business plan

Daftar Isi

Panduan Lengkap Business Plan untuk Pemula!

Daftar Isi

Satu dari sekian banyak kunci sukses untuk memulai usaha adalah membuat business plan atau perencanaan bisnis yang baik. Baik di sini, berarti harus matang sekaligus realistis sehingga mudah dipahami oleh seller dan orang lain. 

Siapapun bisa memulai usaha, namun tidak semua orang bisa menuliskan ide serta gagasannya ke dalam sebuah business plan. Padahal perencanaan bisnis ini sangat membantu dalam mengimplementasikan ide atau gagasan tersebut. 

 

Apa Itu Business Plan?

Business plan atau perencanaan bisnis merupakan sebuah rencana mengenai apa saja yang akan dikerjakan pemilik bisnis di masa depan. Biasanya perencanaan bisnis ini sudah meliputi cara untuk alokasi sumber daya yang ada, perhatian kepada faktor-faktor penting dalam bisnis, serta cara menghadapi masalah maupun peluang yang muncul. 

Tidak sedikit seller yang berpikir bahwa perencanaan bisnis harus dibuat ketika akan mencari tambahan dana dari investor atau meminjam modal ke bank. Faktanya, perencanaan bisnis juga penting untuk mengukur pertumbuhan serta skala prioritas. 

Oleh karena itu, sebuah business plan yang baik harus memuat beberapa hal. Misalnya ringkasan, misi usaha, analisis pasar, manajemen serta analisis finansial, faktor-faktor kunci bisnis, hingga produksi. 

Lebih jauh lagi, business plan harus memiliki empat prinsip berikut ini: 

  1. Bisa diterima oleh semua pihak
  2. Realistis dan fleksibel
  3. Mencakup semua aspek kegiatan usaha
  4. Memuat rumusan kerja yang efektif serta efisien

 

Apa Fungsi Business Plan?

Jika diibaratkan, business plan mirip seperti peta dan kompas yang membantu kamu menetapkan tujuan, skala prioritas, serta cash flow. Maka dari itu, semakin baik perencanaan yang kamu buat, semakin tinggi peluang untuk suksesnya. 

Meski demikian, perlu kamu ingat bahwa perencanaan bisnis pada dasarnya adalah sebuah proses. Jadi kamu harus menjalankan perencanaan tersebut untuk mengetahui mana yang berhasil dan tidak. 

Fungsi business plan yang utama adalah untuk menilai apakah bisnis yang sedang kamu tekuni dapat menguntungkan, memiliki prospek, serta layak. Sedangkan beberapa fungsi lainnya adalah:

1. Pedoman dalam menjalankan bisnis

Perencanaan bisnis merupakan sebuah pedoman yang menuntunmu agar tidak kehilangan arah. Artinya kamu bisa fokus mengembangkan bisnis dengan mengikuti strategi yang sudah dibuat sebelumnya. 

2. Dasar untuk membuat keputusan

Suatu perencanaan bisnis biasanya memuat fakta serta data hasil riset, sehingga keakuratannya bisa dipercaya. Data dan fakta yang akurat tersebut bisa kamu jadikan sebagai dasar untuk membuat keputusan dalam bisnis. 

3. Memperjelas tujuan bisnis

Dalam perencanaan bisnis ada gambaran seperti apa bisnis yang kamu jalankan di masa depan, termasuk strategi marketing, finansial, dan lain-lain. Semua hal ini akan membantu memperjelas arah tujuan bisnismu sehingga bisa terus berkembang. 

4. Meminimalisir kegagalan

Ketika kamu memiliki perencanaan bisnis, kamu bisa meminimalisir kegagalan yang mungkin terjadi di masa depan. Sebab kamu sudah tahu seperti apa potensi kegagalan yang mungkin muncul sehingga kamu bisa menyiapkan strategi untuk menghadapinya. 

5. Memperoleh pendanaan atau mitra bisnis

Fungsi business plan berikutnya adalah membantu memperoleh pendanaan dari investor atau mitra bisnis yang baru. Saat kamu menjelaskan perencanaan bisnis ke pihak investor atau calon mitra, mereka akan mengetahui tujuan serta potensi bisnismu di masa depan. 

 

Bagaimana Cara Membuat Business Plan dengan Efektif?

Sekarang kamu sudah mengetahui apa pengertian dan fungsi dari adanya perencanaan bisnis. Namun itu saja tidak akan cukup tanpa mengetahui cara membuat business plan. Supaya tidak keliru, berikut langkah-langkah membuat perencanaan yang bisa kamu ikuti: 

1. Riset pasar dan kompetitor

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah riset pasar dan kompetitor secara menyeluruh. Dua informasi ini sangat bermanfaat karena dapat kamu gunakan untuk menentukan kelebihan dari bisnismu dan juga menyusun strategi bisnis. 

2. Buat deskripsi bisnis

Selanjutnya, buat deskripsi bisnis secara detail mulai dari visi, misi, latar belakang, struktur organisasi, hingga tujuan. Selain itu, tambahkan juga profil bisnis di dalamnya seperti nama, tanggal berdiri, serta susunan organisasi. Usahakan deskripsi bisnis ini dikemas secara menarik dan mudah dipahami sehingga tidak membuat orang lain bosan saat membacanya. 

3. Membuat Analisis SWOT

SWOT merupakan sebuah singkatan dari Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan juga Threats (Ancaman). Ini adalah sebuah analisis mendalam yang sangat membantu untuk mengetahui bisnismu lebih dalam lagi. 

4. Membuat timeline bisnis

Langkah selanjutnya adalah membuat timeline bisnis sebagai gambaran dari waktu menjalankan rencana bisnis yang sudah kamu buat. Umumnya, timeline bisnis ini dibuat per empat bulan kemudian akan dievaluasi di akhir tahun. 

5. Menyusun budgeting

Cara membuat business plan yang terakhir adalah menyusun budgeting. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dana bisnis di masa depan. Budgeting juga dapat membantu kamu mendapatkan suntikan dana dari investor. 

___

Business plan yang dibuat dengan cermat dan rapi akan sangat menguntungkan bagi kamu dan seller lainnya. Kamu bisa dengan mudah menjalankan poin-poin yang sudah ada di dalamnya, tanpa takut terdistraksi oleh hal lain yang tidak ada di dalam perencanaan.

Setelah memantapkan perencanaan dan memulai bisnis, jangan lupa untuk memaksimalkan pemasaran dengan menjadi seller di platform tertentu, seperti Lazada. Dengan begitu, peluang mendapatkan keuntungan terbuka sangat lebar. Untuk bisa menjadi seller di Lazada, caranya mudah. Kamu cukup klik di sini untuk mendaftar.

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
supplier tangan pertama

Apa Itu Supplier Tangan Pertama? Pelajari Cara Mencarinya Secara Efektif di Lazada!

pinjaman modal usaha

Butuh Pinjaman Modal Usaha? Ini Cara Mendapatkannya!

kacamata photocromic

Trending Banget! Kacamata Photocromic Bisa Jadi Peluang Baru untuk Jualanmu

2. Wajib Punya! 7 Karakter Pebisnis Sukses Masa Kini

Wajib Punya! 7 Karakter Pebisnis Sukses Masa Kini

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users