cara jualan saat libur panjang

Daftar Isi

Tetap Untung! 5 Cara Jualan Saat Libur Panjang yang Efektif

Daftar Isi

Libur panjang adalah waktu yang dinantikan oleh banyak orang. Hal ini bisa membuat perubahan perilaku konsumsi masyarakat karena mereka akan lebih fokus pada rencana liburannya.

Perubahan tersebut tentu akan berdampak pada kenaikan maupun penurunan permintaan pada sektor tertentu. Nah, agar penjualan tokomu tetap bagus bahkan semakin meningkat, terapkan cara berjualan yang efektif selama libur panjang.

Ada beberapa cara jualan saat libur panjang yang bisa kamu terapkan. Pelajari juga kesalahan apa yang sering dilakukan oleh penjual online ketika memasuki libur panjang agar bisa kamu hindari.

5 Cara Berjualan Saat Momen Libur Panjang yang Efektif

Beberapa cara meningkatkan penjualan selama liburan bisa kamu terapkan untuk menjaring lebih banyak penjualan selama masa libur panjang. Coba cara jualan saat libur panjang ini agar toko onlinemu semakin untung!

1. Perhatikan tanggal penting selama liburan

Cara jualan saat libur panjang dapat diawali dengan memperhatikan tanggal pada kalender dan mencatat hari-hari pentingnya.

Kamu harus tahu kapan liburan dimulai dan selesai, tanggal cuti bersama atau hari besar, tanggal turunnya bonus atau gajian maupun tanggal cantik seperti tanggal kembar.

Dengan mengetahui tanggal-tanggal tersebut, kamu bisa memprediksi perilaku konsumen sehingga kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk menerapkan strategi promosi.

2. Berikan promo liburan yang eksklusif dan terbatas

Jadikan momen liburan penuh kebahagiaan dengan memberikan promo khusus liburan kepada pelangganmu. Apalagi, biasanya orang akan lebih tertarik untuk melakukan pembelian jika sedang ada program promosi yang berjalan.

Berikan promo diskon khusus dengan waktu yang terbatas hanya selama liburan saja. Hal ini akan memberikan nilai urgensi pada pelanggan untuk segera melakukan pembelian.

Lalu, untuk menambah pembelian ulang, kamu bisa memberikan penawaran eksklusif lainnya khusus untuk pelangganmu yang sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.

3. Mulai lebih awal

Curi start lebih awal dengan memulai promosi khusus liburanmu bahkan sebelum liburan dimulai. Kamu bisa menerapkan sistem pre-order untuk pesanan khusus sebelum liburan, sehingga produk dapat segera diterima pelanggan di awal liburan.

Strategi ini bisa diterapkan untuk berbagai macam jenis produk. Misal untuk produk fashion, kamu bisa membuka pre-order pakaian yang bertemakan liburan. Ketika liburan tiba, produkmu sudah siap untuk digunakan oleh para pelanggan yang bertamasya.

4. Buat konten promosi khusus liburan

Berjualan online saat ini tidak bisa lepas dari yang namanya konten. Membuat konten-konten bertemakan liburan yang terkait dengan promosi produkmu adalah salah satu cara jualan saat libur panjang.

Hal ini akan membuat produkmu menjadi lebih relevan dengan keadaan sekarang dan lebih dekat dengan pelanggan. Rajin upload konten juga akan meningkatkan kehadiran produkmu di media sosial yang mana sangat penting di musim liburan.

Hal tersebut juga penting karena liburan membuat pelanggan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk dihabiskan dengan berselancar di dunia online dan menikmati berbagai konten.

5. Berikan nuansa liburan pada toko onlinemu

Cara meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan menghias tokomu dengan sentuhan dekorasi bernuansa liburan agar tokomu semakin menarik dan tidak membosankan.

Kamu bisa membuat desain banner, background atau flyer bertema liburan agar tampak lebih fresh dan sesuai tren. Buatlah bundling khusus produk yang bertema liburan maupun packaging khusus agar pelanggan semakin tertarik.

Baca juga: Produk Banyak Tidak Laku? Pakai 5 Strategi Paket Bundling Ini

Kelima cara jualan saat libur panjang di atas cukup sederhana dan mudah untuk diterapkan bukan? Manfaatkan waktu liburan panjang ini sebaik-baiknya agar peluang mendapatkan pesanan semakin besar.

