instagram reels

Daftar Isi

Promosi Jualan dengan Instagram Reels, Ini Caranya!

Daftar Isi

Instagram Reels resmi menjadi fitur tambahan yang keren sejak 2021 lalu. Karena bisa menampilkan postingan video dengan durasi yang lebih lama, banyak orang memanfaatkannya untuk macam-macam keperluan. Kamu juga pasti sering ‘kan pakai Instagram Reels?

Reels menawarkan berbagai tools untuk kamu dan pengguna Instagram lainnya. Jadi, akan lebih mudah untuk mengedit video dengan menambahkan elemen seperti, musik latar, filter, stiker, teks, dan sebagainya. Satu hal yang bisa dimaksimalkan dari adanya Instagram Reels adalah sebagai media promosi usaha. Bisa? Tentu saja bisa.

 

Cara Promosi di Instagram Reels yang Mudah dan Efektif

Promosi menggunakan media video memang sudah sering digunakan. Promosi Instagram pun sudah banyak dilakukan oleh para seller. Mulai dari memanfaatkan postingan biasa di feed, sampai menjadikannya sebagai stories.

Inilah yang menjadi alasan kamu juga bisa mencoba cara promosi di Instagram Reels untuk usahamu. Bagaimana caranya? Ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Bagikan konten berisi wawasan yang edukatif

Para followers di Instagram biasanya akan tertarik untuk mendapatkan berbagai tips baru yang bermanfaat. Video yang singkat, jelas, dan mudah diikuti akan disukai oleh penonton. 

Kamu bisa membuat  konten seperti trik kehidupan sehari-hari (daily hacks) atau tips yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. 

Misalnya, kalau kamu menjual produk skincare, kamu bisa membuat tutorial makeup menggunakan produk tersebut. Jadi, kamu bukan hanya menarik minat followers, tetapi juga dapat melakukan promosi secara halus. Jangan lupa untuk menggunakan hashtag yang sesuai untuk meningkatkan jangkauan viewers.

2. Tampilkan produk yang kamu jual

Salah satu keuntungan Reels adalah mampu mencapai berbagai jenis audiens, termasuk yang tidak mengikuti akun Instagram kamu. Ini bisa kamu manfaatkan untuk mempromosikan produk. 

Cobalah untuk secara kreatif memasukkan produk kamu ke dalam konten yang menarik. Ciptakan cara yang halus dan rapi untuk memperlihatkan produk kamu dalam satu video singkat. Sertakan juga deskripsi yang menarik dan hashtag yang mendukung untuk meningkatkan engagement postingan tersebut.

 

Baca juga: 5 Ide Konten Instagram untuk Bisnis, Promosikan Produk dengan Kreatif!

 

3. Buat konten Behind The Scenes

Membuat dan membagikan konten di balik layar (behind the scenes) bisa menjadi ide alternatif untuk Instagram Reels yang menarik. Bisa juga menjadi salah satu sarana meningkatkan brand awareness bisnismu.

Contohnya, kalau kamu adalah produsen cake atau bakery, kamu bisa membuat video yang menunjukkan proses pembuatan produk-produk tersebut. Bisa dimulai dari belanja perlengkapan dan bahan di toko sampai dengan proses menghias cake. Konsep ini berlaku untuk semua jenis bisnis. 

4. Buat konten yang orisinal tanpa meniru milik orang lain

Kemaslah video yang sudah kamu buat dalam format yang menghibur dan terlihat unik. Umumnya, video yang dibuat dengan sentuhan pribadi dan keunikan justru dapat meningkatkan engagement. Ingat, sejak awal sebaiknya buatlah konten yang orisinal dan tidak menjiplak karya orang lain sebagai cara promosi di Instagram.

5. Pilih sound yang tepat

Instagram Reels memerlukan sound atau musik latar untuk mengiringi tampilan videonya. Pemilihan musik latar yang cocok dapat membantu video kamu menjangkau lebih banyak orang. Gunakan sound yang sedang tren, namun pastikan bahwa musik tersebut tetap sesuai dengan karakteristik video dan konten yang berkaitan dengan produk bisnismu.

 

Baca juga: Biar Keren, Ini Cara Membuat Promo Video Produk yang Menarik

 

——

Bagaimana? Mudah ‘kan memanfaatkan Instagram Reels untuk promosi bisnis? Medianya sudah ada, sisanya memerlukan kreativitas dan inovasi pribadi kamu untuk dapat menghasilkan konten Reels yang menarik. 

Reels memberikan peluang baru bagi kamu dan seller lainnya untuk mencapai audiens yang dituju. Cara yang bisa digunakan pun lebih menarik bila dibandingkan dengan promosi Instagram biasa.

Selain menggunakan Reels, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Promosi Produk dari Lazada. Jadi, meningkatkan angka penjualan dan pendapatan pun akan jauh lebih mudah.

Kalau ternyata kamu belum terdaftar sebagai seller di Lazada, tidak usah pakai lama, langsung daftar dengan cara klik di sini, sekarang juga! Selamat mencoba!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
contoh iklan produk simple

8 Contoh Iklan Produk Simple dan Mudah serta Kriteria Iklan yang Menarik

Alat rumah tangga modern

Inspirasi Bisnis: 5 Produk Alat Rumah Tangga Modern yang Anak Muda Banget!

shutterstock_741885799

Ketahui Alasan Kenapa Gratis Ongkir Penting untuk Seller Pakai di Tokonya

shutterstock_716625178

Cek Biaya Admin Jualan di Lazada, Kini Lebih Murah Dibanding yang Lain!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users