kualitas produk

Daftar Isi

3 Cara Tingkatin Kualitas Produk & 8 Kunci Agar Bisnismu Maju!

Daftar Isi

Mungkin kamu sudah tahu bahwa kualitas produk adalah faktor penting yang harus ada pada setiap barang yang diperjualbelikan. Tapi, apa kamu sudah tahu bahwa ternyata ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kualitas tersebut?

Kualitas produk yang baik dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas cenderung tetap setia dan mungkin merekomendasikan produk yang kamu jual kepada orang lain. Sebaliknya, produk dengan kualitas rendah dapat menyebabkan ketidakpuasan pelanggan.

 

Apa Itu Kualitas Produk?

Kualitas produk adalah tingkat keunggulan atau karakteristik yang melekat pada suatu produk. Kualitas ini mencakup sejauh mana suatu produk memenuhi atau melebihi harapan, kebutuhan, atau spesifikasi yang ditetapkan. Kualitas produk sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat memengaruhi kepuasan pelanggan, brand image, dan lancarnya operasional bisnis. 

Ada beberapa hal yang umumnya menjadi aspek yang diperhitungkan untuk mengetahui kualitas produk, yaitu:

  • Keandalan, artinya produk dapat diandalkan dan berfungsi seperti yang diharapkan tanpa adanya kegagalan atau masalah yang sering muncul.
  • Ketahanan, merupakan kemampuan produk untuk bertahan terhadap penggunaan yang berulang, kondisi lingkungan, atau situasi ekstrim.
  • Ketepatan, maksudnya adalah sejauh mana produk sesuai dengan standar, spesifikasi, atau kebutuhan yang telah ditetapkan.
  • Kinerja, yaitu kemampuan produk untuk melaksanakan tugas atau fungsi yang diinginkan dengan baik.
  • Desain, terdiri dari aspek-aspek estetika, ergonomi, dan fungsionalitas desain produk.
  • Ketepatan waktu, maksudnya apakah produk dapat diterima atau digunakan sesuai dengan waktu yang dijanjikan.
  • Keamanan, merupakan aspek keselamatan pengguna dalam menggunakan produk dan risiko potensial yang terkait.
  • Umur pakai, yakni jangka waktu yang diharapkan produk dapat digunakan sebelum mengalami penurunan kualitas atau keandalan.

 

Kenapa Perlu Ada Indikator Kualitas Produk? 

Indikator kualitas produk adalah ukuran karakteristik yang digunakan untuk menilai sejauh mana suatu produk memenuhi standar atau harapan kualitas tertentu. Indikator ini membantu dalam mengevaluasi performa dan kecukupan suatu produk dalam memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen. 

Indikator kualitas produk dapat bervariasi tergantung pada jenis produk dan industri tertentu. Dari beberapa aspek kualitas produk yang tadi sudah disebutkan, bisa disimpulkan bahwa indikator kualitas untuk suatu produk secara umum adalah:

1. Kinerja 

Kinerja produk adalah evaluasi nilai estetika atau daya tarik suatu produk dalam menjalankan fungsinya yang diharapkan. Termasuk sejauh mana produk digunakan secara benar, serta kemampuan perancang produk untuk menangani masalah dengan efektif yang diberikan kepada konsumen.

2. Estetika 

Indikator berikutnya adalah estetika. Artinya penilaian keindahan atau daya tarik dari suatu produk. Termasuk bagaimana daya tarik tersebut dapat menarik perhatian konsumen, seperti desain produk yang menarik, keunikan model produk, dan kombinasi elemen estetika lainnya.

3. Kesesuaian 

Kesesuaian dalam kualitas produk adalah sejauh mana produk memenuhi standar yang baik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Termasuk juga preferensi dan kepuasan konsumen dari segi selera hingga pemenuhan kebutuhan mereka 

Kalau produk yang kamu tawarkan di toko online milikmu sudah memenuhi indikator kualitas produk tersebut, bisa dipastikan bahwa kamu memang menjual barang yang berkualitas tinggi. Konsumen yang cerdas pasti akan tahu bahwa produk yang kamu tawarkan memang layak untuk dibeli. 

 

Cara Meningkatkan Kualitas Produk yang Efektif untuk Diterapkan

Namun, bagaimana bila setelah melihat beberapa indikator tersebut ternyata produk yang kamu jual belum memenuhi syarat? Jangan panik dulu. Ada beberapa cara meningkatkan kualitas produk yang bisa kamu coba. 

  • Cari tahu kebutuhan dan preferensi pelanggan. Feedback atau testimoni dari pelanggan bisa jadi sumber berharga untuk melakukan perbaikan kualitas produk.
  • Investasikan waktu dan biaya untuk meneliti dan mengembangkan desain produk, teknologi, dan bahan baku yang digunakan.
  • Kalau kamu memproduksi sendiri barang daganganmu, tetapkan proses produksi yang konsisten dan standar untuk memastikan setiap produk memenuhi spesifikasi yang ditetapkan.
  • Pilih bahan baku yang berkualitas tinggi dan dapat diandalkan untuk memastikan bahwa produk akhir memiliki kualitas yang baik.
  • Kalau kamu adalah reseller, pastikan memilih pihak produsen atau penyedia barang yang sudah trusted dan berpengalaman.
  • Selalu lakukan pengecekan kualitas produk yang akan dijual atau dikirimkan ke konsumen. 
  • Jika mungkin, dapatkan sertifikasi kualitas produk yang diakui pihak industri terkait untuk menunjukkan kepatuhan produk terhadap standar tertentu.

 

Kamu juga musti paham bahwa cara meningkatkan kualitas produk bukan hanya terus-terusan berinovasi, tapi juga menjaga kualitas yang sudah ada untuk tidak menurun. Dengan menawarkan produk berkualitas, peluang untuk meningkatkan angka penjualan akan semakin besar bagi kamu dan usahamu. 

Jangan lupa untuk tetap memasarkan produk tersebut melalui e-commerce atau marketplace, seperti Lazada. Menjadi seller di Lazada artinya kamu bisa memaksimalkan penjualan produk untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Pastikan kamu sudah terdaftar jadi seller aktif Lazada di sini.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara menjadi host live streaming

Mau Jadi Host Live Streaming? Wajib Tahu yang Boleh & Tidak Boleh Dilakukan

Screenshot 2022-05-05 214634

7 Tips Mengembangkan Bisnis Online dari Para Perempuan Pemenang Lazada Forward Women Awards 2022

Marketing,Mix

Marketing Mix: Apa Itu? Plus Contoh Strateginya Agar Bisnis Maju!

cara membuat SIUP perorangan

Cara Membuat SIUP Perorangan Lewat Online dan Anti Ribet

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users