Selain itu, hindari juga beberapa kesalahan klasik yang dilakukan oleh seller online. Alih-alih meningkatkan penjualan, tokomu malah bisa kalah persaingan!

Kesalahan Penjual Online Ketika Memasuki Libur Panjang

Libur panjang terkadang menjadi celah yang dilewatkan oleh penjual online. Jika kamu merasa tokomu mengalami penurunan penjualan di musim liburan, barangkali kamu telah melakukan kesalahan berikut ini!

1. Melewatkan peluang dari liburan

Sebagai seorang seller online, ketika liburan datang apakah kamu memilih untuk rekreasi dengan berjalan-jalan atau menggencarkan penjualan? Jika kamu memilih pilihan pertama, pantas saja penjualanmu ikut menurun.

Tentu manusiawi rasanya jika ingin menikmati waktu dengan berlibur. Tapi ada baiknya jika kamu berlibur setelah puncak musim liburan terlewati. Sebab, libur panjang menawarkan banyak keuntungan bagi mereka yang bisa menangkapnya.

2. Pesimis dan terlambat berinisiatif

Memandang negatif atau pesimis dengan libur panjang yang dianggap sebagai masa jenuh bisa membuat seller rugi loh. Perasaan negatif seperti pesimis akan menurunkan semangat berjualanmu dan menahanmu untuk mengambil langkah.

Ketika kamu melihat seller lain bisa mencetak untung di masa liburan dan baru mulai berinisiatif untuk membuat promosi, maka kamu sudah kalah langkah dari seller lainnya.

Meski terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, tapi ada baiknya jika kamu bisa menjaga optimisme dalam memandang setiap kondisi dan bertindak kreatif dalam mengambil peluangnya. Itulah salah satu cara berjualan yang efektif.

3. Tidak meng-update stok produk

Jangan lupa hitung kembali stok produkmu sebelum masuk masa liburan! Sayang sekali jika ditengah permintaan yang meningkat, stok produkmu malah kosong.

Buat langkah antisipasi kehabisan stok dengan menambah stok cadangan untuk masa libur panjang. Jangan lupa juga hitung ketersedian produkmu di gudang menjelang dan selama liburan yaa.

4. Kurang Memaksimalkan Promosi

Walau dalam satu tahun ada beberapa libur panjang, namun setiap momennya adalah waktu yang berharga. Jadi, jangan ragu-ragu untuk memberikan promosi di setiap momen libur panjang.

Kamu bisa memberikan promo khusus libur panjang ketika libur sekolah, lebaran, awal maupun akhir tahun juga, sehingga nantinya kamu bisa mencetak keuntungan berlipat sepanjang tahun.

Baca juga: Laku Keras! Ini Dia 5 Cara Mempromosikan Produk Baru yang Tepat

Semoga kesalahan-kesalahan klasik tersebut sebagai pelajaran buat kamu ya. Dan 5 cara jualan saat libur panjang di atas bisa jadi panduan untuk dicoba. Jadilah seller online yang cerdas, kreatif, inisiatif dan pandai mencari peluang!

——

Coba juga cara meningkatkan penjualan dengan program Cashback Tiap Hari untuk musim liburan panjang kali ini yaa. Pelanggan akan mendapat voucher potongan harga untuk belanja berikutnya dan bisa hemat hingga Rp 1 JUTA per bulan.

Sedangkan seller akan semakin untung dengan trafik toko dan penjualan yang semakin meningkat. Produkmu juga akan tampil di halaman khusus pada halaman utama.

Yuk maksimalkan program tersebut dengan daftar jadi Seller Lazada. Tambah peluang untuk bawa bisnismu semakin #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Campaign adalah

Campaign Adalah: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya untuk Datangkan Konsumen!

Desain kartu ucapan terima kasih

Cara Desain Kartu Ucapan Terima kasih Unik dan Berkesan

engagement rate adalah

Engagement Rate Adalah: Definisi, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Bisnis Skincare

Tips Memulai Usaha Bisnis Skincare dengan Modal Minim

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users