cara jadi affiliate

Daftar Isi

Pengen Tahu Cara Jadi Affiliate yang Berhasil? Pelajari Hal Ini Ya!

Daftar Isi

Siapa bilang jadi affiliate cuma bisa buat nambah uang jajan aja? Jika kamu tekuni lebih dalam dan konsisten, kamu bisa sukses dengan cara jadi affiliate loh!

Makanya nggak heran kalo belakangan semakin banyak orang ingin menekuni bidang affiliate marketing yang kini semakin populer.

Tidak cuma sekedar berbagi link saja, affiliate bisa menggunakan strategi yang matang untuk memaksimalkan performa klik ke dalam link-nya. 

Selengkapnya tentang cara sukses menjadi affiliate hingga hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dan harus dihindari dalam menekuni bidang affiliate ini akan dikupas tuntas di bawah ini. Baca sampai akhir agar kamu paham betul ya!

Apa yang Harus Dilakukan untuk Sukses Menjadi Affiliate?

Sebagai seorang affiliate, kamu harus punya strategi yang tepat agar dapat bertahan dan terlihat menonjol daripada kompetitor lainnya. Tips berikut ini semoga bisa jadi pencerahan untukmu tentang cara sukses menjadi affiliate.

1. Fokus pada niche plihanmu

Cara jadi affiliate sukses yang pertama adalah bangun audiens dan pelanggan yang setia berdasarkan niche.

Niche adalah target pasar yang spesifik, unik dan memiliki peminatnya sendiri. Niche ini adalah bagian kecil yang telah terfokus dari pasar yang lebih besar.

Dengan fokus pada niche tertentu, seller bisa membuat strategi yang memang ditujukan pada basis pelanggan tertentu. Selain itu, mengambil spesialisasi pada sebuah niche akan memudahkan pelanggan untuk mengenali produk atau tokomu.

2. Pahami kebutuhan audiensmu

Setelah menentukan niche, maka kamu akan lebih mudah untuk mengetahui apa-apa yang menjadi kebutuhan dari audiensmu yang spesifik tersebut. Pahami juga seperti apa selera mereka terhadap suatu barang atau jasa.

Untuk memahami audiens niche-mu, dibutuhkan pembangunan kedekatan dan komunikasi kepada audiens.

3. Klik boleh banyak, tapi konversi yang utama

Cara sukses menjadi affiliate tidak hanya bergantung pada banyaknya jumlah klik pada link-mu, tapi kualitas klik yang terkonversi menjadi penjualan juga menjadi hal penting untuk diperhatikan affiliator.

Sehingga, jika seller hanya mengarahkan pada klik saja, akan sayang jika tidak ada dari klik tersebut yang berakhir pada pembelian. Jadi, tujuan utama dari strategimu tetaplah untuk mencetak penjualan melalui penyebaran link afiliasi.

4. Tingkatkan pengetahuan produkmu

Penguasaan product knowledge sangatlah penting agar seller bisa mencari cara terbaik dan celah untuk mempromosikan produk dari sisi yang paling menarik.

Ketika seller paham betul tentang produknya, maka akan lebih mudah untuk membuat audiens atau pelanggan yakin juga dengan produk atau toko seller.

5. Pantau perkembangan

Setelah paham audiens, niche dan memiliki product knowledge yang mumpuni, tetap pantau perkembangan yang akan terjadi. Pilih afiliasi yang bereputasi baik, banyak diminati, sesuai dengan niche-mu dan tentu memberikan komisi yang sesuai.

Nah, jika di atas tadi adalah cara sukses menjadi affiliate, selanjutnya pahami pula tentang hal-hal yang pantang dilakukan jika kamu menjadi seorang affiliator.

Baca juga: Tips Ampuh Promosi Produk Kamu Supaya Makin Laris di Tahun Ini

Apa yang Harus Dihindari Ketika Menjadi Seorang Affiliate?

Ada beberapa hal yang harus dihindari seorang affiliate seller agar performamu tidak melenceng dari yang sudah ditargetkan.

