ide jualan bulan puasa

Daftar Isi

Paling Baru! 10 Ide Jualan Bulan Puasa Kekinian Bisa Bawa Untung Besar

Daftar Isi

Bulan ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Bulan ini pun menawarkan banyak peluang besar bagi orang yang ingin memanfaatkan ide jualan bulan puasa. 

Akan sayang rasanya jika momen ramadan ini tidak dimanfaatkan dengan mulai berjualan makanan, pakaian, sampai dekorasi rumah.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang jualan apa yang laku di bulan puasa, kamu perlu tahu dahulu alasan bulan ramadan menjadi saat yang tepat untuk memulai usaha.

Alasan Bulan Puasa Memiliki Peluang Bisnis yang Besar

Ramadan adalah bulan istimewa bagi umat muslim. Bahkan di Indonesia, semarak ramadan juga ikut dirasakan dan diramaikan oleh seluruh masyarakat dari berbagai agama dan kepercayaan.

Oleh karena itu, ada beberapa keistimewaan yang membuat bulan ramadan menjadi waktu yang tepat untuk kamu mulai berjualan.

1. Bulan yang Istimewa

Bulan ramadan sangat istimewa karena datang hanya sekali dalam setahun selama 29 atau 30 hari saja. Sehingga setiap harinya jadi terasa begitu berharga. Termasuk segala hal yang dilakukan di bulan ini pun jadi terasa istimewa.

2. Jualan Jadi Ladang Rejeki dan Pahala

Bekerja adalah sebuah ibadah. Berjualan jadi pekerjaan yang bisa mendatangkan rezeki harta maupun rejeki pahala.

Apalagi, ibadah yang dilakukan di bulan ramadan akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat. Yakin nggak mau dapat keuntungan sekaligus pahala di ramadan?

3. Meski Puasa, Tingkat Konsumsi Malah Meningkat

Di bulan ini, umat muslim akan menjalankan ibadah puasa dengan tidak makan, minum dan menahan hawa nafsu dari terbit matahari hingga petang menjelang.

Meski hanya makan pada sahur dan berbuka saja, di bulan ramadan tingkat konsumsi masyarakat malah cenderung meningkat.

Hal ini biasanya disebabkan karena setelah seharian menahan haus dan lapar, momen berbuka puasa jadi saat untuk memuaskan segala keinginan. Orang-orang akan cenderung ingin makan segala yang enak-enak dan minum sepuasnya. 

Nah, ini bisa jadi peluang besar bagi kamu yang ingin berjualan makanan atau minuman di bulan ramadan untuk mendulang keuntungan.

4. Dapat THR, Waktunya Belanja Dong!

Alasan mengapa ramadan menjadi saat yang tepat untuk berjualan selanjutnya adalah karena menjelang usainya ramadan para pekerja akan mendapatkan Tunjangan Hari Raya atau THR.

THR biasanya setara dengan satu kali gaji. Sedangkan menurut GoodStats, masyarakat akan menyisihkan Rp500.000 – Rp2.000.000 untuk berbelanja kebutuhan jelang Lebaran.

Dengan adanya THR, lebaran menjadi saat untuk mengapresiasi diri dan membahagiakan keluarga dengan berbelanja. Siap menampung THR masyarakat dengan berjualan kebutuhan ramadan dan lebaran?

5. Tren Memulai Hari Baru dengan Barang Baru

Bulan ramadan akan berakhir dengan datangnya Idul Fitri atau Lebaran. Momen ini menjadi saat untuk memulai hari baru setelah melebur dosa dengan saling memaafkan.

Menyambut momen spesial tersebut rasanya setiap orang ingin tampil dengan penampilan terbaiknya. Mengenakan pakaian baru, dekorasi baru, hingga menciptakan suasana rumah yang baru.

Setelah tahu alasan-alasan tadi pasti semakin semangat untuk mewujudkan ide jualan bulan puasa kan? Buat yang udah nggak sabar pengen tahu apa saja ide  jualan paling laris di bulan ramadan, simak sampai akhir ya!

Ide Jualan Bulan Puasa yang Laris di Pasaran

ide jualan bulan puasa

Kini saatnya buat kamu tahu ide jualan bulan puasa yang cocok untuk pemula, minim modal dan bisa mencetak keuntungan besar. Penasaran apa aja? Ini dia!

1. Busana Muslim

Baju baru alhamdulillah, dibeli di hari raya…. Hayoo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Memang tradisi membeli baju baru di bulan ramadan rasanya sudah mendarah daging.

Bahkan, hasil survei Populix, produk fashion jadi produk di peringkat pertama yang paling diminati menjelang lebaran oleh mayoritas responden yakni, sebesar 82%.

Produk fashion utamanya busana muslim seperti gamis, kerudung, baju koko, adalah produk yang biasanya jadi jualan paling laris di bulan ramadan.

