gratis ongkir ditanggung siapa

Daftar Isi

Gratis Ongkir Ditanggung Siapa? Pahami Sistemnya Sebelum Jualan di Marketplace

Daftar Isi

Bagi seorang calon seller, wajar bila masih bingung tentang hal-hal teknis di dunia jualan online seperti tentang pertanyaan “gratis ongkir ditanggung siapa?”

Gratis ongkir adalah program yang jadi buruan para pembeli ketika akan berbelanja. Adanya gratis ongkir bisa jadi magnet yang kuat untuk menarik pembeli.

Artikel ini akan membahas selengkapnya tentang gratis ongkir ditanggung siapa, bagaimana sistem gratis ongkir, hingga tips dalam menerapkan program gratis ongkir.

Semoga setelah membaca artikel ini dapat mempermudah calon seller untuk memahami sistem berjualan online di marketplace. Satu per satu pertanyaan dibenakmu akan terjawab di sini.

Bagaimana Sistem Gratis Ongkir di Marketplace?

Gratis ongkir merupakan sebuah strategi bisnis yang digunakan e-commerce dan seller untuk menarik pelanggan agar berbelanja secara online dengan membebaskan biaya pengiriman pesanan.

Gratis ongkir termasuk cara promosi yang bisa meningkatkan trafik kunjungan dan penjualan. Program ini bisa mendatangkan pelanggan baru untuk tokomu dan membuat produk jualan akan lebih cepat terjual.

Terlepas dari gratis ongkir ditanggung siapa, penerapan program ini harus tetap diikuti oleh syarat dan ketentuan berlaku. Batasan ini diperlukan agar bisnismu tidak merugi karena adanya program gratis ongkir.

 

Baca juga: Ketahui Alasan Kenapa Gratis Ongkir Penting untuk Seller Pakai di Tokonya

Tips Ketentuan Gratis Ongkir Biar Usahamu Tidak Merugi

Nah, setelah mengetahui bagaimana sistem gratis ongkir diterapkan dan sebelum menjawab penasaran tentang gratis ongkir ditanggung siapa, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar ketika usahamu menerapkan program gratis ongkir.

Ini penting agar kamu tetap bisa mendapat keuntungan alias tidak merugi. Catat beberapa hal di bawah ini ya!

1. Beri ketentuan batas minimum pembelian

Agar kamu tetap bisa dapat untung ketika memberi free ongkir, kamu bisa menerapkan ketentuan batas minimum pembelian. Batas ini bisa berupa besaran harga yang ditentukan atau besaran kuantitas pembelian.

Sebagai contoh, kamu bisa terapkan syarat gratis ongkir berupa total nilai pembelian minimal Rp30.000 atau total berat pembelian produk 1kg.

Adanya syarat minimal pembelian ini akan mendorong konsumen untuk berbelanja lebih banyak agar dapat memenuhi persyaratan mendapatkan akses gratis ongkir.

2. Beri gratis ongkir untuk produk tertentu

Cara menyiasati gratis ongkir yang nggak bikin usahamu boncos selanjutnya adalah dengan menentukan produk-produk khusus yang bisa mendapatkan gratis ongkir.

Tidak harus semua produk diberi fasilitas gratis ongkir, kamu bisa kombinasikan dengan memberi fasilitas program promosi berbeda untuk produk lainnya. 

Contohnya, untuk produk A mendapatkan gratis ongkir, sedangkan produk B mendapatkan diskon 10%. Hal ini bisa membuat konsumenmu tidak hanya membeli satu produk, namun juga akan ikut melirik produk lainnya.

3. Gratis ongkir untuk area tertentu

Kamu juga bisa menerapkan ketentuan batasan wilayah tujuan pengiriman yang berhak mendapatkan gratis ongkir. Area ini bisa berfokus pada tingkat wilayah atau daerah.

Ketentuan seperti ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan untuk area tertentu yang mendapat program gratis ongkir.

