cuci gudang

Daftar Isi

5 Manfaat Menggelar Cuci Gudang untuk Toko Online, Apa Saja?

Daftar Isi

Cuci gudang atau clearance sale merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat untuk mendapatkan barang impian dengan harga murah. Namun apakah seller memperoleh manfaat atau keuntungan tertentu saat mengadakan promo ini? 

Dalam dunia pemasaran bisnis, strategi promosi cuci gudang dinilai efektif untuk mendongkrak jumlah penjualan sebuah usaha, termasuk toko online. Di saat yang sama, seller juga bisa mengurangi jumlah stok barang di gudang sehingga biaya maintenance jadi lebih hemat. 

 

Apa Arti Promo Cuci Gudang? 

Sebagai seller sekaligus konsumen, kamu mungkin sudah tahu bahwa arti promo cuci gudang adalah strategi untuk menghabiskan stok barang dagangan yang tersimpan lama di gudang. Umumnya seller memilih strategi ini supaya bisa menekan angka kerugian.

Setiap seller pastinya menyediakan stok barang untuk memenuhi permintaan pelanggan. Tetapi terkadang stok tersebut tidak terjual sampai habis sehingga menumpuk dan memenuhi gudang penyimpanan. 

Penumpukan stok barang bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti tren yang sudah berganti, minat konsumen sudah menurun, dan lain sebagainya. Jika sudah begini, kamu harus segera menyediakan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen. 

Cuci gudang biasanya dipilih sebagai strategi untuk menghabiskan stok produk lama yang sudah tidak kurang diminati oleh konsumen. Dengan begitu, penjualan akan meningkat dan tidak ada lagi penumpukan barang di gudang. 

 

Manfaat Cuci Gudang yang Bisa Kamu Dapatkan 

Arti promo cuci gudang sangatlah penting bagi seller. Strategi promo tersebut memiliki beberapa manfaat yang sangat menguntungkan, seperti berikut ini: 

1. Mempermudah pengelolaan stok 

Strategi cuci gudang bisa membantu mengurangi jumlah stok yang terlalu banyak dan mencegah penumpukan barang yang dapat menyebabkan kerugian. Dengan begitu, gudang dapat dioptimalkan untuk stok yang lebih baru dan lebih cepat terjual.

2. Menambah pendapatan

Menjual stok lama dengan harga diskon masih dapat menghasilkan pendapatan tambahan. Ini tentunya lebih bermanfaat daripada menyimpan barang tertentu dalam jangka panjang.

3. Menghindari kerugian

Barang yang dibiarkan terlalu lama di gudang dapat mengalami depresiasi nilai akibat perubahan tren pasar atau perkembangan teknologi. Dengan menjualnya secara cepat melalui clearance sale, kamu dapat menghindari kerugian ini.

4. Meningkatkan brand image

Diskon besar atau penawaran khusus pada barang yang dijual sebagai bagian dari strategi cuci gudang dapat memberikan kesan positif pada pelanggan. Hal ini secara otomatis dapat meningkatkan brand image bisnismu.

5. Meningkatkan daya tarik penjualan

Penawaran diskon dan promosi khusus clearance sale dapat menarik perhatian konsumen dengan mudah. Mereka akan terdorong untuk berbelanja dan meningkatkan volume penjualan.

 

Cara Menetapkan Harga Cuci Gudang

Selain menentukan produk yang akan ditawarkan, kamu juga harus merencanakan harga cuci gudang untuk meminimalisir kerugian. Sebaiknya, harga yang ditetapkan adalah nominal yang bisa menarik minat konsumen tapi tetap tidak merugikan bisnismu.

Langkah-langkah menetapkan harga cuci gudang yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Hitung biaya yang terkait dengan barang yang ingin dipromosikan. Termasuk biaya pembelian, penyimpanan, dan biaya lainnya. 
  • Evaluasi nilai aktual dari barang-barang tersebut. Bila barang memiliki nilai yang tinggi atau masih relevan, kamu masih bisa menetapkan harga yang relatif tinggi. Bila ternyata nilai barang turun, kamu bisa menawarkan diskon yang lebih besar.
  • Periksa harga pasar dan analisis pesaing. Cari tahu yang ditawarkan pesaing untuk barang serupa. Ini akan membantu kamu menentukan apakah harga tersebut dapat bersaing atau tidak.
  • Pilih apakah akan memberikan diskon dalam bentuk persentase (misalnya, diskon 50%) atau harga tetap (misalnya, semua barang hanya Rp50.000). 
  • Pertimbangkan untuk membuat bundling produk atau penawaran khusus, seperti “Beli satu, dapatkan satu gratis” atau “Beli dua, dapatkan diskon tambahan”. Ini dapat meningkatkan minat pelanggan.

 

Kalau sudah mendapatkan harganya, jangan lupa untuk menerapkan batas waktu promo. Memberikan sense of urgency dapat mendorong konsumen untuk segera berbelanja. Jadi sangat sesuai dengan tujuan cuci gudang untuk menghabiskan stok barang dengan cepat.

Dengan memahami mengenai strategi cuci gudang, bisa mempermudah meningkatkan penjualan dan profit toko online milikmu. Strategi clearance sale ini juga bisa kamu optimalkan melalui e-commerce sebagai salah satu metode campaign

Sebagai e-commerce populer, Lazada menawarkan pilihan campaign yang bisa menyesuaikan dengan tujuanmu, termasuk menggelar promo clearance sale.  Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai cara daftar campaign di Lazada dengan mudah bila sudah terdaftar sebagai seller. 

Bagaimana bila belum terdaftar sebagai seller Lazada? Tidak perlu khawatir, cara daftarnya mudah dan cepat. Kamu bisa mendaftar dengan cara klik di sini. Praktis, kan?

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
apa itu afiliasi seller

Apa Itu Afiliasi Seller? Definisi, Manfaat, & Cara Kerjanya di Lazada

fast respon artinya

Alasan Kenapa Seller Harus Fast Respon Saat Berjualan Online

cara live streaming di hp

Cara Live Streaming di HP Biar Hasilnya Maksimal

Fonts,Creative,Drawing,Outline,Graphic,Concept

15 Font Keren untuk Logo Demi Bangun Branding yang Kuat

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users