kado wisuda

Daftar Isi

Peluang Cuan Bisnis Online Kado Wisuda, Gini Cara Mulainya!

Daftar Isi

Wisuda menjadi momen spesial yang kerap dirayakan oleh mahasiswa. Di momen ini, wisudawan biasanya menerima kado wisuda dari orang-orang terdekat. Kado tersebut merupakan bentuk apresiasi atas perjuangan wisudawan selama beberapa tahun dalam proses meraih gelar sarjana. 

Jika kamu jeli, sebenarnya ini adalah peluang emas yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnis online kado wisuda. Terlebih momen wisuda akan terus ada selama universitas masih dipenuhi mahasiswa. 

 

Cari Tahu Dulu Cara Memulai Bisnis Jual Kado Wisuda!

Bisnis jual kado wisuda bisa dimulai dengan membuat perencanaan yang baik supaya bisnisnya punya kemungkinan untuk berkembang. Untuk membuat perencanaan tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini: 

1. Buat konsep yang matang

Konsep yang matang penting untuk disiapkan sejak awal supaya kamu tidak kehilangan arah nantinya. Sebelum mulai, coba jawab beberapa pertanyaan ini: 

  • Kepada siapa kamu akan menjual kado wisuda nanti? Khusus mahasiswa atau bisa untuk masyarakat umum? 
  • Seperti apa persona pelanggan bisnismu?
  • Apa saja jenis kado wisuda yang akan dijual?
  • Berapa harga yang akan kamu tetapkan untuk setiap produk? 
  • Bagaimana cara pemasarannya? 

 

Semua pertanyaan ini harus kamu jawab dengan jelas dan detail sebelum melangkah lebih jauh. Nantinya jawaban-jawaban tersebut akan menjadi pondasi awal dari bisnis yang akan kamu jalankan. 

2. Siapkan modal awal

Semua bisnis harus memiliki modal awal, baik berupa uang maupun waktu dan tenaga. Termasuk bisnis online kado wisuda. Modal ini harus dihitung secara jelas dan detail agar tidak mengganggu aktivitas bisnis yang kamu jalankan. 

Untuk modal uang, misalnya, kamu harus membuat perhitungan secara hati-hati supaya tidak keliru. Dengan begitu kamu akan mengetahui berapa jumlah uang yang diperlukan untuk modal awal. 

Sementara untuk modal waktu dan tenaga, kamu perlu membuat jadwal rencana kerja. Tentukan berapa lama waktu yang akan kamu gunakan untuk mengurus bisnis ini dalam satu hari supaya tidak bentrok dengan kegiatan lainnya. 

3. Mencari supplier

Kamu tidak bisa membuat kado wisuda tanpa supplier. Oleh sebab itu, sebelum mulai carilah supplier yang menyediakan bahan-bahan yang diperlukan dengan harga murah. Pastikan supplier tersebut bisa dipercaya dan siap bertanggung jawab ketika ada masalah. 

4. Manfaatkan media sosial untuk pemasaran

Menjual kado wisuda tidak harus dilakukan secara offline sebab kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk pemasaran. Lewat media sosial, kamu bisa menjangkau lebih banyak orang di seluruh Indonesia. Hanya saja, kamu harus memikirkan apa jenis kado yang cocok untuk dijual online

 

Ide Produk Untuk Bisnis Online Kado Wisuda, Apa Saja?

Bisnis online kado wisuda dinilai lebih menguntungkan karena kamu tidak perlu menyiapkan biaya sewa gedung atau repot menggelar lapak dari satu kampus ke kampus lain. Akan tetapi, tidak semua jenis hadiah wisuda bisa cocok dijual secara online. 

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis ini, simak beberapa jenis kado wisuda yang bisa dipilih berikut ini:

1. Plakat custom

Belakangan ini plakat sudah sering dijadikan sebagai kado untuk para wisudawan. Kamu bisa menjual plakat akrilik atau kayu custom dengan desain foto diri wisudawan serta nama lengkapnya. 

