapan olahraga, yang terdiri dari pakaian, sepatu, dan aksesori.
  • Desain produk difokuskan pada kenyamanan, keawetan, dan inovasi teknologi kain untuk mendukung performa penggunanya.

2. Price (Harga)

  • Penentuan harga didasarkan pada kualitas produk, merek, dan harga kompetitor di pasar.
  • Disediakan penawaran paket diskon untuk pelanggan yang setia atau program loyalitas untuk memberikan keuntungan bagi pelanggan yang sering berbelanja.

3. Promotion (Promosi)

  • Kampanye iklan berisi keunggulan teknologi, desain yang trendy, dan kenyamanan produk.
  • Pemanfaatan media sosial untuk membangun komunitas penggemar olahraga dan mempromosikan produk melalui influencer di bidang kebugaran.

4. Place (Distribusi)

  • Penjualan dilakukan melalui toko fisik di pusat perbelanjaan olahraga terkenal dan juga melalui toko online (e-commerce).
  • Khusus untuk penjualan melalui toko online, disediakan berbagai pilihan ekspedisi pengiriman yang bisa mengakomodir setiap wilayah konsumen. Tentunya dengan ongkos kirim yang terjangkau dan bisa dipilih. 

Dengan menyelaraskan keempat elemen ini, bisnis perlengkapan olahraga tersebut dapat menciptakan strategi pemasaran yang tepat. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, memunculkan keunikan yang berbeda dari kompetitor, dan memperluas pangsa pasar.

Meningkatkan penjualan melalui e-commerce juga termasuk salah satu strategi marketing mix yang bisa kamu terapkan. Salah satu cara yang efektif adalah memasarkan produk melalui Lazada. 

Lazada memiliki banyak fitur menarik yang bisa membantu kamu dalam menerapkan strategi tersebut. Jadi, pastinya akan lebih mudah dan menguntungkan. Sebelum bisa memanfaatkannya, pastikan kamu sudah terdaftar sebagai seller di Lazada, ya! Daftarnya di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
perlengkapan bayi baru lahir

10 Ide Perlengkapan Bayi Baru Lahir Banyak Dicari, Peluang Ide Bisnismu!

,Soft,Focus

Penting dalam Bisnis! Ini Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

seller-center-lazada

Lazada Seller Center: Lengkap Fiturnya Bantu Operasional Toko

bisnis kerajinan tangan

5 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Menarik untuk Dicoba, Siap Cuan!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users