contoh mind mapping

Daftar Isi

5 Contoh Mind Mapping Sederhana, Rancang Strategi Bisnis yang Detail

Daftar Isi

Dalam berbisnis, kamu perlu memikirkan rencana bisnis dengan matang dengan melihat beberapa contoh mind mapping yang tersebar di internet.

Melalui mind mapping, kamu bisa memetakan cara berpikir dengan baik dari A-Z sehingga hal ini mampu membuat strategi dasar bisnismu semakin kokoh.

Di sisi lain, mind mapping juga akan membantumu untuk berpikir sesuai jalur. Maksudnya, kamu tidak perlu membuang-buang waktu memikirkan yang tidak masuk ke dalam strategi bisnis yang sedang kamu rencanakan.

Lantas, apa saja isi dari mind map? Bagaimana langkah membuatnya dengan dan benar untuk rencana bisnis? Mari kita simak bersama-sama!

 

Apa Itu Mind Mapping?

Secara garis besar, mind mapping adalah teknik yang digunakan untuk membuat suatu perencanaan strategi bisnis dengan mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk kerangka yang teratur supaya mudah dalam menganalisis suatu masalah.

Dalam pembuatannya, mind mapping biasanya menggunakan visual-visual yang menarik supaya kita bisa mengidentifikasi ide, strategi dan masalah satu per satu dengan optimal.

Langkah ini penting untuk diaplikasikan dalam membuat strategi bisnis online kamu. Sebab, kamu bisa mengidentifikasi strategi yang tepat, masalah yang dialami bisnis kamu, serta ide-ide baru yang bisa meningkatkan bisnismu dalam jangka waktu panjang.

Saat membuat mind mapping, kamu bisa melakukan diskusi dengan tim ataupun meminta bantuan kepada orang-orang terdekat untuk mendapatkan insight baru.

Lalu, apa saja isi dari mind map?

Dalam sebuah mind mapping, biasanya berisikan gagasan-gagasan pokok yang dikemas di dalam suatu visual.

Kamu bisa mengatur visualnya sedemikian rupa, bisa berupa kotak, lingkaran, atau bentuk lainnya yang sekiranya sesuai dengan selera kamu.

Baca juga: Strategi Gaet Lebih Banyak Customer Melalui Media Sosial Bisnis

 

Contoh-contoh Mind Mapping yang Simpel dan Menarik, Bisa Kamu Coba

Pada dasarnya, langkah membuat mind map yaitu, kamu perlu menentukan topik utamanya terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu akan tahu sub topik apa saja yang bisa dimasukkan untuk semakin mengembangkan kerangka pemikiran kamu di dalam mind mapping.

Sebagai gambaran, berikut ada beberapa contoh mind mapping yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Flow Map

Contoh mind mapping yang satu ini sangat populer digunakan oleh banyak orang. Modelnya yang simpel membuat contoh ini mudah untuk dipahami.

Ciri khas dari flow map ialah menyusun ide dengan kolom yang bercabang-cabang, dari topik utama, lalu bersambung ke sub topik.

Dalam pembuatannya, kamu bisa menjadikan flow map dengan bentuk vertikal ataupun horizontal, tergantung sesuai selera.

Dengan contoh ini, kamu bisa mengidentifikasi ide serta masalah bisnis online dengan maksimal. Di sisi lain, mind mapping ini juga akan memudahkanmu saat mempresentasikannya kepada orang lain.

2. Circle Map

Beda halnya dengan flow map, circle map biasanya dibuat dengan bentuk-bentuk lingkaran yang di dalamnya diisi gagasan ide.

Contoh ini cocok dipakai apabila kamu sedang mengelompokkan ide yang cukup banyak secara detail.
Circle map tidak bercabang layaknya flow map, melainkan dibuat dengan bentuk lingkaran yang tersebar dalam satu area.

