bisnis kerajinan tangan

Daftar Isi

5 Ide Bisnis Kerajinan Tangan Menarik untuk Dicoba, Siap Cuan!

Daftar Isi

Setiap orang yang memiliki hobi membuat barang-barang yang bermanfaat harus coba memulai bisnis kerajinan tangan. Selain untuk menyalurkan hobi dan passion, bisnis ini juga bisa membantu mengurangi limbah yang tidak terpakai. 

Barang-barang contoh kerajinan tangan pun biasanya memiliki kelebihan dibanding yang diproduksi oleh mesin. Biasanya orang menyukai kerajinan tangan karena unik, aesthetic, dan beda dari yang lain. 

 

Seperti Apa Bisnis Kerajinan Tangan?

Bisnis kerajinan tangan bergantung pada produk yang dibuat secara manual (oleh tangan manusia) dengan bahan baku yang sederhana dan tidak bernilai. Setelah jadi, umumnya produk tersebut akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. 

Karena dibuat secara manual, otomatis kamu harus mengumpulkan bahan baku, membuat produk, dan memasarkannya sendiri. Secara umum, bisnis ini fokus menjual kerajinan tangan yang mempunyai dua fungsi berikut ini: 

  1. Keindahan: bentuknya indah sehingga bisa dinikmati secara visual tanpa memperdulikan kegunaannya. Contohnya seperti lukisan, hiasan rumah, patung, atau yang lainnya. 
  2. Kegunaan: produknya bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti piring, gelas, tas belanja, dan lain-lain. 

Di sisi lain, bisnis kerajinan tangan juga mempunyai peluang besar karena ramah lingkungan, bisa membuka lapangan pekerjaan baru, meningkatkan nilai ekspor negara. Bagi pemiliknya, bisnis ini cocok untuk menyalurkan bakat seni dan mengasah kreativitas. 

 

Ide Bisnis Kerajinan Tangan Berpeluang Jadi Cuan

Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis ini namun masih bingung memilih jenis produknya, berikut ini ada beberapa ide bisnis kerajinan tangan yang bisa dijadikan referensi. 

1. Produk rajut

Barang hasil rajut adalah contoh kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan modal minimal namun menghasilkan keuntungan maksimal. Dengan berbekal benang dan jarum rajut, kamu sudah bisa membuat berbagai jenis produk seperti sweater, tas, sepatu, topi, syal, bahkan selimut. 

Tapi kamu memang harus sabar dan konsisten sebab proses merajut itu rumit dan biasanya membutuhkan waktu yang lama. Untungnya, semakin rumit proses dan modelnya, akan semakin tinggi harga jual produknya. 

Biasanya produk rajut banyak diburu oleh orang yang menyukai dan menghargai karya seni. Orang-orang seperti ini tak pernah keberatan membeli barang dengan harga mahal sesuai dengan nilai estetikanya. 

2. Kartu ucapan

Masyarakat Indonesia punya kebiasaan mengirimkan kartu ucapan pada orang terdekat dalam berbagai kesempatan. Kamu bisa memanfaatkan kebiasaan ini untuk memulai bisnis kerajinan tangan berupa kartu ucapan buatan tangan. 

Umumnya orang-orang akan membeli kartu ucapan yang dicetak oleh mesin karena lebih praktis. Tetapi, kartu ucapan jenis ini terlalu sering digunakan sehingga terasa biasa saja. 

Sementara yang dibuat secara manual punya keunikan tersendiri dan lebih personal sehingga menjadi spesial bagi penerimanya. Satu hal yang lebih menarik lagi, kamu bisa mengeksplorasi kreativitas ketika membuatnya, Misalnya, menggunakan akrilik sebagai bahan utamanya. 

3. Aksesoris

Salah satu contoh kerajinan tangan yang juga bisa jadi sumber adalah aksesoris. Seperti cincin, gelang, kalung, atau yang lainnya. Kamu bisa membuatnya menggunakan bahan dari manik-manik atau beads

Biasanya aksesoris ini banyak diminati karena warnanya terlihat indah dan cocok dipasangkan dengan gaya berbusana penggunanya. Supaya pelanggan punya lebih banyak pilihan, kamu bisa membuat aksesoris yang sedang tren. Misalnya strap mask yang laku keras saat pandemi kemarin atau gantungan handphone.

4. Tempat Tisu

Tempat tisu mungkin terdengar biasa saja, bahkan beberapa orang menganggapnya sepele. Akan tetapi jika dibuat dengan kreativitas, tempat tisu dapat terlihat menarik dan bisa mempercantik tampilan meja di rumah. 

Jadi tugasmu di sini adalah memilih bahan-bahan yang menarik dengan kombinasi warna yang cantik. Sehingga tempat tisu yang kamu jual terlihat estetik dan pelanggan tertarik membelinya. 

5. Boneka

Meski identik sebagai mainan anak-anak, tapi nyatanya tidak sedikit juga orang dewasa yang mencari boneka. Baik untuk koleksi sendiri atau sebagai hadiah kepada orang-orang tersayang. 

Ini merupakan peluang bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan. Misalnya dengan menjual boneka untuk anak perempuan, boneka dari tokoh kartun, atau boneka kostum yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan. 

Boneka yang cukup laris di pasaran adalah yang terbuat dari benang wol atau kain perca. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan. Untuk cara membuatnya, kamu bisa mencari video tutorial di Youtube atau media sosial lainnya.

Memulai bisnis kerajinan tangan bukan hanya memerlukan ide yang cemerlang dan peluang yang besar. Ada banyak aspek lain yang perlu kamu pertimbangkan, salah satunya pemasaran dan promosi agar hasil kerajinan yang kamu jual bisa laku di pasaran.

Dengan menjadi seller aktif di Lazada, kamu akan lebih mudah mengatur dan mengelola berbagai strategi untuk memperkenalkan bisnismu pada konsumen. Lazada akan membantu menemukan pelanggan potensial yang tepat untuk bisnismu. So, tunggu apa lagi? Pastikan kamu sudah mendaftar sebagai seller Lazada di sini!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
fashion Korea style

Fashion Korea Style: Tren yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Dari Ciamis, Ini Pengalaman Pertama Kali Jualan Online Versi Rio Pebrian

Dari Ciamis, Ini Pengalaman Pertama Kali Jualan Online Versi Rio Pebrian

A,Businesswoman,Completes,Kyc,Using,An,Online,Banking,Program,In

Ajaibnya After Sales Service: Bisa Bikin Pelangganmu Loyal!

reseller skincare

Bahas Tuntas Usaha Reseller Skincare sebagai Peluang Bisnis

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users