cara mengambil keuntungan jualan baju

Daftar Isi

4 Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju serta Contoh Perhitungan Profitnya!

Daftar Isi

Jualan baju merupakan salah satu bisnis di bidang fashion yang menggiurkan dan digemari oleh banyak pengusaha. Namun sebelum memulainya, kamu perlu memahami bagaimana cara mengambil keuntungan jualan baju untuk mendapatkan profit yang maksimal.

Tanpa perhitungan yang matang, bisa jadi bisnis baju yang kita jalani tidak maksimal karena tidak mendapatkan profit yang baik di setiap bulannya. Alhasil, jualan kita hanya berhenti di situ saja dan uang habis untuk membeli stok barang saja.

Lalu, berapa persen keuntungan jualan baju yang bisa didapatkan? Semua jawaban sudah terangkum secara detail melalui artikel ini. Mari simak bersama-sama!

Cara Mengambil Keuntungan Jualan Baju

Jualan online menjadi salah satu strategi yang paling diandalkan oleh pebisnis di era digital saat ini. Apabila kamu menggunakan strategi ini, penting untuk mengetahui cara mengambil keuntungan jualan online. Berikut cara-cara yang bisa kamu terapkan:

1. Menentukan Profit pada Setiap Produk

Setiap produk harus ditentukan terlebih dahulu berapa profit yang akan diambil dari masing-masing penjualan.

Profit adalah jumlah uang yang didapatkan dari hasil penjualan sebuah produk. Lalu, bagaimana cara menghitung profit untuk setiap produk?

  • Profit: (penjualan bersih-biaya)/penjualan bersih x 100%

Itu merupakan rumus untuk menentukan profit. Sebagai contoh untuk perhitungannya, mari kita lihat contoh berikut ini:

Kamu memiliki bisnis baju dan sudah memiliki total penjualan sebesar 30 juta. Sedangkan biaya keseluruhan dari produk tersebut yaitu 15 juta. Dengan gambaran seperti itu, maka profit margin yang diterima adalah:

Profit= (30 juta – 15 juta)/30 juta x 100%

=15 juta/30 juta x 100%

= 50%

Jadi, melalui skema perhitungan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa profit margin untuk setiap produk baju yang dijual adalah 50%.

2. Lobi dengan Vendor Produksi

Supaya mendapatkan keuntungan yang maksimal, kamu juga perlu menerapkan strategi yang satu ini.

Lobi vendor dengan baik-baik. Tawar harga produksi dengan harga yang cukup miring sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Selain itu, tawar juga kepada vendor untuk mau memberikan diskon ketika kamu melakukan pembelian baju dengan jumlah yang banyak.

Dalam melakukan strategi ini, pastikan kamu dan vendor sama-sama menemukan solusi yang tepat bagi kedua pihak sehingga tidak ada yang dirugikan sama sekali.

3. Mengatur Biaya Operasional dengan Baik

Dalam sebuah bisnis, termasuk bisnis baju, biaya operasional merupakan jantung dari proses berbisnis. Jika tidak bergerak dengan maksimal, otomatis bisnis bisa berpotensi mengalami kebangkrutan.

Oleh karena itu, salah satu cara mengambil keuntungan jualan baju yaitu meminimalkan biaya operasional. Atur biaya operasional, mulai dari biaya modal bahan baju, gaji karyawan, hingga penyewaan tempat dengan bijaksana.

Jika kamu berjualan online, sebaiknya biaya penyewaan tempat bisa dialokasikan ke biaya yang lainnya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dari jualan baju, diusahakan untuk menekan biaya operasional dengan baik. Dalam bisnis baju, artinya kamu juga perlu melobi vendor produksi untuk mendapatkan harga terbaik.

4. Sesuaikan dengan Harga Pasar

Cara mengambil keuntungan jualan baju selanjutnya yaitu dengan menyesuaikan harga baju yang dijual dengan harga pasar.

Hal ini dilakukan guna memenangkan persaingan antar kompetitor. Apabila harga yang kamu pasang terlalu tinggi, besar kemungkinan pelanggan akan beralih ke kompetitor yang memasang harga lebih murah.