Sebagai contoh, kamu ingin mengelompokkan suatu strategi bisnis online di media sosial. Kamu bisa membuat beragam lingkaran yang berisi apa saja strategi yang bisa diaplikasikan untuk meningkatkan penjualan sesuai dengan tujuannya, seperti awareness ataupun conversion.

3. Bubble Map

Sama seperti namanya, contoh mind mapping yang satu ini memiliki bentuk gelembung, di mana gelembung utama yang berisikan topik utama diletakkan di tengah-tengah.

Kemudian, dari gelembung itu akan disambungkan ke gelembung-gelembung lainnya untuk mengidentifikasi sub topik yang lainnya.

Sebagai contoh, kamu memiliki ide utama dalam mengatur strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis online.

Di gelembung tengah, kamu bisa menuliskan digital marketing, kemudian menyambungkan ke gelembung lainnya dengan beragam strategi digital marketing yang bisa diimplementasi, seperti email marketing, media sosial, SEO, dan lain-lain.

Melalui contoh yang satu ini, kamu bisa mengerucutkan ide dengan matang sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

4. Mind Mapping Estetik

Mungkin, sebagian orang menginginkan mind mapping yang dibuat terlihat estetik sehingga memenuhi kepuasan pribadi.

Jika kamu termasuk ke dalam kategori orang di atas, tidak ada salahnya untuk membuat mind mapping estetik.

Biasanya, contoh mind mapping yang satu ini mengutamakan kombinasi visual serta warna yang menarik supaya peta pemikiran terlihat penuh estetik. Jadi, ketika kamu mempresentasikan gagasan ide pokok, maka kamu bisa menampilkan tampilan mind mapping yang cantik.

Dengan begitu, maka tidak menutup kemungkinan orang-orang yang mendengar presentasimu akan semangat karena melihat mind mapping yang bagus.

5. Mind Mapping Pohon

Mind mapping ini juga cukup populer di kalangan para pebisnis. Bagaimana tidak, mind mapping pohon terlihat mudah dimengerti dengan bentuk pohon sebagai bahan dasar utamanya.

Ide-ide yang kamu tuangkan nantinya akan ditulis di setiap cabang pohon yang tersedia. Meski demikian, dibutuhkan kreativitas yang tinggi untuk membuat contoh mind mapping yang satu ini terlihat menarik untuk dipresentasikan.

Kamu harus memaksimalkan setiap cabang yang ada dengan beragam strategi yang harus dituangkan guna meningkatkan penjualan bisnis online.

——
Demikian pengertian mengenai mind mapping dan apa saja contoh mind mapping yang bisa dijadikan referensi untuk kamu.

Supaya kamu mampu membuat strategi analisis yang detail dan jelas, sebaiknya kamu mulai mempelajari cara bisnis analisis yang menarik melalui modul Bisnis Analisis yang disediakan oleh Lazada.

Melalui modul tersebut, kamu akan belajar banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk melakukan analisis bisnis di toko online Lazada.

Fitur-fitur tersebut seperti Trafik Pengunjung untuk meningkatkan jumlah pengunjung, Tingkat Konversi untuk meningkatkan tingkat konversi hingga Pantau Performa di BA untuk melihat hasil kinerja toko.

Buat kamu yang sudah punya toko online, tetapi belum mendaftarkan diri menjadi Seller Lazada, kamu juga bisa langsung mendaftarkan diri di sini!

Di Lazada, kamu bisa menjangkau target pasar yang luas serta transaksi dijamin aman dan terpercaya.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Produk Skincare Usia 30 Tahun

Inilah Produk Skincare Usia 30 Tahun Ke atas yang bisa Kamu Jual di Marketplace

cara meningkatkan penjualan

6 Cara Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Onlinemu

Screenshot 2022-05-05 214634

7 Tips Mengembangkan Bisnis Online dari Para Perempuan Pemenang Lazada Forward Women Awards 2022

apa itu qris

Apa Itu QRIS? Begini Cara Menggunakan & 4 Manfaatnya!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users