2. Kosmetik

Siapa yang nggak mau tampil cantik ketika bertemu sanak saudara ketika halalbihalal di hari Lebaran? Terbukti di tahun 2021 lalu, produk kosmetik jadi komoditas kedua yang paling banyak dibeli oleh konsumen secara online.

Kamu bisa berjualan beragam produk kosmetik seperti skincare, bodycare, haircare hingga parfum. Apalagi, kini produk kosmetik sudah jadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat, bahkan bagi wanita maupun pria.

Baca juga: Sedang Laris, Ini Ide Jualan Skincare Korea untuk Usia 30 ke Atas

3. Perlengkapan Ibadah

Ramadan adalah saatnya meningkatkan ibadah dan meraih sebanyak-banyaknya pahala. Maka dari itu, kebutuhan akan perlengkapan ibadah pun tentu akan meningkat juga.

Manfaatkan momen ramadan ini untuk meluncurkan produk mukena, hijab, sajadah atau sarung dari toko barumu!

4. Kue Kering Lebaran

Rasanya kurang lengkap jika lebaran tanpa kue kering. Di tahun 2022, banyak konsumen yang membeli kue kering lebaran secara online.

Jadi buat kamu yang hobinya tiap mau lebaran bikin kue kering, coba deh mulai dijual online juga. Biar semakin banyak orang yang bisa nikmatin kue enak buatanmu!

5. Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok seperti beras, minyak dan sirup, bisa jadi pilihan yang tepat untuk ide jualan bulan puasa karena merupakan kebutuhan utama juga.

Dengan meningkatnya konsumsi dan daya beli masyarakat di bulan ramadan, tentu tidak sulit untuk mendapatkan konsumen pertama. Sediakan juga aneka makanan manis dan makanan siap saji agar pilihan produk tokomu makin beragam.

6. Dekorasi Rumah

Untuk menciptakan suasana berbeda di rumah, bisa dilakukan dengan mengubah atau menambahkan dekorasi baru. Di ramadan kali ini, kamu bisa mulai berjualan produk dekorasi rumah tangga seperti gorden atau tirai, rak kayu, hiasan dinding, pot bunga hingga toples kue yang biasanya banyak dicari menjelang lebaran.

7. Produk Kesehatan

Agar ibadah puasa dapat berjalan lancar, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Nah di momen puasa ini, produk kesehatan ternyata juga menjadi produk incaran banyak orang.

Contoh produk kesehatan yang bisa kamu jual di bulan puasa di antaranya adalah multivitamin, suplemen, madu, maupun obat herbal lainnya.

8. Hampers Lebaran

Ramadan dan lebaran adalah saatnya saling berbagi. Kegiatan berbagi ini biasanya diwujudkan dengan saling berkirim parsel atau hampers lebaran.

Coba mulai bisnis hampers di bulan puasa kali ini. Kemas produk yang banyak disukai atau dibutuhkan di bulan puasa dengan packaging yang cantik. Jangan lupa jual di toko onlinemu dengan foto yang estetik agar mampu menarik minat pembeli.

9. Amplop Lebaran

Agar sepupu dan keponakan semakin senang ketika bagi-bagi THR, biasanya orang-orang akan menggunakan amplop lebaran khusus. Buatlah desain yang bagus, lucu dan bertemakan lebaran agar sesuai dengan semarak semangat hari raya.

10. Gadget dan Aksesorisnya

Mumpung THR cair, waktunya beli gadget impian seperti smartphone. Untuk jualan gadget, kamu bisa mulai dengan jualan casing hp, aksesoris gadget, dan ketika usaha sudah mulai berkembang pesat kamu bisa merambah penjualan ponsel berbagai merek.

——

Dari 10 ide jualan bulan puasa tadi, kira-kira mana yang akan kamu pilih? Segera tentukan dan buat rencana bisnismu, mumpung ramadan udah dekat nih!

Di era digital ini, mayoritas konsumen membeli kebutuhan lebaran secara online yang dilakukan melalui situs maupun aplikasi belanja online. Oleh karena itu, agar produkmu semakin laris, jualan online lewat Lazada.

Lazada bisa bantu usahamu dapatkan pembeli pertama dengan segera dan order yang berlipat ganda. Jadilah bagian dari marketplace terbesar se-Asia Tenggara bersama Lazada! Klik di sini untuk bergabung jadi Seller Lazada.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Harbolnas

Apa Itu Harbolnas? Benarkah Bisa Meningkatkan Angka Penjualan?

cara memulai usaha hampers lebaran

7 Cara Memulai Usaha Hampers Lebaran, Mudah Dicoba! [+Contoh Ide Hampers Lebaran]

Girl,Holds,A,Paper,Plate,With,Healthy,Food,Sitting,On

5 Cara Memulai Bisnis Makanan Sehat serta Contoh Inovasinya yang Bisa Ditiru

promo akhir tahun

7 Ide Promo Akhir Tahun yang Unik, Cocok untuk Toko Onlinemu

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users