Daftar Isi

5 Cara Packing Paket yang Simpel, Barang Sampai Tanpa Rusak!

Daftar Isi

Jualan online terasa akan meningkat pesanannya ketika ada Mega Campaign tanggal kembar, seperti momen 11.11 atau 12.12. Meski menguntungkan, kamu juga perlu memperhatikan cara packing paket yang efektif supaya barang diterima dengan kondisi aman dan tepat waktu.

Seringkali paket menumpuk di satu tempat karena jumlah pemesan yang banyak dan kita tidak mengerti bagaimana cara packing paket online shop yang baik dan aman.

Terlebih, apabila sedang ada campaign tanggal kembar. Jumlah pesanan meningkat drastis dan paket berpotensi untuk menumpuk di satu tempat saja.

Selain membatasi ruang gerak kamu, paket-paket tersebut juga perlu dikirimkan sesuai tenggat waktu supaya konsumen tidak protes karena paketnya datang terlambat.

Oleh karena itu, kita perlu memahami bagaimana cara packing barang atau paket yang efektif dan efisien untuk menghindari jumlah paket yang terlalu banyak saat campaign tanggal kembar.

Cara Packing Paket yang Efektif saat Campaign Tanggal Kembar

Cara Packing Paket yang Simpel dan Aman

1. Identifikasi jenis barang terlebih dahulu

Produk jualan kamu mungkin berisi berbagai macam barang, mulai dari barang pecah belah, barang tipis seperti kertas, hingga barang yang sangat besar seperti lemari kayu, cermin dan lain-lain.

Sebelum melakukan packing barang, kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu apa jenis barang tersebut. Pasalnya, semakin besar atau berat suatu barang, otomatis proses packing akan memakan waktu yang cukup banyak.

Untuk memudahkan pengidentifikasian barang, kamu perlu memerhatikan material barangnya.

Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan ukuran barang tersebut untuk menentukan kira-kira butuh bungkus packing yang besar atau kecil.

Jika sudah mengidentifikasi semua barang yang hendak dikemas, kamu bisa memulai terlebih dahulu dari barang yang berat atau ringan sesuai dengan keinginan.

Dengan begitu, maka kamu bisa memperkirakan proses packing barang dan dapat mengirimkannya tepat waktu ke jasa pengiriman.

2. Pisahkan barang sesuai kategorinya

Supaya mempermudah dalam proses pengiriman ke jasa pengirim, cara packing paket yang bisa kamu terapkan yaitu, memisahkan barang-barang pengiriman sesuai dengan kategorinya.

Seperti apa maksudnya? Setelah semuanya terbungkus dengan rapi, pisahkan barang-barang rawan pecah, barang kecil, dan barang lainnya sesuai jenis.

Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya kerusakan ataupun kehilangan.

3. Bungkus produk berlapis dan menggunakan bubble wrap

Untuk membuat produk aman sampai ke tujuan, sebaiknya bungkus produk secara berlapis, entah itu menggunakan kardus ataupun plastik-plastik.

Selain itu, tambahkan juga bubble wrap untuk meminimalisir kerusakan barang. Supaya semakin membuat produk aman, masukkan bantalan di dalam kardus pembungkus.

Bantalan bisa dipakai dengan berbagai macam jenis, seperti koran, potongan kertas, styrofoam dan lain-lain.

Baca juga: 10 Kemasan Ramah Lingkungan yang Cocok untuk Bisnis!

4. Segel paket dengan aman

Cara packing paket yang terakhir yaitu memastikan bahwa bungkusan paket sudah tersegel dengan aman dan rapi.

Untuk penyegelan yang optimal, kamu bisa menggunakan lakban putih atau hitam supaya paket tidak keluar-keluar saat dikirimkan ke alamat penerima.

Lakban di setiap tepi kardus untuk keamanan paket yang lebih ekstra. Dengan begitu, maka paket tidak bisa dibuka secara sengaja maupun tidak disengaja.

5. Tulis nama dan alamat penerima dengan benar

Supaya tidak salah alamat dan penerima, pastikan semua paket yang hendak dikirimkan dituliskan nama dan alamat penerima. Perhatikan dengan teliti setiap barang dan nama penerimanya. 

Jangan sampai salah menuliskan nama dan alamat sehingga membuat customer menerima barang yang tidak sesuai dengan pemesanan.

Tulis alamat secara spesifik supaya memudahkan pengantar paket nantinya. Selain itu, masukkan juga nomor handphone penerima.

