bisnis fashion

Daftar Isi

Ceklis Persiapan Memulai Bisnis Fashion dari Rumah

Daftar Isi

Zaman sekarang memulai bisnis sendiri bukanlah hal yang sulit. Aktivitas untuk menambah cuan ini bahkan bisa dilakukan dari rumah dan secara online. Salah satunya adalah bisnis fashion dari rumah!

Kamu bisa memulai bisnis fashion dengan memilih pakaian, sepatu, tas serta aksesoris  dan menjual salah satu atau semuanya sekaligus.

Bisnis fashion terus mengalami perkembangan, dan tentunya perlu persiapan yang lebih baik mengenai strategi produk, distribusi hingga pemasaran. Untuk itu, jangan sampai kamu salah dalam melakukan tahapan permulaan jenis bisnis ini.

Nah, simak Langkah-langkah memulai bisnis fashion dari rumah yang bisa kamu lakukan dengan mengikuti berbagai tips di bawah ini.

Persiapan Memulai Bisnis Fashion dari Rumah

1. Lakukan Riset Produk

Riset produk penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis fashion karena kamu dapat mengetahui seperti apa produk yang tren saat ini.

Kamu dapat mengamati tren pasar dengan melakukan survei kepada beberapa orang mengenai produk apa yang berpotensi laris jika kamu jual.

Untuk melakukan riset, tentunya membutuhkan data sesuai dengan kondisi pasar. Dengan begitu, produk yang kamu pilih nanti dapat diterima oleh oleh pasar.

Hal ini bisa dilihat mulai dari pengamatan di Google Trends, media sosial, laporan tahunan perusahaan riset, ataupun mengamati seperti apa perkembangannya di media digital.

contoh-wilayah-demografis-dari-google-trends
Contoh tampilan data demografis dari Google Trends

Dengan merangkum data dari google trends, kamu dapat lebih mudah dalam memantau tren dari bisnis kamu. Biasanya tren dan perkembangan bisnis fashion akan terus berubah, oleh karena itu itu penting untuk terus melakukan riset sebelum melakukan penjualan.

2. Bisnis Fashion: Tentukan Ciri Khas Produk

Setelah melakukan riset produk, selanjutnya menentukan ciri khas fashion kamu sebelum memulai bisnis. Pasalnya, calon pembeli akan bertanya, apa yang membuat produk kamu unik?

Kamu harus tahu ciri khas desain brand-mu agar berbeda dari merek-merek lainnya yang sudah ada, tentunya ini juga untuk menghindari plagiasi.

Kamu harus menemukan ide utama yang jadi pilihan inspirasi.

Tentu ide orisinal harus kamu ciptakan terlebih dahulu agar calon pembeli dapat dengan mudah mengenali identitas brand-mu sebagai brand bisnis fashion yang memiliki nilai atau poin unik.

3. Persiapkan Produk yang Akan Dipasarkan

Produk fashion-mu harus disiapkan sedemikian mungkin agar produk dapat bersaing dengan kompetitor, sebisa mungkin produk kamu memberikan pembaruan dan keunggulan yang tak dimiliki kompetitor.

Perhatikan desain produk, bahan, pemilihan warna yang menarik dan orisinal agar fashion yang kamu hasilkan dapat menjadi sebuah produk berkualitas.

Jadi, penting sekali untuk kamu menyajikan produk orisinal yang tentunya kamu desain dan produksi sendiri agar dapat bersaing dengan brand yang sudah ada.

Untuk mendapatkan produk yang orisinal, kamu tentu harus memikirkan hal-hal di atas dan mulai mencari produsen untuk memproduksi produk kamu.

4. Gunakan Strategi Penjualan Fashion

Kamu harus membangun strategi penjualan yang profesional dalam memasarkan bisnis fashion.

Hal ini sangat penting karena di era digital ini, pemasaran digital adalah wadah kamu untuk berkarier sebagai entrepreneur atau pebisnis yang sukses.

Dengan menggunakan pemasaran digital seperti media sosial secara profesional, kamu juga bisa mulai berkolaborasi dengan influencer, buzzer, maupun publik figur lainnya untuk digunakan sebagai pemotretan brand-mu.

Cara pemasaran digital lainnya adalah dengan menggunakan website dan sosial media atau melalui marketplace sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.

Memiliki toko offline sendiri mungkin sangat bagus, tapi akan butuh dana banyak untuk sewa tempat. Alangkah baiknya jika dana tersebut disimpan untuk melakukan pemasaran online.

Itulah beberapa cara memulai usaha pakaian dengan brand sendiri. Semoga Kamu bisa mendapatkan inspirasi setelah membaca cara-cara di atas.

Untuk berjualan online yang lebih mudah dan meraih omzet lebih maksimal, langsung saja daftarkan akun mu di Marketplace Lazada! Mulai Di Laz, Bisa #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
apa itu afiliasi seller

Apa Itu Afiliasi Seller? Definisi, Manfaat, & Cara Kerjanya di Lazada

market research

Kenali Cara Market Research, Solusi Hindari Penjualan Stagnan

discount-cara-daftar-promosi-afiliasi-lazada

Bikin Jualan Laku Keras dengan Promosi Afiliasi Lazada

Atasi Penjualan Menurun

Strategi Atasi Penjualan Menurun Bisnis Kamu, Tanpa Rugi!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users