cara membangun kerjasama tim

Daftar Isi

Ternyata Mudah! Ini Cara Bangun Kerjasama Tim yang Solid dan Efektif

Daftar Isi

Kerjasama tim dibutuhkan untuk bisnis yang sudah berjalan cukup lama dan punya potensi pertumbuhan yang makin besar. Adanya tim dapat membantu agar proses bisnismu dapat berjalan dengan harmonis dan lancar.

Sebab, sebuah bisnis yang besar tentunya tidak dapat dilakukan olehmu sendiri. Maka dari itu, seorang pemilik bisnis juga harus mempelajari bagaimana cara membangun tim yang efektif tersebut. Cara selengkapnya akan dibahas di bawah ini

Cara Membangun Kerjasama Tim Bisnis yang Solid

Dalam membangun sebuah tim bisnis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama oleh kamu sebagai seorang seller, berikut ini selengkapnya:

1. Tujuan yang sama

Menyamakan tujuan dapat menjadi jawaban awal dari pertanyaan bagaimana cara membangun tim yang efektif. Ketika membuat tim, kamu harus pastikan seluruh anggota tim memiliki tujuan yang sama.

Samakan persepsi hingga visi dan misi sehingga arah yang akan dilewati bersama menjadi semakin jelas. Hal ini akan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan yang didasarkan pada satu tujuan.

2. Percaya satu sama lain

Dalam sebuah tim, dibutuhkan kepercayaan bahwa anggota tim mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Rasa saling percaya ini harus ditanamkan pada diri masing-masing anggota agar tim dapat berjalan dengan kompak dan solid.

3. Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan secara personal maupun tim. Rutin berkomunikasi dengan mengobrol ringan, membahas pekerjaan hingga bercanda tawa diperlukan agar anggota tim dapat menjadi lebih terbuka dalam berkomunikasi. 

4. Saling menghormati

Setiap anggota tim harus memiliki rasa hormat antara satu sama lain, dengan begitu maka mereka dapat saling menghargai. Dari sini akan tumbuh empati dan simpati kepada sesama anggota tim.

Rasa hormat ini diwujudkan dengan menghargai pendapat orang lain, tidak memotong pembicaraan, memberikan kesempatan teman untuk melaksanakan ibadah dan menghargai privasi masing-masing.

5. Pembagian tugas dan tanggung jawab yang jelas

Masing-masing anggota tim harus mendapatkan tugasnya masing-masing yang dibagi secara jelas dan adil, serta bertanggung jawab atas tugas tersebut.

Dengan begitu, pekerjaan tidak saling tumpang tindih yang dapat menyebabkan konflik dalam tim. Dengan begitu mereka dapat lebih fokus mengerjakan tanggung jawabnya sendiri-sendiri. 

6. Lakukan evaluasi

Secara berkala, lakukan evaluasi terhadap kinerja tim yang telah dilakukan. Telusuri apa faktor yang menjadi penghambat atau malah menjadi penguat kerjasama tim. 

Evaluasi ini juga berguna untuk menemukan masalah-masalah dalam tim sehingga dapat dicari solusinya secara bersama-sama.

Baca juga: Apa Itu Evaluasi Usaha? Kenali Juga Tujuan dan Cara Melakukannya

7. Bangun hubungan formal dan informal

Tim yang solid tidak hanya dibangun melalui hubungan formal saja. Perlu juga dilakukan pendekatan secara informal dalam kondisi yang lebih santai dan tidak melulu berkaitan dengan pekerjaan.

Sesekali lakukan kegiatan outing atau outbond, wisata, makan bersama, atau melakukan kegiatan di luar kantor lainnya bersama tim yang bisa menambah kehangatan hubungan sekaligus mempererat kerjasama tim.

Selain bagaimana cara membangun tim yang efektif tadi, karakter dari seorang pemimpin bisnis juga menjadi faktor yang mempengaruhi kekompakkan kerjasama tim. Apakah kamu sudah memiliki karakter tersebut?

