kata kunci adalah

Daftar Isi

Kata Kunci Adalah: Definisi, Cara Menemukan & Manfaatnya untuk Bisnis di Toko Online

Daftar Isi

Dalam mencari produk di marketplace, biasanya pembeli menggunakan keyword tertentu. Sebagai gambaran, kata kunci adalah salah satu strategi yang harus kamu maksimalkan untuk meningkatkan penjualan toko online kamu.

Maksudnya seperti apa? Dengan menggunakan kata kunci (keyword) yang tepat, maka user dapat menemukan produk yang sesuai dengan keinginan mereka dan bisa mengarah ke tokomu.

Sebagai contoh, kamu berjualan produk parfum pria. Dari situ, kamu bisa memaksimalkan berbagai kata kunci seperti “parfum pria”, “parfum pria terbaik”, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara menemukan kata kunci yang tepat? Memangnya, apa manfaat penggunaan keyword dalam bisnis di marketplace? Simak artikelnya bersama-sama!

 

Apa Itu Kata Kunci?

Secara garis besar, kata kunci adalah frasa yang mewakili informasi suatu konten atau produk tertentu. Dalam digital marketing, istilah kata kunci biasanya disebut dengan keyword.

Ketika melakukan produksi konten, seorang content writer perlu suatu keyword supaya informasi yang diberikan berpotensi sampai ke user.

Apabila suatu konten yang dibuat menggunakan keyword di dalamnya, besar kemungkinan konten tersebut akan mendapatkan posisi yang terbaik di SERP (Search Engine Result Page)

Hal ini tentu tidak berbeda jauh dengan pencarian yang ada di marketplace. Jika kamu menggunakan keyword untuk menuliskan produk atau deskripsinya, user akan menemukan tokomu dengan mudah melalui pencarian.

Namun, dalam pencariannya kamu juga perlu menggunakan keyword yang relevan dengan apa yang dicari oleh user.

Di sinilah hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mempublikasikan produk toko online-mu di marketplace. Kamu juga perlu melakukan risetnya dahulu guna memperbesar kemungkinan tokomu ditemukan oleh orang.

 

Cara Menemukan Kata Kunci yang Relevan untuk Produk Toko Online

Cara menemukan kata kunci untuk produkmu sebenarnya tidak terlalu sulit. Saat ini, ada beragam tools yang bisa digunakan untuk melakukan risetnya terlebih dahulu.

Berikut ada beberapa daftar tools yang bisa digunakan, baik itu berbayar ataupun gratis:

  • Google Trends
  • Google Keyword Planner
  • Tools riset keyword berbayar seperti Ahrefs, SEMrush, dan lain-lain.

Lantas, bagaimana cara menemukan keyword yang tepat?

1. Pahami metrik dalam mencari keyword

Saat menelusuri search engine seperti Google, kamu akan menemukan beragam contoh kata kunci. Namun, tidak semuanya memiliki tingkat kecocokan yang tinggi dengan produk yang akan kamu targetkan.

Di sisi lain, tidak semua kata kunci banyak dicari oleh user sehingga kamu perlu mengetahui apa saja metrik yang perlu dipertimbangkan dalam mencari kata kunci.

Sebagai gambaran, ada beberapa metrik yang perlu kamu ketahui seperti search volume dan keyword difficulty

Search volume merupakan metrik di mana angka tersebut menunjukkan mana keyword yang paling banyak dicari. Jika angkanya tinggi, otomatis pembeli banyak yang mencari mengenai keyword itu. 

Sedangkan keyword difficulty adalah tingkat kesulitan suatu keyword untuk dapat bersaing di search engine. Semakin tinggi angkanya, otomatis semakin susah tingkat persaingannya.

Dalam menentukan kata kunci, kamu perlu memerhatikan angka search volume dan keyword difficulty yang ideal. Kamu bisa mencari keyword dengan angka search volume yang tinggi serta angka keyword difficulty yang rendah.

Namun, balik lagi semua itu harus disesuaikan dengan produk yang kamu miliki saat ini. 

2. Maksimalkan related search

Kata kunci adalah keyword yang relevan dicari oleh pembeli. 

