Daftar Isi

Cek Biaya Admin Jualan di Lazada, Kini Lebih Murah Dibanding yang Lain!

Daftar Isi

Sebelum memutuskan untuk daftar sebagai Seller di sebuah marketplace, kamu perlu mengetahui juga tentang berapa biaya layanannya. Biaya yang diterapkan kepada penjual ini salah satunya dikenal dengan istilah biaya transaksi di Lazada (platform fee).

Dengan sistem potongan setiap kali transaksi masuk ke toko Seller, jualan di Lazada merupakan satu-satunya tempat yang dapat menawarkan biaya transaksi terendah. Kenapa syarat dan ketentuan ini bisa dianggap sebagai keuntungan bagimu? Dalam artikel ini kita akan membicarakan tentang berapa nominal biaya admin penjual Lazada. Simak selengkapnya!

Apa Itu Biaya Transaksi & Berapa yang Harus Dibayarkan Seller?

Biaya transaksi (platform fee) adalah perhitungan biaya yang wajib dibayarkan oleh Seller setiap kali terjadi transaksi ke tokonya di Lazada. Skema biaya transaksi atau layanan sebetulnya termasuk lumrah dilakukan oleh banyak perusahaan e-commerce ataupun layanan pesan antar baik itu dalam skala nasional maupun global.

Tujuan dari penerapannya pun agar perusahaan dapat terus menghadirkan inovasi demi meningkatkan kualitas layanan mereka kepada seluruh konsumennya. Setiap biaya layanan di marketplace masih dianggap wajar selama hal ini tidak banyak memberatkan para penjual dan dikomunikasikan dalam bentuk persentase.

Lalu yang menjadi pertanyaan, berapa biaya transaksi yang ditagihkan ke Seller Lazada? Masih menetapkan biaya transaksi yang sama, semua kategori Seller yang berjualan di Lazada hanya membayar biaya 1,82% saja. Jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan platform lainnya!

Semua kategori Seller yang dimaksudkan di sini di antaranya Seller biasa, Super Seller, dan LazMall. Keuntungan ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan kepada setiap pelaku bisnis dapat mengembangkan eksistensi bisnisnya di platform online tanpa biaya yang berat.

Sementara untuk biaya program Free Shipping Max, Cashback Tiap Hari, bahkan Bonus Dadakan hanya bersifat opsional. Maka dari itu, buat Seller yang baru mulai jualan online di Lazada tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar untuk promosi.

Detail Biaya Layanan Lazada Seller

Jika berbicara tentang biaya layanan jualan di Lazada, pembagian biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya administrasi dan biaya program. Selain biaya transaksi (payment fee) yang sama ditagihkan kepada Seller, biaya lainnya dipecah ke masing-masing kategori Seller dengan persentase yang berbeda-beda.

Dalam tabel berikut ini, kamu bisa memahami seperti apa detail biaya admin penjual Lazada yang sudah ditetapkan dan diberlakukan hingga hari ini. Pembagiannya pun makin mengerucut berdasarkan kategori produk yang dijual. Kategori produk untuk Seller Lazada sendiri terbagi menjadi lima, di antaranya:

  • Kategori A: audio, koper & travel, pakaian & sepatu pria, pakaian & sepatu wanita, dll
  • Kategori B: aksesori komputer, gaming, aksesori smartwatches, dll
  • Kategori C: hobi & permainan, kesehatan, perlengkapan rumah, dll
  • Kategori D: kamera, drone, komputer & aksesori, otomotif, dll
  • Kategori E: makanan & minuman, alat tulis, kesehatan ibu & anak, dll.

biaya admin jualan di lazada

Detail ini juga turut menyertakan biaya komisi yang baru ditambahkan ke dalam ketentuan biaya admin Seller Lazada. Komisi sendiri merupakan biaya layanan yang wajib dibayarkan oleh seluruh kategori Seller untuk produk terjual sesuai kategori tertentu.

  1. Seller Biasa

Per Januari 2023, biaya transaksi yang ditetapkan untuk semua kategori produk adalah 1,82%. Sementara itu, komisi hanya dikenakan pada kategori produk A saja senilai 0,68%. Jika ingin mengikuti program Free Shipping Max, maka para penjual akan dikenakan biaya tambahan 3,50% untuk semua kategori barang yang dijual. Sehingga total biaya yang dikeluarkan oleh Seller biasa sekitar 5,32% – 6,00% saja. Terjangkau banget, kan!

  1. Super Seller

Sama seperti Seller biasa, biaya transaksi dan komisi berada pada perhitungan yang sama. Hanya untuk kategori Seller ini akan dikenai biaya program bergabung sesuai produk yang mereka jual. Biaya program Free Shipping Max-nya lebih rendah dibandingkan Seller biasa, yaitu 3,00%. Sehingga total biaya yang dikeluarkan Super Seller sekitar 5,12% – 6,17% saja.

  1. LazMall

Biaya komisi yang ditentukan untuk Seller LazMall memiliki perbedaan dengan dua seller lainnya dan menyesuaikan juga sesuai kategori barang yang dijual. Sedangkan jika Seller bergabung dengan program Free Shipping Max, biayanya dikenakan hanya senilai 2,50% saja. Sehingga total biaya yang dikeluarkan oleh Seller LazMall sekitar 5,32% – 9,32% sesuai kategori produknya masing-masing.

Baca juga: Bimbingan 90 Hari Lazada Seller, Baru Daftar Langsung Dapat Pesanan

Ayo Jualan di Lazada dan Daftar Sekarang

Setelah mengetahui detail biaya admin Lazada Seller yang terbilang murah dibandingkan dengan platform lain, ini merupakan saat yang tepat untuk mulai berjualan di Lazada. Daripada berlarut-larut terlalu lama dan ditambah lagi Lazada mampu memberikan penawaran biaya admin yang murah. Dengan begitu, biaya transaksi bukanlah menjadi bebanmu untuk memaksimalkan promosi dan penjualan online.

Biaya admin yang terjangkau sangat penting bagi Seller agar bisa berjualan online dengan maksimal dan meraih untung yang diharapkan. Marketplace dan Seller sudah semestinya berjalan beriringan dan saling mendukung demi membentuk ekosistem ecommerce yang sehat.

Dengan penawaran biaya transaksi yang paling rendah, Lazada hadir sebagai tempat utama pelaku bisnis dari kategori apapun ketika ingin mengembangkan peluang bisnis mereka. Tanpa adanya potongan Seller Lazada yang memberatkan Seller, semoga ini dapat menjadi kesempatan yang tepat untuk mulai berjualan online.

Buruan ciptakan suksesmu, klik di sini atau lzd.co/daftarajasekarang untuk daftar jadi Seller Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
DSC00990

EIGER Adventure dan Lazada Indonesia Perkuat Komitmen Keberlanjutan untuk Keseluruhan Pengalaman Berbelanja Ramah Lingkungan demi Jaga Kelestarian Alam

fungsi perencanaan produksi adalah

Perencanaan Produksi: Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya agar Bisnis Tidak Boncos

aplikasi edit video

Aplikasi Edit Video Apa Saja? Ini Rekomendasinya agar Promosimu Menarik

live instagram

Tips Jitu Memaksimalkan Penjualan dengan Live Instagram

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users