Untuk itu, lakukan riset harga pasar sebelum menjual produk baju kamu. Patok harga yang sewajarnya saja dan sesuai dengan harga pasar yang berlaku.

Contoh Perhitungan Keuntungan Jualan Baju

Nah, setelah mengetahui cara mengambil keuntungan jualan baju, kamu pasti juga bertanya-tanya, kira-kira berapa persen keuntungan jualan baju yang bisa didapatkan?

Untuk mengetahuinya, mari kita simak contoh perhitungannya di bawah ini:

Mari kita ambil untuk keuntungan profit margin dari sebuah penjualan baju yaitu sekitar 30%. Kemudian, harga beli tiap pcs baju yaitu rata-rata Rp180.000. Dengan gambaran seperti itu, maka perhitungan keuntungannya adalah:

180.000 x 30% = 54.000

Dengan perhitungan di atas, maka setiap item baju dijual dengan harga Rp234.000 untuk mendapatkan profit sebesar Rp54.000 per pcs baju.

Jika dalam sehari kamu bisa menjual 10 baju, otomatis keuntungan yang bisa kamu dapatkan sekitar Rp540.000.

Strategi untuk Mendapatkan Keuntungan Jualan Baju yang Maksimal

Tidak cuman mengetahui cara mengambil keuntungan jualan baju, kamu juga perlu memaksimalkan bisnis fashion dengan menerapkan strategi-strategi terbaik dalam meningkatkan penjualan.

Berikut ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan:

  • Memberikan pelayanan terbaik kepada customer sehingga tercipta customer loyalty
  • Menerapkan strategi marketing dari berbagai lini, mulai dari media sosial hingga offline
  • Melakukan riset terhadap target pasar yang akan dituju
  • Ikut bergabung ke komunitas pengusaha bisnis fashion agar mendapatkan relasi dan bisa membangun kerja sama antar pengusaha
  • Riset segala aktivitas marketing dari kompetitor supaya bisa menang persaingan dengan mereka
  • Mulai berjualan online untuk menjangkau pelanggan lebih luas dan mendapatkan keuntungan lebih banyak

Dalam berjualan online, kamu bisa menggunakan platform e-commerce seperti Lazada! Saat ini, Lazada lagi mengadakan kompetisi menarik yang bisa kamu ikuti, yaitu Lazada Next Top Seller.

Ikuti Kompetisi Lazada Next Top Seller

Lazada menyelenggarakan Kompetisi Penjual Lazada, untuk mulai berjualan di Lazada selama periode 21 Februari hingga 20 Maret 2023. 

Dengan tagline “Tambah Gaya Ke Jualanmu”, Lazada ingin membantu para UMKM di Bandung khususnya kategori fashion untuk belajar dan mengaplikasikan ilmunya saat membangun toko online-nya di Lazada supaya bisa meraih kesuksesan.

Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan hadiah uang tunai ratusan juta dan kredit promosi berbayar di Lazada yang bisa digunakan penjual untuk terus meningkatkan kinerja tokonya.

Lalu, apa saja syarat untuk mengikuti kompetisi ini?

  • Siapapun berpeluang untuk menjadi Lazada Next Top Seller, baik seller individu maupun pelaku bisnis yang sudah memiliki izin usaha
  • Kamu yang sudah berjualan online/offline dan belum memiliki toko di Lazada
  • Berdomisili di kota Bandung

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ikuti kompetisi Lazada Next Top Seller dan menangkan hadiah ratusan juta rupiah! Kunjungi link lzd.co/jaditopsellerbandung untuk mendaftar atau klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Sisa Stock Barang

Strategi Manfaatkan Sisa Stok Barang Agar Tidak Merugi

Screenshot 2022-05-05 214634

7 Tips Mengembangkan Bisnis Online dari Para Perempuan Pemenang Lazada Forward Women Awards 2022

shutterstock_622383194

Inilah Alasan Kenapa Seller Harus Melakukan Kolaborasi Bisnis!

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Apa Saja?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users