Saat mengetikkan kata kunci di kolom pencarian Google, kamu pasti menemukan lanjutan kata ataupun pencarian yang sama atau related search di bagian bawah.

Hal ini bisa kamu terapkan juga untuk menentukan kata kunci di marketplace. Saat melakukan penelusuran di marketplace, termasuk di Lazada, kamu akan menemukan beragam kata kunci yang relevan dan bisa kamu jadikan sebagai main keyword atau kata kunci utama.

Sebagai contoh, saat kamu mengetikkan keyword parfum di kolom pencarian Lazada, kamu akan menemukan related search seperti “parfum pria”, “parfum pria terbaik”, dan lain-lain.

3. Sesuaikan dengan produk tokomu

Keyword yang akan digunakan tidak boleh terlihat memaksa. Sebab, hal ini akan membantu mengurangi tingkat kepercayaan user.

Oleh karena itu, kamu harus memilih keyword yang relevan dengan produkmu. 

Sebagai contoh, kamu mempunyai produk yang berkaitan dengan sepatu olahraga. Maka, kamu tidak boleh menggunakan keyword yang jauh dari itu, seperti “sepatu musik”, “sepatu sekolah”, dan lain-lain.

4. Lakukan riset kompetitor

Untuk menambah opsi kata kunci, kamu juga bisa melakukan riset kompetitor. Cari tahu apa saja keyword yang mereka gunakan.

Cara ini juga bisa membantu kamu untuk memaksimalkan keyword yang belum dipakai oleh kompetitor. Dengan demikian, kamu bisa memenangkan persaingan kompetitor di pencarian marketplace seperti Lazada.

 

Baca juga: Mau Lebih Unggul? Ini 7 Cara Analisis Kompetitor Bisnis Kamu

 

Manfaat Menerapkan Kata Kunci untuk Penamaan Produk di Marketplace

Di atas kita sudah mempelajari bahwa kata kunci adalah hal penting untuk dioptmasi supaya meningkatkan visibilitas.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, keyword mempunyai peranan penting supaya produk kamu dapat ditemukan dengan mudah oleh user.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang akan kamu dapatkan apabila menerapkannya untuk penamaan produk:

  • Meningkatkan visibilitas produk di kolom pencarian
  • Menimbulkan ketertarikan konsumen
  • Berpotensi meningkatkan penjualan.

Demikian cara menemukan keyword yang tepat serta contoh kata kunci yang bisa kamu terapkan untuk produk bisnis di toko online.

Pada dasarnya, kata kunci adalah aspek penting yang perlu kamu perhatikan dalam berjualan di marketplace. Sebab, tanpa kata kunci kecil kemungkinan produk kamu akan ditemukan oleh user dengan tepat.

——

Setelah menerapkan kata kunci dengan tepat, kamu juga bisa melakukan monitoring terkait kinerja tersebut melalui Lazada. Terlebih, di Lazada juga menyediakan beragam fitur analisis yang bantu kamu untuk meningkatkan penjualan secara signifikan.

Melalui fitur toko dari Lazada, kamu bisa melakukan beragam aktivitas analisis, seperti menganalisis tingkat konversi, trafik pengunjung hingga memantau performa di Bisnis Analisis.

Buat kamu yang belum menjadi Seller Lazada, sebaiknya mulai mendaftarkan diri dari sekarang. Dengan berjualan di Lazada, kamu bisa mendapatkan jangkauan target pasar yang luas serta transaksi dijamin aman dan terpercaya.

Untuk pendaftaran, kamu bisa langsung klik link ini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
toko alat elektronik

Berencana Buka Toko Alat Elektronik Online? Ini 9 Ide Barang yang Banyak Dicari

young-asia-muslim-businesswoman-check-product-purchase-order-stock-save-tablet-computer-work-home-office 1 (1)

Toko Kamu Sepi Pengunjung? Intip Rahasia Meningkatkan Trafik dengan Cepat dan Mudah

shutterstock_1443902408

Laku Keras! Ini Dia 5 Cara Mempromosikan Produk Baru yang Tepat

Sisa Stock Barang

Strategi Manfaatkan Sisa Stok Barang Agar Tidak Merugi

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users