Karena bahannya keras, plakat custom bisa aman dikirim ke berbagai kota sehingga cocok dipasarkan secara online. Tapi kamu harus mengatur sistem pemesanannya agar tidak bertabrakan dengan proses pembuatannya yang memakan waktu. 

2. Selempang wisuda

Selempang wisuda umumnya diberikan kepada wisudawan pada momen wisuda. Bahannya terbuat dari kain dengan tambahan bordiran nama serta gelar baru wisudawan.

Kamu bisa membuat selempang dengan berbagai desain yang agar cocok dipadukan dengan pakaian wisuda setiap kampus. Dengan begitu, selempang buatanmu bisa dijadikan aksesoris tambahan saat wisuda. 

3. Buket snack

Dibanding buket bunga, buket snack lebih cocok dipasarkan secara online karena tidak gampang rusak dan lebih tahan lama. Jadi tak perlu khawatir buketnya rusak saat dikirim melalui perusahaan jasa ekspedisi. 

Selain itu, buket snack juga lebih mudah dibuat karena kamu hanya perlu membeli snack sesuai kebutuhan kemudian dihias menjadi buket. Jadi produksinya tidak memakan waktu lama. 

4. Boneka

Selain buket, boneka juga sering dijadikan sebagai kado wisuda. Ada banyak pilihan model boneka yang bisa kamu jual, mulai dari boneka foto karikatur, boneka teddy bear, atau boneka custom. Supaya kamu bisa terus memenuhi pesanan dari pelanggan, sebaiknya lakukan kerja sama dengan pembuat boneka di dekat rumah.

5. Bingkai foto

Ide jual kado wisuda online selanjutnya adalah bingkai foto dengan tambahan nama wisudawan. Bingkai foto seperti ini terasa lebih spesial karena anti-mainstream dan lebih personal. Untuk membuatnya, kamu bisa bekerja sama dengan UMKM terdekat dari rumahmu.

6. Lukisan karikatur

Jenis kado wisuda untuk dipasarkan secara online yang terakhir adalah lukisan karikatur wisudawan. Lukisan seperti ini bisa digunakan sebagai pengingat wisudawan tentang perjuangannya meraih gelar sarjana atau hiasan di kamar pribadinya. 

Tenang saja, kamu tidak perlu jadi pelukis untuk menjual lukisan karikatur. Cukup lakukan kerja sama dengan seniman pelukis lokal yang kualitas karyanya tidak perlu diragukan lagi. Kamu cukup mencari pelanggan dan mengumpulkan foto wisudawan yang akan dilukis. Sisanya biarkan si pelukis yang bekerja. 

Penjelasan mengenai ide bisnis online kado wisuda tadi menunjukkan bahwa sebenarnya ide dan peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menemukan cara untuk mengubah ide tersebut menjadi suatu usaha yang sukses mendapatkan keuntungan.

Keuntungan bisa didapatkan bila kamu memaksimalkan pemasaran dan penjualannya. Kamu bisa memanfaatkan penjualan melalui e-commerce, seperti Lazada. Lazada akan membantu kamu memasarkan produk kado wisuda dengan mudah. Dengan begitu, keuntungan dan kesuksesan usaha ada di depan mata. Pastikan kamu sudah mendaftar sebagai seller di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Kategori produk yang akan laris

5 Prediksi Kategori Produk yang akan Laris di 2022

cara menjadi host live streaming

Mau Jadi Host Live Streaming? Wajib Tahu yang Boleh & Tidak Boleh Dilakukan

camilan hari raya

Selain Nastar, 10 Produk Snack Ini Juga Laku Dijual Menjelang Hari Raya

Dari Ciamis, Ini Pengalaman Pertama Kali Jualan Online Versi Rio Pebrian

Dari Ciamis, Ini Pengalaman Pertama Kali Jualan Online Versi Rio Pebrian

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users