desain kemasan

Daftar Isi

Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Ampuh Menarik untuk Pembeli

Daftar Isi

Desain kemasan yang menarik dapat menjadi poin tambahan untuk sebuah produk. Tidak hanya menjadi pembungkus produk, namun kemasan bisa menjadi sumber informasi terkait produk, hingga alat untuk menguatkan alasan pembelian. 

Sebuah produk biasanya memiliki karakteristik kemasan tersendiri. Mulai dari desain yang terlihat simpel, hingga yang cukup rumit dengan banyak detail, semua punya ciri dan tujuannya masing-masing.

Meskipun kemasan ini berada di bagian luar produk, namun desain yang menghiasinya bisa memberikan dampak cukup besar bagi bisnis. Di antaranya, dapat meningkatkan daya tarik serta minat beli pelanggan. 

Lalu, apa saja manfaat dari desain pada kemasan produk dan bagaimana cara membuatnya? Selengkapnya akan dibahas pada artikel ini, jadi simak sampai habis ya!

 

Mengapa Harus Membuat Desain Kemasan Produk?

Dalam menjalani suatu bisnis atau usaha, banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan supaya produk yang dijual terlihat menarik untuk pembeli. Salah satunya melalui desain pada kemasan produk yang unik.

Desain kemasan produk ini terdiri dari unsur struktur, bentuk, dan warna kemasan serta dilengkapi dengan informasi produk yang dipasarkan. Desain juga dapat mempengaruhi citra bisnis atau usaha yang dijalankan.

Pembeli atau pelanggan biasanya pertama kali melihat produk dari desain kemasannya. Mulai dari desain visual produk hingga informasi yang dimuat dalam desain packaging tersebut.

Adapun keuntungan desain kemasan produk bagi bisnis, salah satunya yaitu, dapat menunjukkan identitas brand dan kesan yang ingin ditampilkan dari produk. 

Selain itu, desain kemasan yang menarik juga dapat menjadi ciri khas yang kuat dari sebuah produk. Di antaranya, produk menjadi lebih gampang dikenali oleh pembeli dibanding dengan produk pesaing.

Ini juga dapat meningkatkan estetika serta nilai produk di mata pembeli atau pelanggan. Produk yang memiliki kemasan yang menarik dan kreatif cenderung lebih laku dipasaran.

Maka dari itu, membuat desain untuk kemasan produk perlu dicoba bagi kamu yang ingin memulai usaha dan yang sedang menjalankan suatu usaha.

Nah, sebelum mencetak desainnya, tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara membuatnya. Setelah ini akan dibahas cara membuat desain kemasan produk yang menarik untuk pembeli!

 

Baca juga: 10 Kemasan Ramah Lingkungan yang Cocok untuk Bisnis!

 

Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat desain kemasan produk yang menarik untuk usaha kamu. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Membuat desain yang sederhana

Langkah pertama supaya produk terlihat menarik adalah dengan membuat kemasan yang sederhana dan minimalis. Desain yang sederhana justru lebih elegan serta terlihat lebih unik dan menarik bagi pembeli. 

Pilihan bentuk, struktur, ilustrasi, dan warna yang sederhana dapat menghadirkan kesan yang “wow” daripada desain ramai yang terlihat terlalu rumit.

2. Desain disesuaikan dengan target pasaran  

Target pasar menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan saat membuat desain kemasan produk. Sebab kemasan produk harus disesuaikan dengan karakter dari konsumen yang menjadi targetnya.

Hal ini akan menentukan bagaimana konsep yang pas dalam pembuatan desain. Mulai dari pemilihan warna hingga material yang diperlukan.

Misalnya, target pasarnya adalah perempuan feminim yaitu desain dengan pemilihan warna pastel dan untuk laki-laki dengan pemilihan warna gelap.

3. Penulisan informasi yang singkat dan jelas

Pada umumnya, dalam desain kemasan juga memuat informasi produk. Pemilihan ukuran maupun jenis font tulisan pada desain juga perlu diperhatikan agar pembeli yang melihatnya dengan mudah memahami produk tersebut. 

Selain itu, perhatikan juga bagaimana penulisan merek produk, informasi produk, hingga tambahan keterangan lainnya seperti nutrition fact atau bahan (ingredients) yang terkandung dalam produk.

4. Membuat bentuk kemasan yang fungsional

Selain terlihat menarik, kamu juga dapat membuat kemasan yang fungsional. Dengan arti, selain kemasan tersebut dapat menjaga kualitas produk dengan baik dan juga dapat dengan mudah untuk dibawa.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat kemasan yang fungsional, di antaranya karakteristik produk yang akan dikemas dan minat dari konsumen itu sendiri.

5. Pemilihan bahan yang tepat

Selain desain, memilih bahan bakunya produk juga harus diperhatikan. Kamu harus mengenali betul produk yang akan dikemas, apakah sudah cocok dengan bahan kemasan yang dipilih atau belum. 

Sebelum melakukan pengemasan atau pencetakan, kamu juga harus memperhatikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Misalnya, produk sabun cair harus dengan bahan plastik yang tidak mudah rusak dan bocor.

Jika produkmu adalah makanan atau minuman yang panas, maka kemasannya harus mampu melindungi konsumen dari panas produkmu.

 

Baca juga: 7 Cara Packing Barang Pecah Belah, Hindari Kerusakan Parah!

 

——

Itulah beberapa hal tentang faktor penting dan cara membuat desain kemasan produk yang menarik. Bagaimana? Ternyata tidak sulit kan cara membuat desain kemasan produk yang menarik untuk pembeli.

Desain yang sederhana, unik, dan fungsional akan mampu memperindah packaging dan produk kamu loh. Maksimalkan desain kemasan produk yang menarik dan kreatif untuk meningkatkan citra brand di pasaran juga.

Agar bisnismu makin dikenal banyak orang dan dapat banyak pelanggan, gabung jadi seller Lazada aja! 

Daftar jadi seller di Lazada gratis tanpa pungutan biaya dan kamu bakal dapat banyak info serta tips berjualan online. Jadilah seller di marketplace terbesar se-Asia Tenggara ini. 

Cukup klik di sini untuk daftar jadi seller di Lazada dan buat usahamu makin #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
thrift shop

Mau Buka Usaha Thrift Shop? Pahami Ini Dulu untuk Persiapannya

Gratis biaya komisi live streaming di Lazada

Dongkrak Penjualan, Seller Baru Dapat Gratis Komisi Live Streaming!

Makanan Ringan Khas Lebaran

Kiat Memasarkan & Jualan Makanan Ringan Khas Lebaran ke E-Commerce

nama toko online

Tips Memilih Nama Toko Online

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users