contoh promosi di media sosial

Daftar Isi

5 Contoh Promosi di Media Sosial Ampuh Tingkatkan Penjualan

Daftar Isi

Promosi melalui media sosial merupakan hal yang harus dilakukan oleh seller karena dapat memperluas pangsa pasar. Jika kamu merasa belum punya ilmunya, tenang saja, sebab sekarang ada banyak contoh promosi di media sosial yang bisa menjadi referensi. 

Dengan pertumbuhan pengguna yang terus meningkat di dalam negeri, media sosial sudah bukan lagi sekedar tempat bersosialisasi dengan kerabat. Lebih dari itu, platform-platform tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis. 

Bicara tentang berbagai contoh promosi di media sosial, tidak akan terlepas dari cara komunikasi. Sebab cara komunikasi ini berpengaruh besar pada metode promosi yang dilakukan. Bila keliru, hasil yang didapatkan tidak bisa maksimal.

 

Media Sosial Sebagai Media Promosi, Apakah Efektif?

Media sosial, sebagai medium tempat berinteraksi, berbagi, dan juga membentuk ikatan antar-pengguna memudahkan penyebaran informasi. Pengguna bisa membagikan informasi apa saja secara cepat, kreatif, dan murah. 

Dengan media sosial, seller dapat menawarkan produk atau jasa kepada ribuan orang secara bersamaan. Jadi bisa dibilang potensi media sosial sebagai media promosi memang sangat efektif.

Bagi seller, ini adalah sebuah keuntungan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Artinya strategi promosi melalui media sosial harus dibuat dengan matang dan penuh pertimbangan. Komunikasi disampaikan berulang kali dengan jelas dan mudah dimengerti.

Selain itu, konten yang ditampilkan juga harus menarik sekaligus unik. Tujuannya supaya konten tersebut mudah dikenali oleh pelanggan karena berbeda dari konten milik kompetitor lainya. 

 

Seperti Apa Cara Promosi Melalui Media Sosial yang Efektif?

Bagaimanapun efektivitas media sosial sebagai media promosi, namun kamu tidak akan bisa merasakan manfaatnya tanpa tahu cara yang tepat. Sebelum kamu mulai, kamu harus tahu benar jenis promosi yang sesuai dengan bisnismu.

Jadi, sebaiknya kamu simak dulu beberapa contoh promosi melalui media sosial di bawah ini. 

1. Giveaway

Giveaway atau memberikan hadiah gratis bisa dilakukan di media sosial dengan cara yang lebih kreatif. Ada banyak jenis giveaway yang bisa digunakan, seperti membuat tantangan, membagikan postingan, mengisi formulir, atau yang lainnya. 

Setiap jenis punya tujuan masing-masing, mulai dari meningkatkan jumlah pengikut, mengumpulkan email pelanggan, memperoleh konten dari pelanggan (UGC), hingga mendapatkan data untuk kebutuhan promosi lainnya. Kamu harus menyesuaikan tujuan dan jenis giveaway agar hasilnya efektif. 

Setelah selesai, lakukan analisis untuk mengetahui apakah tujuannya tercapai atau tidak. Cari tahu apa kekurangan yang harus diperbaiki dan harus ditingkatkan untuk konten giveaway selanjutnya. 

2. Bekerja Sama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer bisa mendatangkan keuntungan yang besar, namun cukup tricky untuk dilakukan. Sebab rawan dicap sebagai contoh promosi di media sosial yang tidak tulus oleh pelanggan. Untuk menyiasatinya, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu: 

  • Pilih influencer dengan jumlah pengikut maksimal 10.000
  • Siapkan budget khusus untuk konten ini
  • Siapkan kampanye yang sejalan dengan konten tersebut
  • Kreatif dalam membuat konsep

3. Konten dari Pengguna Media Sosial Lain (User Generated Content)

Contoh promosi di media sosial yang efektif selanjutnya adalah dengan mengandalkan konten dari pengguna media sosial lain. Jenis promosi ini sangat membantu untuk menghemat waktu dan membangun komunitas. 

Di sisi lain, pelanggan juga akan merasa punya hubungan personal dengan bisnismu. Konten mereka yang kamu bagikan merupakan penghargaan dan kebanggan bagi mereka. 

4. Bangun Awareness Melalui Komunitas Online

Sekarang ada banyak sekali komunitas online yang jumlah anggotanya mencapai ribuan. Misalnya seperti grup hobi di Facebook, forum-forum online, dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan komunitas ini untuk membangun awareness

Caranya cukup bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan bisnismu, kemudian ikut aktif dalam diskusi bersama anggota komunitas. Sebaiknya hindari mempromosikan produk secara langsung atau terlalu sering agar tidak mengganggu kenyamanan anggota lainnya. 

Fokus saja membantu menyelesaikan masalah atau memberikan informasi penting kepada anggota komunitas. Jika mereka tertarik, mereka akan menjadi pelanggan bisnismu secara sukarela. 

5. Manfaatkan Iklan Berbayar

Seperti media digital yang lain, media sosial juga menyediakan fitur iklan berbayar yang bisa digunakan oleh setiap pengguna. Fitur ini sangat membantu untuk meningkatkan keuntungan bisnis dengan cara promosi melalui media sosial.. 

Menariknya lagi, kamu bisa memilih apa tujuan yang ingin dicapai dari promosi melalui iklan berbayar ini. Misalnya, kamu ingin mendapatkan visibilitas tinggi dari target audiens tertentu secara cepat. 

Supaya tidak keliru dapat menjalankan promosi melalui iklan berbayar, sebaiknya kamu ikuti beberapa tips ini: 

  • Tentukan tujuan yang ingin dicapai
  • Tentukan target konsumennya
  • Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target konsumen
  • Buat konten yang menarik dan berkualitas
  • Gunakan kalimat ajakan yang tepat agar target konsumen tertarik melakukan pembelian
  • Tentukan budget untuk iklan

Kalau kamu masih bingung menentukan contoh promosi di media sosial yang sesuai dengan visi bisnismu, kamu bisa mencari informasi promo dari sumber lainnya. Seperti Macam-Macam Promo di Lazada. Ada berbagai info mengenai promosi di Lazada yang bisa kamu dapatkan.  

Tentunya akan sangat berguna untuk menentukan promosi apa yang tepat untuk toko onlinemu. Promosi yang tepat dan efisien akan sangat berpengaruh pada meningkatnya penjualan. Jadi, sebaiknya segera daftarkan tokomu sekarang dengan cara klik di sini, ya!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
fitur toko online

10 Fitur Toko Online yang Wajib Ada untuk Bisnis Anda

Woman,Taking,A,Photo,Of,An,Article,Of,Clothing,To

Baru Mulai? Ikuti 6 Cara Jualan Baju Online untuk Pemula

cara menjadi pengusaha sukses

10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Depan dan Kriteria yang Harus Dimiliki

cara membuat harga coret

Cara Membuat Harga Coret di Lazada, Bisa Dilakukan dengan Mudah!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users