fast respon artinya

Daftar Isi

Alasan Kenapa Seller Harus Fast Respon Saat Berjualan Online

Daftar Isi

Fast respon sangat dibutuhkan bagi seorang seller online. Sebab, siapa sih yang suka kalau chat-nya dibalas terlalu lama? Sama halnya dengan customer yang menunggu balasan dari kamu saat mereka bertanya sebelum membeli.

Ketika pelanggan menunggu jawaban, artinya kecepatan jawabanmu akan menjadi penentu apakah mereka yakin untuk segera melakukan pembelian atau tidak. Maka dari itu, kecepatan seller dalam menjawab pesan menjadi sangat penting.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang alasan mengapa Seller harus cepat membalas chat pembeli, apakah kamu sudah paham apa itu slow respon dan fast respon sendiri? Yuk, mari kita pahami lebih jelas.

Apa Itu Slow Respon dan Fast Respon?

Dalam dunia jualan online, fast respon artinya seller dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan maupun pesan lainnya dari pelanggan dengan sigap dan cepat. 

Bisa dikatakan fast respon jika seller mampu membalas dalam waktu kurang dari satu jam atau bahkan dalam hitungan menit saja. Terutama bagi pesan yang masuk ketika jam operasional toko.

Sebaliknya, slow respon berarti seller membutuhkan waktu yang lama atau tidak langsung memberikan jawaban ketika mendapat pertanyaan dari pelanggan. Slow respon ini bisa dalam beberapa jam atau bahkan lebih dari satu hari.

Jika seller terlalu lama dalam memberikan balasan, pelanggan bisa berpikir bahwa tokomu sudah tidak aktif dan memilih mencari ke toko lainnya. Ini termasuk salah satu hal yang menunjukkan mengapa seller harus dapat merespon dengan cepat.

Nah, setelah mengetahui apa itu slow respon dan fast respon, alasan selengkapnya tentang pentingnya seller untuk sat-set dalam menanggapi pelanggan akan dibahas di bawah ini.

Alasan Seller Harus Jadi Fast Respon?

Jika Seller bisa melayani dengan fast respon artinya ada beberapa keuntungan yang bisa diraih dan menjadi alasan kuat mengapa hal ini diperlukan. Alasan tersebut di antaranya: 

1. Dikenal melayani dengan profesional

Kesan pertama sangatlah penting, oleh karena itu buatlah kesan pertama yang mendalam. Jadilah seller yang sigap membantu dengan fast respon sehingga dikenal profesional.

Ketika seller pertama kali berinteraksi langsung dengan pelanggan yang mengajukan pertanyaan dan dapat lekas menjawabnya, hal ini akan menciptakan kesan yang baik pada tokomu.

Profesionalitas kinerja dari tokomu akan tampak dari bagaimana seller memperlakukan pelanggan, termasuk dari kecepatan dan kesigapannya dalam menanggapi chat pelanggan yang diterima.

Jadi, pelanggan akan semakin yakin dengan kredibilitas tokomu yang tidak abal-abal karena memang mudah dihubungi, cepat merespon dan memberikan first impression yang bagus.

2. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Jika kamu sebagai seller mampu melayani pelanggan dengan tanggap dan fast respon, tentu kepercayaan pelanggan terhadap tokomu juga akan semakin meningkat.

Sebab, komunikasi yang baik adalah kunci dari sebuah hubungan yang kuat. Memelihara komunikasi dengan pelanggan akan membuat kepercayaan pelanggan tumbuh dan meningkat.

Ketika kamu berhasil meraih kepercayaan tersebut, pelanggan akan menjadi loyal dan pasti sulit untuk pindah ke lain hati.

3. Mempercepat transaksi

Fast respon artinya seller dapat menekan keraguan pelanggan ketika ingin membeli produk dan mempercepat proses pengambilan keputusan pelanggan untuk berbelanja.

Jika pelanggan segera mendapatkan jawaban, maka mereka akan semakin yakin untuk membeli dan dapat segera melakukan transaksi.

Sebaliknya, jika seller terlalu lama dalam membalas dan tidak dapat menyakinkan pelanggan, maka semakin lama keinginan pelanggan untuk membeli pun akan makin memudar.

Baca juga: Cara Membalas Ulasan/Review Tokomu di Marketplace [+ Contoh Template]

4. Penjualan akan meningkat

Pelanggan yang sudah yakin dan semakin percaya dengan tokomu ditambah transaksi yang semakin cepat akan berpotensi untuk membuat penjualan tokomu semakin meningkat!

Sebab, pelanggan yang yakin dan percaya tentu tidak segan untuk merekomendasikan produkmu ke orang di sekelilingnya maupun untuk melakukan pembelian ulang (repeat order).

5. Ajang promosi

Fast respon bisa membantu untuk meningkatkan nilai tokomu di marketplace atau e-commerce. Nilai ini biasanya akan muncul dalam bentuk % untuk menunjukkan berapa banyak chat yang dibalas.

Pelanggan yang puas dengan pelayananmu, biasanya juga akan meninggalkan review bagus dan tidak segan menyebutkan performa tokomu yang baik dan cepat dalam membalas pertanyaan masuk.

Kamu bisa menggunakan review maupun rating bagus dari tokomu itu untuk materi promosi dalam rangka menarik perhatian dan minat pelanggan.

Kamu pun juga bisa memanfaatkan komunikasi yang sudah terjalin melalui tanggapanmu yang cepat kepada pelanggan untuk sekaligus menginfokan promosi-promosi terkini.

Sehingga pelanggan akan senang karena mendapatkan promo dan bisa jadi akan berbelanja semakin banyak dan semakin sering.

Ternyata, jadi seller yang fast respon banyak keuntungannya ya? Masih mau malas-malas mengecek chat dari pelanggan atau lama balas pesan?

Memang untuk menjadi seller yang fast respon membutuhkan motivasi dari dalam diri untuk menjadi lebih rajin. Ketelatenan juga dibutuhkan dalam menjawab pertanyaan dari pelanggan yang macam-macam.

Namun yang jelas, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan mencetak penjualan dengan menjadi fast respon ya. Ntar nyesel loh kalah saing sama seller lain yang lebih gercep.

——

Selain menjadi seller yang fast respon, kamu juga bisa meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan program khusus dari e-commerce, seperti program Promosi Produk dari Lazada!

Produkmu akan dilihat oleh lebih banyak pelanggan di Lazada yang paling relevan, yaitu pengunjung yang memang sedang mencari produk tertentu dan cenderung akan mengklik produkmu dan membelinya.

Bahkan agar bisnismu makin efektif, kamu hanya perlu membayar jika produkmu berhasil di klik oleh pelanggan! Penjualan dapat dimaksimalkan dengan budget sesuai kebutuhan.

Kembangkan bisnismu dengan menjadi Seller Lazada dan jadikan bisnismu #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
trik psikologi marketing

7 Trik Psikologi Marketing Agar Konsumen Tertarik Beli Produkmu!

Businesswoman,Pressing,Face,Emoticon,On,The,Keyboard,Laptop,

Apa Itu Evaluasi Usaha? Kenali Juga Tujuan dan Cara Melakukannya

NextTopSeller_Challenge-KV

Lazada Next Top Seller, Jualan di Lazada Bisa Raih Ratusan Juta

cara menggunakan chatgpt

Simpel! Cara Menggunakan ChatGPT yang Gampang untuk Dipahami

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users