cara meningkatkan penjualan

Daftar Isi

6 Cara Meningkatkan Penjualan untuk Bisnis Onlinemu

Daftar Isi

Bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online?  Mungkin ini adalah satu pertanyaan yang paling sering muncul di pikiran para seller. Langkah apa yang perlu dilakukan agar penjualan meningkat? Bagaimana strategi yang diperlukan agar penjualan bisa stabil dan tidak turun? dan masih banyak lagi pertanyaan serupa.

Angka penjualan yang tinggi akan berpengaruh pada pertumbuhan bisnis. Dengan memahami cara meningkatkan penjualan, seller dapat memperluas bisnis mereka, menjangkau pasar yang lebih luas, dan meraih lebih banyak pelanggan potensial.

Bukan itu saja, penjualan yang terus meningkat memastikan kestabilan keuangan bisnis. Dengan memahami strategi peningkatan penjualan, artinya seller juga sudah menerapkan cara meningkatkan omset penjualan yang berguna untuk evaluasi bisnisnya. 

 

6 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Mudah dan Jitu 

Dunia e-commerce sangat kompetitif. Seller yang dapat meningkatkan penjualan dengan persaingan yang ketat. Sebagai seller, kamu juga perlu memahami cara meningkatkan penjualan yang tepat untuk bisnismu.

Tenang, tidak semua cara meningkatkan penjualan online itu sulit dilakukan. Ada beberapa cara yang ternyata mudah tapi cukup jitu hasilnya. Ini beberapa di antaranya. 

1. Buat deskripsi produk yang menarik

Deskripsi produk yang menarik dapat menjadi faktor pendorong pada penjualan online. Sorot fitur-fitur unggul produk yang ada di toko online milikmu. Jelaskan dengan jelas apa yang membuat produk tersebut berbeda dari yang lain.

Jelaskan fungsi atau manfaat produk secara jelas. Kamu bisa menggunakan kata-kata yang membangkitkan emosi positif atau memicu rasa ingin memiliki. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis, kecuali jika produk tersebut memang ditujukan untuk pasar tertentu. 

Hindari juga membuat deskripsi yang terlalu panjang dan rumit. Sebaiknya gunakan jenis kalimat yang singkat, padat, mudah dimengerti, tapi tetap menarik.

2. Foto produk yang berkualitas tinggi 

Cara meningkatkan penjualan berikutnya adalah dengan membuat foto produk yang berkualitas tinggi. Jika anggaran memungkinkan, pertimbangkan menggunakan jasa fotografer profesional untuk mengambil gambar produk berkualitas tinggi. 

Pastikan foto yang diambil dapat secara akurat merepresentasikan produk. Karena sudah banyak cerita mengenai pembeli yang kecewa karena produk asli tidak sesuai dengan gambar. Kamu tentu tidak ingin ini terjadi pada bisnismu, kan?

3. Layanan pelanggan yang profesional

Pelanggan menghargai layanan yang ramah dan cepat dalam menanggapi keluhan. Layanan pelanggan merupakan faktor kunci dalam menentukan apakah seseorang akan membeli produk yang kamu tawarkan atau tidak.

Sertakan nomor telepon, email, dan tautan obrolan lainnya di situs web atau bio toko online milikmu. Tujuannya adalah agar pelanggan tahu cara menghubungi kamu dengan mudah. Selain itu, tambahkan kolom Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) di situs web.

Ketika ada pelanggan yang menghubungi, tanggapi dengan segera. Gunakan kesempatan ini untuk membangun hubungan yang baik dengan sebanyak mungkin pelanggan.

4. Aktif di media sosial

Aktif di beberapa media sosial seperti WhatsApp (WA), Instagram, atau TikTok dapat menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan produk. Membagikan konten menarik di media sosial akan memudahkan pelanggan baru untuk menemukan toko online yang kamu jalankan.

5. Hubungkan toko online dengan akun media sosial

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan menghubungkan akun media sosial dengan toko online, pelanggan dapat melakukan pembelian langsung dari posting media sosial yang mereka sukai. 

Kamu bisa menempatkan tautan checkout online di postingan Instagram, TikTok, dan Facebook. Tautan tersebut akan langsung mengarahkan pelanggan ke halaman checkout

Halaman tersebut akan memudahkan mereka melakukan pembelian dengan kartu kredit, debit, atau menggunakan metode pembayaran lainnya. Ini termasuk salah satu cara meningkatkan omset penjualan yang bisa kamu terapkan.

6. Pilih platform e-commerce yang tepat 

Pemilihan platform e-commerce juga berpengaruh dalam cara meningkatkan penjualan online. e-commerce yang tepat akan menghubungkan kamu sebagai seller dengan pembeli secara lebih mudah dan praktis. Jadi, proses transaksi pembelian secara online pun bisa dilakukan dengan mudah.

Itulah sebabnya kamu harus memilih platform e-commerce dengan fitur manajemen yang mudah dipahami. Fitur yang simpel akan memudahkan pelanggan mengunjungi situs atau toko online milik kamu. 

Salah satu e-commerce yang bisa kamu percaya dalam hal ini adalah Lazada. Bukan hanya menyediakan tempat untuk bertransaksi dengan pembeli, Lazada juga akan membantu kamu dengan macam-macam bentuk promosi. Kamu bisa memilih mana bentuk promosi yang tepat untuk cara meningkatkan penjualan bisnismu. 

Dengan menjadi seller aktif di Lazada, kamu bisa mengetahui berbagai informasi mengenai promosi yang ada di Lazada. Tapi, kalau ternyata kamu belum menjadi seller di Lazada, bagaimana? Jangan khawatir. Kamu bisa langsung di sini! Jangan ditunda, ya!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Cara Membuat Logo Toko Kamu Unik

6 Cara Membuat Logo Toko Kamu Unik dan Menarik Pembeli

barter exposure adalah

Apa Itu Barter Exposure? Seller yang Mau Collab dengan Influencer Wajib Tahu!

Qr,Code,Payment.,E,Wallet

Ternyata Mudah! Ini Cara Membuat QR Code untuk Toko Onlinemu

shutterstock_1120926422

5 Peralatan Live Streaming yang Perlu Disiapkan Sebelum Promosi Produk

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users