Dengan cara sukses menjadi affiliate yang sudah dijelaskan di atas dan ditambah dengan menghindari hal-hal di bawah ini, kamu bisa semakin berkembang dan menjadi affiliate yang berhasil.

1. Tidak mengenal target audiens niche

Jika kamu hanya memilih niche saja tanpa memahami lebih dalam tentang audiensmu, maka akan percuma rasanya. Strategi niche-mu tidak akan berhasil jika kamu tidak dekat dan benar-benar mengenal audiens niche-mu.

2. Tidak menjaga konsistensi

Cara sukses menjadi affiliate membutuhkan konsistensi dalam membangun branding dan kesadaran masyarakat tentang siapa dirimu. Konsistensi ini juga akan membantu menjaga performamu tetap bagus atau bahkan meningkat.

Sebaliknya, jika kamu tidak konsisten dan terus berubah-ubah, audiens tidak bisa mengidentifikasimu dengan spesialisasi tertentu. Performamu juga tentu akan menurun karena tidak konsisten.

3. Jangan bohongi audiens

Cara jadi affiliate yang dipercaya dan disukai adalah dengan jujur terhadap audiensmu. Berikan penggambaran yang objektif dan sesuai dengan kondisi nyatanya.

Jika kamu membohongi audiens dengan melebih-lebihkan klaim atas produk yang tidak sesuai kenyataan, maka audiens akan menjadi kecewa dan tidak lagi percaya kepada rekomendasimu.

4. Hindari mempromosikan produk atau layanan palsu

Mempromosikan hal-hal berbau palsu atau ilegal, tidak hanya merugikan pihak pembeli saja. Namun, kamu sebagai orang yang telah mempromosikannya juga dapat terseret ke dalam masalah yang berbahaya.

Oleh karena itu, promosikan produk-produk asli yang nyaman saja. Kamu juga harus memahami betul keabsahan produk atau jasa yang akan kamu promosikan.

5. Melakukan pelanggaran peraturan

Taatilah selalu peraturan yang telah dibuat oleh platform e-commerce yang menjadi wadah bagi affiliate maupun peraturan dari brand tersebut. Pahami apa saja yang termasuk pelanggaran sehingga kamu bisa menghindarinya agar tidak terjadi.

——

Itulah penjelasan tentang apa-apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai cara jadi affiliate yang berhasil. Dengan tips tadi semoga mempermudah kamu menemukan cara sukses menjadi affiliate.

Sebagai seorang seller, kamu juga bisa loh dapat komisi dari Lazada karena mempromosikan link toko atau produk ke media sosial lewat program Afiliasi Seller.

Seller bisa mempromosikan link toko atau produk di Lazada lewat media sosialnya. Ketika customer mengklik link dan berbelanja di Lazada, maka seller akan mendapat komisi hingga 15% dengan nilai maksimal Rp75.000.

Untuk seller yang masih bingung tentang berapa lama daftar affiliate, hanya dalam 2 hari kerja pendaftaranmu sebagai Seller Affiliate akan diproses dan jika sesuai akan disetujui.

Pemasukan bertambah, mudah dilakukan, bahkan ada juga training gratis untuk seller affiliator loh. Jangan lupa gabung di program Afiliasi Seller Lazada ya.

Kamu bisa langsung memanfaatkan program tersebut dengan daftar jadi Seller Lazada. Yuk, terus berkembang dan buat usahamu #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
Strengths,,Weaknesses,,Opportunities,,Threats,Analysis,Written,Note.,Swot,Analysis

Analisis SWOT: Definisi, Langkah-langkah, dan Contohnya untuk Bisnis

shutterstock_1621608049

Coba Cara Mencari Pelanggan Baru Ini, Penjualan Tokomu Langsung Meningkat!

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Afiliasi? Pelajari Pengertian dan Bagaimana Cara Kerjanya

Close,Up,Of,A,Man,Packing,Cardboard,Box,With,Sellotape

7 Cara Packing Barang Pecah Belah, Hindari Kerusakan Parah!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users