produk ramadhan

Daftar Isi

10 Ide Jualan Terlaris di eCommerce Selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran

Daftar Isi

Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim karena hanya ada satu kali dalam setahun. Bulan Ramadan juga menjadi kesempatan bagi para penjual untuk mendapat keuntungan lebih. Banyak yang menjual produk-produk Ramadhan dan dikemas dengan cantik.

Kamu ingin mengambil peluang ini tapi masih bingung mau jualan apa? Berikut telah kami rangkumkan 10 jenis produk yang bisa kamu jual di bulan Ramadan, bahkan hingga hari raya tiba! 

Jualan Terlaris  di eCommerce Selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran

kue lebaran
kue lebaran. via pexels

Kue Kering

Rasanya lebaran kurang lengkap tanpa kehadiran kue kering. Ada yang menyajikannya untuk tamu saat lebaran, ada pula yang mencari kue kering sebagai hampers bagi kerabat. Maka tak heran jika dulu setiap tahun menjelang lebaran, pasar-pasar diserbu masyarakat yang ingin beli kue kering. Sekarang tak hanya pasar, banyak juga toko-toko online kue kering yang kebanjiran pesanan, bahkan dari sebelum bulan Ramadan tiba. 

Jika kamu mahir membuat kue kering, kamu bisa mencoba jualan kue kering di bulan Ramadan. Kamu bisa memasarkan produk melalui media sosial dan menjualnya melalui eCommerce dengan sistem pre-order sehingga kamu bisa mengurangi resiko membuang bahan kue. 

Kemasan Makanan

Kue kering yang menjadi primadona masyarakat tentu membutuhkan wadah kemasan seperti toples, kan? Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual toples karena akan dicari oleh para penjual kue kering. Apalagi, sekarang ini semakin banyak penjual kue kering online, jadi pasti pembeli toples untuk kue kering juga lebih banyak. 

Selain toples, kamu juga bisa menjual kemasan makanan lain seperti kotak makan plastik atau kotak aluminium. Hal ini dikarenakan banyak yang menjual makanan-makanan basah seperti lasagna atau kue bolu, sehingga kemasan makanan pasti banyak dicari. 

Hampers

Mengirim hampers kepada keluarga atau kerabat telah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di kota besar. 

Hampers yang dikirim pun beragam, mulai dari kue kering, makanan basah, hingga pernak pernik. Kamu bisa memanfaatkan momen bulan Ramadan untuk menjual hampers.

Tak perlu membuat produk dari awal, kamu bisa membeli produk orang lain lalu dikemas. Contohnya membeli kue kering curahan kemudian ditempatkan di toples dan dikemas dalam kotak atau tas agar terlihat cantik. Hias hampers dengan tema Ramadan sehingga orang tertarik membelinya. 

Kurma

Kurma menjadi buah yang paling dicari saat bulan Ramadan sehingga tak heran ada banyak stok kurma di supermarket pada momen tersebut.

Carilah supplier kurma lalu jual produk tersebut di e-Commerce. Kamu bisa menjual lebih dari satu jenis kurma agar bisa menggaet banyak pembeli. 

Satu hal yang perlu diingat, pastikan kemasan pengiriman menggunakan bubble wrap yang tebal sehingga pengiriman aman sampai ke tempat pembeli. 

Makanan Takjil

Makanan seperti kolak pisang ubi, bubur sumsum dan bubur kacang hijau menjadi incaran masyarakat selama bulan Ramadan sebagai menu buka puasa. Meski tidak sulit membuatnya, banyak orang yang lebih memilih membelinya daripada membuatnya sendiri.

Hal ini bisa kamu manfaatkan dengan menjual makanan takjil. Kamu dapat menjual makanan takjil dengan sistem pre-order melalui e-Commerce. Tak perlu takut makanan yang kamu jual akan basi karena makanan dapat dikirim melalui layanan ojek online instan. 