Jadi, kamu bisa gunakan strategi ini untuk meningkatkan minat beli masyarakat jika penjualan di suatu area mulai menurun.

4. Pilih tanggal atau momen tertentu untuk gratis ongkir

Untuk menekan kerugian, kamu bisa pertimbangkan untuk memberikan gratis ongkir tidak secara permanen melainkan pada waktu-waktu tertentu saja.

Misal saat tanggal kembar, tanggal gajian, atau ketika perayaan hari besar seperti Lebaran, atau momen libur sekolah maupun momen khusus lainnya.

Pastikan kamu menginformasikan secara jelas kepada konsumenmu tentang tanggal promo gratis ongkir ini agar mereka bisa menantikannya.

5. Share info gratis ongkir

Nah, masih terkait dengan informasi, jangan bosan-bosan mengingatkan pelanggan tentang program gratis ongkir dari tokomu.

Beri tahu kapan promo akan berlaku, berapa besaran subsidi yang diberikan, wilayah mana saja yang mendapatkan fasilitas gratis ongkir, dan lain sebagainya

Kamu bisa jadikan informasi tentang gratis ongkir ditanggung siapa ini sebagai bahan konten untuk media sosial ataupun dibagikan melalui blast pesan.

Itulah beberapa ketentuan, syarat serta sedikit tips yang perlu kamu ketahui sebelum menerapkan program gratis ongkir. Nah, jika kamu masih penasaran gratis ongkir ditanggung siapa, akan dijawab setelah ini!

 

Baca juga: Biaya Admin Jualan Online di Ecommerce Ada Apa Saja?

 

Gratis Ongkir Ditanggung Siapa dan Kenapa?

Terkait pertanyaan gratis ongkir ditanggung siapa, pada dasarnya jawabannya adalah ditanggung bersama oleh perusahaan logistik, e-commerce dan seller.  Sedangkan untuk biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli.

Di Lazada, seller yang memenuhi syarat tertentu akan mendapat undangan untuk berpartisipasi dalam program gratis ongkir dan mendapat subsidi biaya ongkir.

Subsidi gratis ongkir akan ditanggung oleh seller dan akan setiap bulan akan dipotong langsung oleh Lazada melalui Account Statement.

Biaya gratis ongkir Lazada dan biaya admin yang berlaku masih wajar dan akan diambil dari setiap item yang terjual.

Seller memiliki peran untuk membuat program yang menarik bagi pelanggan yang mana difasilitasi marketplace tempatnya berjualan melalui sistem gratis ongkir. Itulah kenapa ongkir ditanggung penjual.

Meski begitu, sebagai seller kamu tidak perlu khawatir karena biaya untuk menerapkan program gratis ongkir di Lazada masih sangat terjangkau.

——

Nah, semoga sekarang sudah jelas ya jawaban tentang gratis ongkir ditanggung siapa. Sekarang kamu jadi makin tahu dan makin siap untuk jadi seller nih!

Gratis ongkir bisa bikin pembeli makin tertarik untuk membeli, tapi jangan lupa ya tetap utamakan kualitas produk agar pelanggan semakin loyal karena produkmu memang bagus.

Yuk, jualan online di Lazada! Dengan berjualan di Lazada, kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik. Misalnya, program gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan lainnya yang bisa membantu kamu meningkatkan penjualan. 

Tinggal klik di sini buat daftar gabung jadi seller Lazada dan siap-siap buat bikin usahamu makin #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
,Soft,Focus

Penting dalam Bisnis! Ini Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

Cara Membuat Logo Toko Kamu Unik

6 Cara Membuat Logo Toko Kamu Unik dan Menarik Pembeli

apa itu view

Apa Itu View dan Fungsinya di Live Streaming? Cek di Sini!

cara menghitung diskon

Begini Cara Menghitung Diskon Supaya Kamu Tidak Mengalami Kerugian (+Contoh Diskon)

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users