Tips Aman Pengiriman Paket agar Berjalan dengan Lancar

Cara Packing Paket yang Simpel dan Aman

1. Lakukan pengemasan lebih awal

Supaya pesanan diterima tepat waktu oleh pelanggan, kamu bisa melakukan pengemasan paket lebih awal.

Untuk lebih cepat dalam pengemasannya, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu SKU yang paling laris, kemudian lakukan pengemasan di awal untuk produk tersebut.

Dengan begitu, maka pesanan jadi bisa datang tepat waktu dan membuat kepuasan pelanggan semakin meningkat terhadap pelayanan bisnismu.

2. Bagi tim dalam proses pengemasan dan pengiriman

Kerja sama tim dalam pengemasan serta pengiriman berperan penting agar paket sampai tepat waktu.

Oleh karena itu, lakukan pembagian tim berdasarkan fungsinya. Sebagai contoh, ada tim yang khusus untuk pengemasan barang, pengiriman paket ke jasa kurir, dan ada juga tim yang bertugas untuk melakukan QC atau Quality Control terhadap paket.

Dengan demikian, maka proses pengemasan dan pengiriman akan jadi lebih efektif dan efisien.

3. Gunakan teknologi printer thermal dan scanner barcode

Teknologi printer thermal berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dari proses pemenuhan pesanan. 

Selain itu, teknologi ini juga bantu mempersingkat waktu proses pengemasan dan pengiriman karena mampu menghilangkan kebutuhan memotong ukuran resi/label dengan ukuran yang pasti.

Gunakan juga scanner barcode untuk mempercepat proses pemenuhan, daripada harus mengetik satu per satu nomor resi jadi membuat waktu.

4. Beri pengalaman yang berbeda kepada customer

Untuk meningkatkan hubungan antara customer, kamu bisa memberikan pengalaman yang berbeda dalam pengiriman paket, seperti memberikan tanda terima kasih dalam bentuk kertas, stiker, ataupun hadiah-hadiah kecil lainnya yang membuat customer senang.

Jangan lupa juga untuk membuat kemasan paket terlihat unik agar customer merasa puas dan bangga telah membeli produk bisnis dari kamu.

Proses Pengiriman Pesanan di Lazada

Lazada selalu memberikan kenyamanan terbaik bagi Seller maupun customer

Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah atau ingin menjadi Seller di Lazada, sebaiknya perhatikan beberapa panduan proses pengiriman di Lazada di bawah ini supaya pesanan bisa sampai dengan aman dan cepat ke pelanggan.

Berikut alur proses pengiriman pesanan di Lazada:

  • Cek stok barang, pastikan tidak ada barang fisik yang jumlah stoknya tidak sesuai dengan yang dipaparkan di marketplace. Periksa juga kualitas barang apakah masih layak untuk dikirimkan atau sudah rusak.
  • Terima pesanan di Seller Center, cek pesanan baru secara berkala. Sebisa mungkin prioritaskan pesanan dengan SLA Pengiriman Tepat waktu yang paling mendesak. Kamu akan menerima notifikasi setiap kali ada pesanan baru datang.
  • Print, pilih dan packing pesanan, cetak resi pengiriman dan jangan sampai salah dalam menaruhnya. Pastikan barang yang dikirim sesuai nama dan alamat pengirim masing-masing.
  • Berikan ke kurir, sebelum memberikan, sebaiknya kamu cek terlebih dahulu barcode dalam resi, packaging dan lain-lain. Kurir tidak bisa menerima paket jika barcode tidak terbaca.
  • Pengiriman, Setelah paket diterima oleh kurir dan barcode telah di-scan, maka status akan berubah menjadi Transit to Ship.

Itu dia proses pengiriman pesanan di Lazada yang perlu diketahui oleh Seller baru ataupun lama.

Kamu belum jadi Seller Lazada? Yuk, daftar dari sekarang! Transaksi di Lazada dijamin aman dan cuan, lho. Segera gabung jadi seller di sini dan kembangkan performa tokomu agar bisa ikut Mega Campaign promo tanggal kembar di Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara live streaming di hp

Cara Live Streaming di HP Biar Hasilnya Maksimal

penyebab-bisnis-gagal-di-tahun-pertama-dan-solusinya

Ini Penyebab Bisnis Gagal yang Paling Umum di Tahun Pertama & Solusinya

aplikasi edit video

Aplikasi Edit Video Apa Saja? Ini Rekomendasinya agar Promosimu Menarik

apa itu landing page

Apa Itu Landing Page dan Manfaatnya untuk Toko Onlinemu!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users