bisnis parfum

Daftar Isi

5 Tips & Cara Memulai Bisnis Parfum untuk Pemula

Daftar Isi

Dalam beberapa tahun belakangan, popularitas bisnis parfum makin meningkat. Banyak brand parfum lokal muncul yang menawarkan berbagai macam pilihan aroma. Kualitasnya pun bisa diadu dengan brand parfum luar negeri.

Dengan adanya brand parfum lokal, peluang bisnis di bidang parfum semakin terbuka. Kamu bisa menjadi reseller parfum kemudian menjual produknya ke banyak orang, baik secara online maupun offline

 

Menjadi Reseller Parfum

Menjadi reseller sangat cocok bagi pemula yang baru akan mulai terjun ke bisnis parfum. Pasalnya reseller tidak memerlukan modal yang besar, bisa langsung berjualan karena tidak memproduksi parfumnya sendiri, dan tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besar karena jumlah produknya masih terbatas. 

Untuk bisa menjadi reseller parfum, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Diantaranya adalah: 

1. Pahami cara kerja reseller

Hal yang pertama perlu kamu pahami adalah bagaimana seorang reseller bekerja. Kamu harus mencari tahu bagaimana cara untuk mendapatkan barang yang akan dijual. Setelah itu, cara-cara untuk menawarkan barang kepada konsumen. 

Kemudian tentukan juga metode pengiriman barang saat ada konsumen yang berbelanja. Bila perlu, pelajari cara mengelola keuangan khusus untuk reseller agar bisnismu berjalan dengan lancar kedepannya.

2. Kenali kompetitor

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu bisa mencari tahu soal kompetitor bisnismu dulu. Misalnya siapa saja kompetitor yang ada, bagaimana cara mereka menjalankan bisnisnya, strategi marketing yang digunakan, dan lain sebagainya. 

Pelajari cara-cara tersebut kemudian modifikasi agar sesuai dengan situasi dan kondisi bisnismu. Nantinya kamu akan mendapatkan sebuah strategi fundamental yang baik untuk menjalankan bisnis. 

 

5 Tips dan Cara Memulai Bisnis Parfum

Jika kamu sudah mantap untuk memulai bisnis parfum, baik menjadi produsen maupun reseller, ada beberapa langkah yang bisa membantu kamu menjalankan bisnis nantinya. 

Langkah-langkah cara memulai bisnis parfum tersebut antara lain adalah:

1. Melakukan analisis peluang usaha

Langkah pertama adalah menganalisis peluang usaha parfum yang akan kamu mulai. Cari tahu seperti apa kebutuhan, selera, hingga perilaku calon pelangganmu dengan detail. 

Caranya bisa dengan survey, wawancara, atau observasi agar data yang kamu kumpulkan valid. Kemudian lakukan juga analisis SWOT agar kamu tahu seperti apa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman bisnis parfum yang akan kamu mulai.. 

2. Buat rencana bisnis

Rencana bisnis atau business plan biasanya memuat rencana serta strategi bisnis yang akan kamu jalankan secara lengkap. Dengan rencana ini, kamu bisa menentukan besaran anggaran, tujuan, sasaran pelanggan, melakukan evaluasi, hingga menarik investor. 

Rencana bisnis yang baik sebaiknya memuat beberapa komponen berikut ini: 

  • Ringkasan mengenai bisnis secara singkat
  • Visi, misi, nilai, hingga struktur bisnis
  • Hasil analisa kondisi pasar, kompetitor, dan calon pelanggan
  • Deskripsi produk parfum yang kamu jual
  • Strategi marketing
  • Rencana operasional bisnis seperti SDM, lokasi toko fisik (jika ada), e-commerce dan marketplace yang akan dimanfaatkan, peralatan yang digunakan, pengiriman produk, dan lain-lain. 
  • Rencana keuangan bisnis seperti pendapatan, pengeluaran, keuntungan, kerugian, dan arus kas. 
  • Analisa tentang resiko yang mungkin akan kamu hadapi serta cara untuk mengatasinya

 

3. Siapkan strategi marketing

Langkah selanjutnya dalam cara memulai bisnis parfum adalah mempersiapkan strategi marketing yang matang. Tentukan berbagai cara yang akan kamu lakukan untuk mengambil hati calon pelanggan. 

Beberapa strategi yang bisa kamu pertimbangkan adalah: 

  • Branding agar bisnismu memiliki identitas yang kuat di mata pelanggan
  • Memasang iklan yang menarik, informatif, dan edukatif di internet.
  • Berikan diskon, hadiah, bonus, atau jenis promo lain kepada pelanggan
  • Menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak termasuk influencer, media, dan komunitas
  • Ajak pelanggan untuk memberikan testimoni jujur tentang produk parfum yang kamu jual. 

4. Siapkan katalog dan sampel parfum

Sebagai seller, kamu juga harus menyiapkan katalog dan sampel dari parfum yang kamu jual. Keduanya merupakan aset penting untuk membantu mengenalkan produk pada calon pelanggan. 

Maka dari itu, buatlah katalog yang memuat deskripsi produk secara rinci. Misalnya seperti nama produknya, deskripsi, aromanya apa, foto fisiknya, harga, dan juga cara pemesanan. Jenis katalognya bisa berupa booklet, brosur, flyer, website, akun Instagram khusus, dan sebagainya. 

Selain itu, jika kamu berencana mendirikan toko offline, selain online, siapkan juga sampel parfum berukuran kecil yang bisa dicoba secara langsung dan gratis oleh pelanggan. Pastikan kualitas sampel parfum sama dengan produk utama agar calon pelanggan punya gambaran tentang kualitas produk parfum milikmu. 

5. Tentukan harga jual

Sebagai reseller parfum, kamu pasti akan mendapatkan diskon khusus dari supplier saat melakukan pembelian stok di awal. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menentukan harga jual yang realistis. 

Pertimbangkan berapa biaya pengiriman, packing, pemasaran, dengan margin keuntungan yang kamu dapatkan. Setelah itu, tentukan harga jual yang sesuai dengan daya beli calon pelanggan namun tetap bisa mencerminkan manfaat serta nilai dari produk parfum milikmu. 

Selain cara memulai bisnis parfum yang tadi dibahas, kamu juga perlu tahu bahwa memulai bisnis bukan hanya memerlukan ide dan peluang. Melainkan banyak aspek lain yang perlu kamu siapkan. Pemasaran (Marketing) dan penjualan (Penjualan) produk merupakan inti dari sebuah bisnis. 

Cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan pemasaran dan penjualan bisnis parfum adalah dengan menjadi seller di Lazada. Dengan begitu, 

proses pemasaran dan cara menjalankan bisnis yang sudah kamu pelajari akan lebih mudah untuk diterapkan. Jadi, cuan pun ada di depan mata. Kalau kamu sudah siap memulai bisnis, langsung daftarkan usahamu di sini, ya?

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
ide jualan musim hujan

8 Ide Jualan Musim Hujan yang Bawa Keuntungan, Coba Peluangnya!

ide-bisnis-hewan-peliharaan-yang-menguntungkan

7 Ide Bisnis Hewan Peliharaan yang Bisa Kamu Coba di Rumah

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

produk ramadhan

10 Ide Jualan Terlaris di eCommerce Selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users