Campaign adalah

Daftar Isi

Campaign Adalah: Definisi, Manfaat, dan Cara Membuatnya untuk Datangkan Konsumen!

Daftar Isi

Membuat campaign adalah salah satu cara bagaimana pebisnis atau seller bisa bertahan dari semua kompetitor di era sekarang.

Seperti yang kita ketahui, semakin ke sini ada banyak sekali orang-orang yang tertarik dan berniat untuk membuka bisnis secara online. Selain hemat waktu dan uang, bisnis online juga punya potensi untuk mendatangkan penghasilan yang cukup besar.

Dalam proses menjalankan bisnis online, sering kali kita mendengar istilah campaign. Istilah ini merupakan hal yang perlu dilakukan oleh seller untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka.

Lantas, apa saja contoh campaign? Bagaimana cara membuat campaign yang bagus dan maksimal untuk bisnis? Simak selengkapnya di sini!

 

Definisi Campaign dan Manfaatnya untuk Bisnis

Secara garis besar, campaign adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan bisnis dengan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia di era sekarang.

Platform tersebut bisa berupa media sosial, iklan online, website, email, hingga iklan offline seperti, memasang billboard, brosur, dan lain-lain.

Dalam menjalankannya, pebisnis atau seller biasanya menggunakan berbagai macam strategi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Jadi sederhananya, saat kamu ingin menjalankannya, maka sebaiknya perlu mengidentifikasi apa tujuannya supaya bisa memakai strategi yang optimal.

Contoh campaign yang sering kali terdengar di telinga kamu mungkin dari brand-brand besar seperti Aqua yang memakai tagline #AdaAqua.

Contoh lain bisa berupa strategi SEO untuk meningkatkan conversion rate ataupun promo/diskon lewat marketplace seperti, campaign 9.9, 10.10, 11.11, hingga 12.12.

Jadi, secara garis besar dibuatnya campaign mempunyai berbagai macam tujuan, mulai dari meningkatkan brand awareness, penjualan, hingga membangun customer loyalty.

 

Baca juga: Ajaibnya After Sales Service: Bisa Bikin Pelangganmu Loyal!

 

Manfaat Campaign untuk Bisnis Online

Setelah kita tahu bahwa campaign adalah suatu upaya untuk meningkatkan bisnis, kita sebagai seller tentu tertarik untuk mengaplikasikannya secepat mungkin.

Pasalnya, ada beragam manfaatnya yang bisa didapatkan untuk bisnis online:

  • Membangun branding bisnis dengan optimal
  • Meningkatkan penjualan produk atau layanan
  • Membangun customer loyalty yang kuat
  • Meningkatkan kredibilitas merek produk
  • Mendatangkan leads dalam jumlah yang banyak

Itu sekiranya beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menjalankan campaign bisnis. Lantas, bagaimana cara membuat campaign yang menarik untuk konsumen?

 

Cara Membuat Campaign untuk Tingkatkan Penjualan Toko

Kita sudah tahu bahwa campaign adalah suatu upaya untuk meningkatkan penjualan toko. Kini, saatnya mengetahui bagaimana cara mengeksekusinya.

Cara membuatnya perlu diperhatikan dengan saksama supaya tidak salah langkah dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Oleh karena itu, berikut cara-cara yang bisa kamu implementasikan:

1. Identifikasi tujuannya

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, saat hendak membuatnya penting untuk menentukan terlebih dahulu apa tujuan di baliknya.

Sebab, saat sudah menentukan tujuan kita jadi tahu strategi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkannya. Dengan demikian, kita tidak akan salah langkah dan target pasar.

2. Lakukan riset pasar

Selain tujuan, kita juga perlu melakukan riset pasar. Cari tahu kira-kira target pasar seperti apa yang cocok dengan produk kamu.

Langkah ini bisa dilakukan dengan melakukan survei atau melihat hasil analisis melalui tools marketplace atau media sosial bisnismu.

Sebagai contoh, kamu menjual produk parfum pria. Setelah diteliti, ternyata orang-orang yang tertarik dengan produkmu yaitu, pria dengan rata-rata usia 25-30 tahun dan berlokasi di area Jabodetabek.

Semua itu bisa kamu ketahui lewat tools analytics yang tersedia saat ini.

3. Adakan secara berkala dan konsisten

Cara selanjutnya yaitu, lakukan secara konsisten. Dengan cara ini, kamu akan mengetahui bagian mana yang perlu diimprovisasi dan harus dikurangi karena tidak diperlukan.

Pastikan yang sudah dijalankan berjalan efektif sehingga dapat dilakukan secara konsisten. Saat belum berjalan efektif, kamu bisa melakukan evaluasi terlebih dahulu.

4. Lakukan evaluasi

Setiap campaign sudah pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, lakukan evaluasi dari setiap yang sedang kamu jalankan.

Jangan sampai kamu hanya menjalankannya saja secara terus-menerus, lantas tidak ada hasil yang maksimal. Hal tersebut bisa mendatangkan kerugian terhadap bisnis.

Cara yang paling tepat untuk menghindari hal tersebut yaitu, dengan melakukan evaluasi.

 

Baca juga: Jualan Laris Manis dari Ikutan Campaign Lazada, Ini Caranya!

 

——

Demikian pengertian beserta manfaat dan cara membuatnya. Pada dasarnya, campaign adalah salah satu strategi bisnis yang perlu diterapkan guna mengalahkan kompetitor dan mendatangkan penjualan.

Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Lazada juga memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan seller untuk mendatangkan penjualan dalam jumlah yang banyak.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai cara kerja campaign di Lazada serta cara mengoptimalkannya, kamu bisa langsung melihat modul Campaign Lazada.

Buat kamu yang belum jadi seller Lazada, sebaiknya daftarkan dirimu sekarang juga! 

Kamu bisa langsung klik di sini dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan menjadi seller Lazada.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
tren foto kekinian

10 Tren Foto Produk Terbaru Agar Pelanggan Tertarik & Penjualan Naik!

shutterstock_1978126340

5 Tips Ampuh Belajar Bisnis dari Nol, Dapat Cuan dari Jualan!

cara membuat harga coret

Cara Membuat Harga Coret di Lazada, Bisa Dilakukan dengan Mudah!

cara jualan parfum agar laris

10 Cara Jualan Parfum Agar Laris Jika Mau Punya Brand Lokal Sendiri!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users