Karakteristik Pemimpin Bisnis Agar Kerjasama Tim Jadi Solid

Karakter dari pemimpin sebuah bisnis akan dapat menentukan masa depan usahanya, termasuk kekompakkan tim yang dipimpinnya. Berikut ini karakter yang harus kamu miliki sebagai seorang pemimpin bisnis: 

1. Jujur dan peduli

Pemimpin yang bersikap jujur akan dapat dipercaya oleh karyawan sehingga karyawan dapat fokus bekerja tanpa perlu khawatir atau menaruh curiga. Kerjasama tim pun juga berjalan lebih lancar karena dapat saling terbuka.

Apalagi jika pemimpin memiliki kepedulian yang tinggi terhadap karyawannya juga. Pekerja akan lebih menghargai dan menghormati pemimpinnya karena dapat diandalkan.

2. Mampu bersikap adil

Sebagai seorang pemimpin harus berani untuk mengambil sikap yang berdasarkan keadilan. Meski pemimpin memiliki kuasa, namun tidak boleh bersikap semena-mena dan berlaku tidak adil kepada karyawan.

Pemimpin harus mampu bersikap netral dalam memandang suatu masalah dan tidak menilai berat sebelah, serta tidak membeda-bedakan pekerja. Hal ini untuk mencegah adanya kecemburuan sosial maupun gap dalam kerjasama tim.

3. Bertanggung jawab dan disiplin

Kedisiplinan perlu diterapkan agar sistem dapat berjalan dengan sesuai, sebagai pemimpin harus mampu menunjukkan contoh sikap disiplin dalam bekerja. Disiplin ini akan membentuk sebuah keteraturan dalam sistem kerja dan kerjasama tim.

Selain itu, sebagai pemimpin tertinggi yang memegang kekuasaan tidak boleh lepas tangan terhadap apa saja yang terjadi di dalam bisnis, termasuk apabila ada kesalahan yang dilakukan karyawan di bawah tanggung jawabnya.

4. Dinamis dan berani menghadapi tantangan

Dalam berbisnis, tentu akan ada banyak perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut bisa dari dalam maupun kondisi di luar bisnis. Oleh karena itu, seorang pemimpin harus bisa bersikap dinamis dalam menyesuaikan diri dengan keadaan.

Tantangan dalam bisnis juga akan terus silih berganti. Dibutuhkan keberanian yang besar dari pemimpin untuk mengambil keputusan dalam menjawab tantangan jaman, agar bisnis dapat terus maju dan berkembang.

Baca juga: 10 Cara Menjadi Pengusaha Sukses di Masa Depan dan Kriteria yang Harus Dimiliki

——

Itulah karakter pemimpin bisnis yang dapat mendukung cara membangun kerjasama tim agar menjadi kompak dan solid. Mana saja yang sudah kamu kuasai dan perlu ditingkatkan lagi?

Semoga pembahasan tentang tips cara membangun kerjasama tim dan karakter pemimpin berkualitas tadi dapat menjadi pencerahan untukmu dalam membentuk tim yang kompak.

Dengan kerjasama tim, perjuangan membangun bisnis akan terasa lebih ringan karena dipikul bersama dan tujuan pun bisa diraih dengan lebih cepat.

Dukungan lainnya juga dapat kamu terima dengan daftar menjadi Seller Lazada. Semua ekosistem bisnis sudah disiapkan untuk membantu kamu mengembangkan toko secara online. Yuk buka tokomu di Lazada agar #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
penipuan Lazada

Waspada Penipuan, Jangan Share Data Pribadi Seller Center Lazada Kamu!

apa itu afiliasi seller

Apa Itu Afiliasi Seller? Definisi, Manfaat, & Cara Kerjanya di Lazada

kata kunci adalah

Kata Kunci Adalah: Definisi, Cara Menemukan & Manfaatnya untuk Bisnis di Toko Online

cara jualan parfum agar laris

10 Cara Jualan Parfum Agar Laris Jika Mau Punya Brand Lokal Sendiri!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users