ide-bisnis-hewan-peliharaan-yang-menguntungkan

Daftar Isi

7 Ide Bisnis Hewan Peliharaan yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Daftar Isi

Pernahkah kamu kepikiran untuk memulai bisnis hewan peliharaan? Memiliki hewan peliharaan sudah menjadi tren beberapa tahun terakhir, terlebih saat pandemi melanda. Bukan tanpa alasan, kehadiran para anabul seperti kucing dan anjing memang membuat pemiliknya lebih bahagia. Sebuah studi dari University of the West of Scotland mengatakan bahwa hewan peliharaan bisa mencegah rasa kesepian. 

Dengan meningkatnya jumlah pemilik hewan rumahan, bisnis yang melibatkan produk dan layanan hewan peliharaan pun dapat jadi peluang yang menjanjikan. 

Nah buat kamu yang tertarik, yuk simak 7 ide bisnis hewan peliharaan yang menguntungkan berikut ini. 

 

Ide Bisnis Hewan Peliharaan yang Bisa kamu Lakukan dari Rumah

1. Pet Sitter (Penjaga Hewan Peliharaan)

Ide bisnis hewan peliharaan yang menguntungkan ini sangat cocok untukmu yang mencintai hewan pada umumnya. Sebab, kamu bisa berinteraksi dengan berbagai jenis hewan peliharaan yang berbeda setiap waktunya. 

Ketika kamu menjadi seorang pet sitter, mungkin kamu akan menjaga hewan peliharaan tersebut di rumah pemiliknya. Ini karena bisa saja sang pemilik butuh pet sitter selama mereka sedang bepergian beberapa hari. 

Mirip seperti pekerjaan babysitter, hanya saja sedikit berbeda. Kamu akan bertugas menjaga, mengajak main, memberikan makanan, obat-obatan (jika diminta), atau membersihkan kotak pasir hewan peliharaan seperti kucing.  

Imbalan per jam selama menjadi pet sitter bisa jadi sumber penghasilan tambahan yang menguntungkan. Bayangkan jika dalam seminggu ada 3 rumah yang kamu datangi dengan imbalan jasa misalnya Rp100 ribu/jam. Selama 2 jam saja kamu sudah bisa mengantongi Rp600 ribu dalam seminggu. 

2. Jasa Salon Hewan Keliling 

Untuk menjalani bisnis hewan peliharaan satu ini, kamu butuh keahlian khusus dan tim. Namun tenang saja, sebagai pecinta hewan sekaligus pemilik hewan, kamu pasti punya pengalaman dalam merawat hewan peliharaanmu sendiri, ‘kan? 

Banyak pet owner yang terlalu sibuk untuk membawa anabul  mereka ke groomer di petshop atau pet salon. Sehingga, ini dapat menjadi peluang bisnis hewan peliharaan yang menguntungkan. 

Ditambah dengan menjadi pet groomer panggilan, kamu juga bisa mengunjungi lokasi-lokasi yang mungkin belum pernah kamu datangi. Anggap saja sekalian travelling domestik gratis. Jika kamu tertarik untuk menggeluti bisnis ini secara paruh waktu, pertimbangkan juga waktu yang cocok ya.

3. Dog Walker

ide-bisnis-hewan-peliharaan-yang-menguntungkan
Kegiatan mengajak hewan peliharaan berjalan, sumber: Freepik.

Menurut survei asuransi hewan Compare The Market di Australia, anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dicari di dunia, tepatnya ada di 161 negara.

Seperti hewan peliharaan lain, anjing mempunyai sejumlah rutinitas agar mereka tetap sehat dan bahagia. Salah satunya adalah dengan diajak berjalan-jalan. Nah, kenapa kamu tidak mencoba untuk menjadi seorang dog walker bagi anjing tetanggamu? 

Kamu bisa menawarkan dirimu untuk mengajak anjing peliharaan mereka keliling komplek dengan biaya jasa per jam atau sesuai kesepakatan bersama. Selain menambah penghasilan, anjing peliharaan juga akan lebih senang dibawa jalan-jalan sekaligus mengenali lingkungan tempat tinggalnya. 

4. Menulis Blog Tentang Hewan Peliharaan

Senang menulis? Kamu bisa gabungkan hobi menulis dan kecintaan pada hewan peliharaan dengan mulai menulis blog. Apalagi, jika kamu punya pengetahuan luas seputar dunia hewan peliharaan, baik itu hewan berkaki empat maupun jenis hewan lainnya. 

Mulai saja dari berbagi pengalaman tentang hewan peliharaanmu yang kira-kira bermanfaat bagi seorang pet owner. Nanti, setelah blog-mu ramai dan konsisten diisi, kamu bisa menjadikan blog ini sebagai sumber penghasilan. Contohnya dengan mengaktifkan adsense, maupun menerima tawaran menulis artikel sponsor untuk memberi review seputar produk perawatan hewan peliharaan, dan masih banyak lagi.

5. Jasa Foto Hewan Peliharaan 

Banyak pet owner yang suka berfoto dengan hewan peliharaan mereka atau memenuhi galeri foto di hp dengan anabul kesayangannya. Manfaatkan peluang ini untuk menjadi fotografer atau pelukis potret hewan peliharaan jika kamu mempunyai keahlian atau pengalaman di bidang seni. 

Ide bisnis hewan peliharaan tersebut cukup menjanjikan mengingat banyak pet owner yang menganggap anak bulu sudah seperti keluarga.

6. Menjual Makanan dan Kebutuhan Hewan Peliharaan

Bisnis makanan hewan peliharaan bisa menjadi ide yang sangat menguntungkan. Bagaimana tidak, setiap bulan pemilik hewan peliharaan pasti akan membeli makanan kering ataupun makanan basah untuk anabul mereka dalam jumlah yang banyak. 

Kamu bisa mencoba untuk menjual makanan hewan peliharaan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya dengan menjadi reseller ataupun dropshipper.

7. Menjual Keperluan Hewan Peliharaan

Pasar bagi produk peralatan hewan peliharaan sangatlah besar dan menjanjikan. Lalu, kenapa tidak menjadikan hewan peliharaanmu sebagai inspirasi untuk menjual produk-produk hewan peliharaan lainnya?

Misalnya, mainan, tali (leash), baju, kalung kucing/anjing, dan sebagainya. Jika kamu punya keahlian seperti menjahit, merajut, atau membuat kerajinan tangan lainnya, maka peluang ini bisa banget kamu ambil. 

Selanjutnya, produk-produk yang berhasil kamu buat tadi, bisa kamu jual lagi di marketplace seperti Lazada. 

 

Wah, ternyata ada banyak ide bisnis hewan peliharaan yang bisa dicoba. Itulah 7 ide bisnis rumahan bagi kamu pecinta hewan peliharaan. Yuk langsung coba jadi penjual kebutuhan anabul di marketplace Lazada, supaya bisnis kamu bisa #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Happy,Excited,Asian,Man,Holding,Laptop,And,Raising,His,Arm

10 Cara Sukses di Usia Muda, Jangan Sampai Kamu Menyesal!

Ide Peluang Bisnis dari Tren Terkini: Merchandise KPop

Ide Peluang Bisnis dari Tren Terkini: Reseller atau Dropship Merchandise KPop

Young,And,Beautiful,Asian,Woman,Blogger,Showing,Clothes,In,Front

Catat 7 Tips Memilih Influencer Ini untuk Bantu Promosikan Tokomu

konten live streaming

Konten Live Streaming yang Menarik, Seperti Apa?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users