Daftar Isi

Kenapa Paket Gagal Dikirim? Berikut Alasan dan Cara untuk Menghindarinya

Daftar Isi

Sebagai Seller, kita perlu teliti dalam mengirimkan paket kepada customer. Akan tetapi, terkadang ada suatu kejadian dimana kita sudah mengirimkan pesanan, tetapi statusnya gagal. Lalu, kenapa paket gagal dikirim?

Ada berbagai macam faktor pengiriman paket gagal, entah itu dari segi resi yang kurang jelas ataupun alamat pengirim yang tidak lengkap.

Pasalnya, ketika pesanan gagal dikirim, maka ada berbagai dampak yang menimpa para Seller, khususnya bagi Seller Lazada. Kamu bisa dikenakan penalti Seller jika status paket gagal dikirim. Selain itu, kejadian itu juga bisa menimbulkan pengalaman yang buruk bagi customer.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu perlu tahu apa yang dimaksud dengan paket tidak siap kirim atau gagal kirim, penyebab, hingga tips menghindari kejadian tersebut.

Apa Itu Paket Tidak Siap Kirim?

Bagi Seller marketplace, khususnya di Lazada, penting untuk memahami definisi dari paket tidak siap kirim untuk membantu kelancaran bisnis kamu.

Secara garis besar, paket tidak siap kirim adalah keadaan di mana Seller sudah mengklik “Siap Dikirim” pada aplikasi Lazada, tetapi paket belum dikemas sama sekali dan tidak siap untuk diserahkan ke 3PL (partner logistik yang mengantarkan barang kepada customer) atau lebih parahnya barang sedang tidak ada.

Hal ini perlu diperhatikan dengan baik oleh Seller untuk menghindari terkena penalti poin. Pastikan, stok barang yang dipesan oleh customer masih ada dan sudah siap untuk dikemas sebelum pada akhirnya kamu mengklik “Siap Dikirim”.

Setelah kamu mengklik “Siap Dikirim”, maka otomatis status barang akan dipindahkan ke menu “Siap Dikirim”.

Bahkan misalnya, ketika kamu mengklik “Siap Dikirim” untuk 30 barang, tetapi barangnya baru ada 25, maka driver 3PL hanya memproses 25 saja, 5 nya bisa dikatakan sebagai status paket yang tidak siap kirim.

Ini bisa menjadi salah satu alasan kenapa paket gagal dikirim. Ketika sudah terjadi seperti itu, sebaiknya kamu memeriksa hasil pickup.

Ada beberapa alasan yang bisa kamu isi, yaitu:

  • Kendaraan penuh
  • Paket berukuran besar
  • Permasalahan pengemasan
  • Permasalahan label

Isi dengan baik serta masukkan nama dan menandatangani aplikasi driver untuk mengkonfirmasi hasil pickup.

Untuk melihat hasil pickup kategori paket tidak siap kirim, kamu bisa membuka email untuk melihat notifikasi penjemputan dan penjelasan jumlah order yang teridentifikasi sebagai paket tidak siap kirim.

Penyebab Kenapa Paket Gagal Dikirim

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan status paket gagal dikirim. Berikut beberapa faktornya:

  • Status paket tidak siap kirim
  • Seller tidak beroperasi
  • Alamat tidak dapat ditemukan
  • Sudah melebihi jam operasional pengiriman, sehingga dikirim keesokan harinya

Tips untuk Menghindari Paket Tidak Siap Kirim

Kenapa paket gagal dikirim

Supaya kamu tidak terkena penalti poin dari Lazada, maka sebaiknya perlu memperhatikan tips-tips untuk menghindari status pengiriman paket yang gagal.

Dengan demikian, maka visibilitas dan performa tokomu semakin baik sehingga mampu meningkatkan penjualan dengan maksimal. Berikut tips-tipsnya:

1. Periksa stok barang

Sebelum mengklik “Siap Dikirim”, pastikan kamu memeriksa stok barang terlebih dahulu. Apakah stok barang yang dipesan oleh customer masih ada atau tidak.

Apabila sudah habis, maka kamu bisa mengkonfirmasi kepada customer bahwa barang tersebut sedang tidak ada stok.  Jadi, jangan sampai kamu menunda-nunda dalam memeriksa stok untuk kebaikan bisnis online kamu.

2. Kemas barang sejak awal

Tidak ada salahnya untuk mengemas barang pesanan sejak awal untuk menghindari penumpukan paket serta status paket yang tidak siap dikirim.

Ketika ada pesanan masuk, maka sesegera mungkin kemas paket dengan baik. Pastikan, pengemasannya sudah optimal sehingga barang tidak akan rusak saat proses pengiriman.

Dengan mengemas barang sejak awal, maka kamu bisa lebih tenang dalam memproses pesanan yang lainnya.

Baca juga: 5 Cara Packing Paket yang Simpel, Barang Sampai Tanpa Rusak!

3. Periksa label pengiriman

Untuk diketahui, salah satu penyebab juga kenapa paket gagal dikirim yaitu label pengiriman rusak, barcode tidak terbaca dengan baik, maupun label salah format.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa label pengiriman terlebih dahulu sebelum mengklik “Siap Dikirim”

Perhatikan juga pemasangan label kepada produk yang sudah dikemas. Apakah sudah sesuai dengan pesanan customer atau belum. Jangan sampai paketnya salah kirim sehingga menimbulkan pengalaman yang buruk bagi customer

——

Itu dia penjelasan singkat mengenai alasan kenapa paket gagal dikirim serta bagaimana tips untuk mengantisipasinya.

Sebagai Seller, kita perlu memperhatikan dengan saksama proses pengemasan hingga pengiriman dengan optimal untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Buat kamu yang belum gabung menjadi Seller di Lazada, sebaiknya daftarkan dirimu sekarang juga. Transaksi di Lazada dijamin aman dan murah! Kamu bisa meningkatkan performa toko onlinemu dengan maksimal lewat Lazada. Yuk daftar jualan online di Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Bongkar! 5 Mitos Jualan Online Teratas Sampai Tuntas

Terbongkar! 5 Mitos Jualan Online Teratas Sampai Tuntas

market research

Kenali Cara Market Research, Solusi Hindari Penjualan Stagnan

shutterstock_741885799

Ketahui Alasan Kenapa Gratis Ongkir Penting untuk Seller Pakai di Tokonya

Close,Up,Of,A,Man,Packing,Cardboard,Box,With,Sellotape

7 Cara Packing Barang Pecah Belah, Hindari Kerusakan Parah!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users