Daftar Isi

5 Ide Konten Instagram untuk Bisnis, Promosikan Produk dengan Kreatif!

Daftar Isi

Di era digital, kamu bisa mempromosikan produk secara online dengan konten Instagram bisnis yang menarik supaya calon customer mengetahui atau bahkan membeli produk/jasa yang ditawarkan.

Platform Instagram tidak hanya digunakan sebagai hiburan semata. Lebih dari itu, Instagram juga bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis dan memperkenalkan produkmu.

Namun, permasalahannya adalah terkadang kita seringkali merasa bingung konten apa yang bisa dibuat untuk promosi jualan di Instagram.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu perlu mengeksplorasi ide konten Instagram bisnis supaya mendapatkan inspirasi baru dan dapat membuat konten yang fresh.

Di dalam artikel ini, kita akan membahas ide apa saja yang bisa dipakai dalam rangka mempromosikan produk bisnis kamu. Yuk, langsung disimak bersama-sama!

Jenis Konten Instagram untuk Tingkatkan Engagement

1. Informatif

Untuk membangun awareness calon customer, kamu bisa memaksimalkan konten yang berbentuk informatif guna memberikan edukasi serta pengetahuan kepada mereka.

Dalam pembuatannya, kamu bisa menjelaskan informasi tentang produk yang dijual ataupun informasi menarik seputar bisnis kamu.

Sebagai contoh, kamu berjualan produk clothing. Selain menginformasikan bisnis kamu, kamu juga bisa mengedukasi calon customer mengenai cara merawat baju dengan baik serta cara mencucinya agar tidak luntur.

Konten seperti ini pasti akan disukai oleh customer karena dapat menambah wawasan mereka. Jika dilakukan secara konsisten, tidak menutup kemungkinan mereka akan melakukan pembelian.

Untuk format pembuatannya, kamu bisa menggunakan format Instagram Carousel agar lebih tersampaikan informasinya ke customer.

2. Konten Video atau Gambar Produk

Biasanya konten Instagram bisnis yang cukup disukai oleh customer yaitu konten dengan format visual. Terlebih, jika visual yang disajikan sangat bagus dan mampu memanjakan mata mereka.

Oleh karena itu, sesekali buatlah konten video maupun gambar produk yang ciamik. Untuk konten video, kamu bisa pikirkan konsep videonya terlebih dahulu.

Misalnya, kamu ingin membuat video produk dengan cara storytelling. Dari situ, kamu bisa menjelaskan produk melalui cerita-cerita yang menarik perhatian customer.

Untuk konten gambar, pastikan visualisasi yang ditampilkan terlihat menarik sehingga mereka langsung terpaku dengan konten tersebut.

Baca juga: 6 Cara Foto Produk Skincare Agar Terlihat Mahal dan Aesthetic

3. Bagikan Promo atau Event Tertentu

Apabila kamu sedang menjalankan promo atau event, jangan ragu-ragu untuk membuatnya sebagai konten dan dibagikan melalui Instagram.

Langkah ini dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan engagement kepada customer agar menikmati promo yang disediakan serta meningkatkan penjualan bisnis kamu.

Buatlah konten promo yang menarik agar mereka tidak melewatkan kontenmu. Pastikan, semua isi informasi promo atau event dimasukkan ke dalam konten.

4. Konten Trending

Sebagai pebisnis, tidak sah rasanya apabila tidak mengikuti tren yang sedang berlaku. Oleh karena itu, sesekali konten IG bisnis harus diselaraskan dengan hal-hal yang sedang tren dalam waktu dekat.

Sebagai contoh, baru-baru ini sedang ada tren mengenai film The Last of Us yang menceritakan Indonesia di dalamnya.

Dari situ, kamu bisa ambil untuk dijadikan menjadi sebuah konten. Akan tetapi, pastikan tren yang sedang terjadi mempunyai tingkat relevansi yang tinggi dengan produk bisnis kamu.

Dengan demikian, maka konten yang dibuat tidak terlihat dipaksakan.

5. Konten Tutorial

Terkadang, customer masih bingung saat menggunakan produk kamu. Kebanyakan hal ini dirasakan oleh mereka yang membeli barang-barang seperti skincare ataupun teknologi seperti headset bluetooth.

Untuk menjawab kebingungan mereka, maka ide konten Instagram bisnis yang tepat yaitu  dengan membuat tutorial.

Buatlah tutorial yang sederhana mengenai bagaimana cara menggunakan produk kamu. Kamu bisa membuatnya di feed Instagram ataupun melakukan live streaming.

Dari situ, maka pengetahuan customer tentang produkmu semakin luas dan tidak menutup kemungkinan mereka tertarik untuk membelinya.

Baca juga: 7 Cara Promosi Jualan Online di Medsos Agar Tambah Laris

Percayakan Konten Instagram Kepada Lazada Service Marketplace

Bisa jadi kamu sudah mempunyai beragam ide konten Instagram bisnis yang menarik, tetapi masih kurang optimal dalam eksekusinya. Hal tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti tidak ada waktu atau kurangnya peralatan untuk pembuatan konten.

Apabila ini yang sedang terjadi, maka kamu tidak perlu khawatir! Pasalnya, kamu bisa mempercayakan konten Instagram kepada Lazada Service Marketplace. 

Lazada Service Marketplace merupakan partner langsung dari Lazada yang siap membantu kamu untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial seperti Instagram.

Dengan begini, kamu bisa meminta bantuan untuk pembuatan konten fotografi dan video maupun penulisan caption Instagram.

Lazada Service Marketplace akan membuat foto produkmu terlihat lebih menarik serta membuat video produk yang unik untuk meningkatkan engagement Instagram bisnismu.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa langsung akses di sini! Jadi, tunggu apa lagi? Tingkatkan bisnismu dengan konten-konten produk dari yang akan kami buatkan!

Kemudian bagi kamu yang hanya berjualan online di Instagram, kamu juga bisa lho mendaftarkan diri menjadi seller di Lazada! Di Lazada dijamin transaksi berjalan cepat, aman, dan nyaman.

Yuk, tingkatkan penjualan bisnis online kamu dengan daftar jadi seller Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
video live streaming

Video Live Streaming yang Menarik, Bagaimana Membuatnya?

mode liburan Lazada

Aktifkan Mode Liburan, Libur Panjang Tetap Dapat Pesanan

Mau dapat cuan dengan usaha sendiri? Coba buka usaha sampingan online aja.

Jenis Usaha Sampingan Online Mudah Buat Mahasiswa Nambah Cuan

Live,Shopping,Concept,A,Female,Seller,Counting,A,Stock,And

Apa yang Dimaksud dengan Omset dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users