Lauk Matang

Di bulan Ramadan, umat muslim harus menyediakan makanan di sore hari sebelum buka puasa dan pagi hari saat sahur. Namun, banyak orang yang tidak sempat masak karena kesibukan seperti bekerja atau mengurus rumah tangga. 

Akhirnya, banyak orang memutuskan untuk membeli lauk matang sehingga mereka hanya perlu memanaskan makanan tersebut sesaat sebelum makan. Tentu saja hal ini membuat waktu lebih efisien, menghemat tenaga dan juga menghemat cucian.

Kamu juga bisa menjual lauk matang ketika bulan Ramadan. Jual lauk yang tahan beberapa hari jika disimpan di kulkas. Tak perlu membuka kios untuk berjualan, kamu dapat memanfaatkan eCommerce untuk menjual produk lauk matang buatanmu.

Fzozen Food

Selain lauk matang, frozen food juga menjadi incaran banyak orang, terutama ibu-ibu. Sebab, seseorang hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk memasak lauk beku. Selain menghemat waktu, frozen food juga dapat kamu simpan dalam waktu yang lama.

Cari supplier frozen food dengan harga miring kemudian jualnya di  eCommerce. Untuk pengiriman, frozen food dapat dikirim melalui ojek online sameday ataupun instan. Pastikan kamu mengemas pesanan dengan aman dan menggunakan bubble wrap yang tebal sehingga pesanan aman sampai tujuan.

Perlengkapan Shalat

Rasanya tak afdol jika bulan Ramadan tidak memiliki perlengkapan shalat baru. Mukena, sarung dan sajadah adalah di antara produk yang paling laris di bulan Ramadan. Tak hanya untuk diri sendiri, banyak pula yang membeli untuk diberikan kepada  keluarga atau teman.

Kamu bisa membeli perlengkapan alat shalat di pasar secara grosir lalu menjualnya di  eCommerce. 

Foto produk-produk  kamu secara detail sehingga kamu dapat menunjukkan motif atau warna kepada calon pelanggan. Buat foto semenarik mungkin agar daganganmu laris manis. 

Baju Lebaran

Lebaran identik dengan memakai baju baru.  Tak sedikit pula brand baju lebaran yang sudah sold out di awal bulan Ramadan karena banyak yang telah memesannya sebelum bulan Ramadan. 

Apalagi telah banyak brand yang menjual beragam baju lebaran untuk keluarga. Untuk memanfaatkan momen ini, ada dua hal yang bisa kamu lakukan seperti membeli baju lebaran secara grosir di pasar atau pergi ke konveksi dan menjahit baju untuk dijual. Kemudian buatlah foto produk yang menarik agar kamu bisa menggaet banyak pembeli.

Sembako

Tak hanya untuk konsumsi pribadi, banyak masyarakat membeli sembako untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan. Mulai dari beras, minyak, hingga gula, sembako laris manis di bulan Ramadan. 

Dengan mengetahui tempat grosir sembako yang murah  kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih bersaing. 

Kamu juga bisa membuat paket sembako dengan harga yang lebih murah daripada menjualnya satuan.

10 produk ini bisa kamu jual di Lazada dengan mudah tanpa biaya apapun. Tidak perlu khawatir jika kamu belum pernah menjual barang di eCommerce

Lazada memiliki program inkubasi, di mana tim Lazada akan membantu dan memberi edukasi kepada penjual baru selama 90 hari. Di masa inkubasi tersebut, tim Lazada akan membantu penjual baru untuk memahami berbagai fitur Lazada serta berbagi tips berjualan agar laris manis.  Pastikan kamu memilih Lazada sebagai eCommerce tempat kamu berjualan produk-produk Ramadan. Cari tahu cara daftarnya disini yuk.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Live Streaming, Aplikasi, Belum Jualan Online

3 Aplikasi Live Streaming & Bagaimana Cara Menghasilkan Uang

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

bisnis parfum

5 Tips & Cara Memulai Bisnis Parfum untuk Pemula

apa itu distributor

Apa Itu Distributor, Kenapa Fungsinya Penting?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users