aplikasi edit video

Daftar Isi

Aplikasi Edit Video Apa Saja? Ini Rekomendasinya agar Promosimu Menarik

Daftar Isi

Pelanggan saat ini cenderung lebih menikmati konten berupa video, mulai dari video promosi, review, testimoni hingga proses unboxing.

Oleh karena itu, penting bagi Seller untuk melakukan promosi dan penjualan secara online menggunakan konten berbentuk video tersebut. Cara promosi ini dinilai lebih efektif dalam menarik perhatian pelanggan.

Sebagai seorang Seller, biasanya edit video pakai aplikasi apa saja? Jika kamu belum memiliki pengalaman membuat video, tentu akan merasa kesulitan saat harus mengedit videonya.

Lalu, apa aplikasi edit video di handphone yang direkomendasikan untuk pemula? Nah dengan deretan rekomendasi aplikasi edit video berikut ini, mengedit video akan menjadi lebih mudah bahkan bagi pemula sekalipun!

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

Untuk memudahkan seller dalam mengedit video promosi, apa saja aplikasi edit video di handphone yang mudah untuk digunakan akan dijelaskan selengkapnya di bawah ini:

1. Capcut

Capcut menjadi salah satu aplikasi edit video andalan sejuta umat. Aplikasi Capcut cukup gampang digunakan oleh pemula untuk mulai belajar mengedit video.

Fiturnya lengkap dan terdapat berbagai pilihan variasi efek seperti transisi, animasi video, filter, hingga jenis font yang beragam. Seller bisa membuat video sederhana maupun yang lebih rumit dengan banyak sentuhan editing menggunakan aplikasi ini.

Capcut juga sangat populer di kalangan pengguna TikTok karena aplikasi ini dapat terhubung langsung dengan akun TikTok dan banyak template yang bisa digunakan.

Jika kamu menemukan video TikTok yang menggunakan template dari Capcut, kamu cukup klik pada tulisan “Coba template ini (Try this template)”. Selanjutnya, edit video jadi semakin mudah karena adanya template ini.

Video yang diedit dari Capcut akan secara otomatis diberi watermark oleh aplikasi ini. Namun watermark dapat dihilangkan dengan cara di-upload di TikTok atau kamu membayar untuk aplikasi versi Pro-nya. 

2. Inshot

Inshot bisa jadi pilihan lain bagi seller pemula untuk belajar mengedit video. Dilengkapi dengan berbagai efek transisi, glitch, emoji, stiker, audio dan masih banyak lagi.

Jangan takut jika kualitas videomu akan menurun setelah masuk ke proses editing dan diekspor karena Inshot mampu mengekspor video dengan kualitas hingga 4K dan dapat diakses menggunakan HP dan PC.

3. VivaVideo

Jika kamu mencari tentang edit video pakai aplikasi apa yang gratis, VivaVideo bisa kamu coba. Sejak pertama dirilis pada 21 Maret 2013, aplikasi buatan perusahaan asal China ini sudah di-download lebih dari 500 juta kali. 

Dengan VivaVideo, Seller dapat dengan mudah memotong dan menggabungkan video, mengedit video dengan musik, stiker, teks maupun membuat video dari foto dengan lagu, dan banyak lainnya. 

4. KineMaster

KineMaster bisa digunakan oleh Seller yang baru mulai belajar editing video dasar hingga membuat video yang lebih profesional.

Aplikasi edit video ini memiliki fitur yang menarik, kamu bisa mengatur layering video, teks, insert gambar, video ataupun sound, efek transisi 3D hingga mengedit green screen.

KineMaster menyediakan dua pilihan yaitu, Empty Project dan Project Assistant. Untuk pemula, kamu bisa memilih project assistant agar mendapat panduan dalam mengedit video secara sistematis agar lebih mudah memahami.

5. FilmoraGo

FilmoraGo adalah versi mobile dari aplikasi edit video Filmora. Kamu bisa unduh dan gunakan secara gratis dengan fitur yang cukup lengkap, mulai dari menggabungkan video hingga dapat mengatur coloring gambar dengan menyesuaikan kontras, dan lain-lain.

Kamu bisa men-download video sesuai dengan format kualitas dan ukuran yang kamu inginkan. Dan untuk men-download video hasil editan tanpa watermark, kamu bisa berlangganan aplikasi ini.

Itulah beberapa aplikasi yang banyak diminati oleh para konten kreator maupun seller karena mudah digunakan dan bisa didapatkan secara gratis.

Tapi, apa aplikasi edit video di handphone saja cukup? Tentu tidak. Makanya, kamu perlu tahu juga bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin membuat video promosi.

Baca juga: 8 Aplikasi Edit Foto Produk Terbaik untuk Membuat Foto Lebih Ciamik

Tips Mengedit Video Promosi untuk Tokomu

Dalam mengedit video untuk keperluan promosi produk atau tokomu, perhatikan beberapa hal ini untuk menjaga kualitas konten dan efektivitas video dalam menarik perhatian penonton.

1. Buat konsep terlebih dahulu

Jika ide videomu sudah terkonsep, akan lebih mudah ketika melakukan pengambilan gambar karena kamu sudah mengerti apa saja gambar yang perlu diambil dan properti yang perlu disiapkan.

Adanya storyboard dan skrip naskah akan membantumu dalam menyusun gambaran dan memudahkanmu dalam mengedit video menjadi sebuah materi promosi yang siap.

2. Pilih aplikasi edit video dengan fitur lengkap sesuai kebutuhan

Banyaknya pilihan aplikasi di atas, mungkin membuatmu sedikit bingung harus menggunakan yang mana. Ketika telah memiliki konsep, kamu bisa mengetahui fitur apa saja yang kamu butuhkan untuk mengedit video.

Misal, kamu butuh aplikasi yang bisa menambahkan audio background sekaligus voice over. Atau kamu ingin menggunakan background green screen, maka cari tahu edit video pakai aplikasi apa yang memiliki fitur tersebut.

3. Tambahkan efek visual secukupnya

Agar video promosimu semakin menarik, kamu bisa menambahkan efek-efek visual, seperti menggunakan efek transisi, animasi tulisan, style visual, dan lainnya.

Namun, jangan menambahkan visual effect yang berlebihan ya. Alih-alih menjadi menarik, videomu bisa terlihat lebay dan tidak nyaman untuk dilihat mata.

4. Beri sound effect yang cocok

Musik dapat membangun suasana dalam video. Jika kamu ingin audiensmu menjadi bersemangat melihat kontenmu, maka berikanlah music background yang menyenangkan.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa efek suara untuk membuat video semakin berwarna, seperti memberi efek suara kaget, tepuk tangan atau suara tawa. 

5. Tinjau ulang sebelum selesai

Ketika proses edit video dirasa cukup dan sudah selesai, lakukan preview atau tinjauan ulang terlebih dahulu untuk memastikan bahwa konsep video dan hasilnya telah sesuai.

Perhatikan juga jika ada kesalahan penulisan, pengucapan melalui voice over yang tidak sesuai, atau susunan video yang belum tepat. Pastikan semua sudah oke, baru bagikan video tersebut ke sosial media atau media pemasaran lainnya.

Semoga artikel ini cukup membantu dalam belajar mengenal aplikasi edit video dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengedit video ya.

——

Jika kamu sudah mencoba promosi menggunakan video, jangan lupa coba program Promosi Produk dari Lazada.

Melalui program Promosi Produk, seller bisa mendapatkan trafik kunjungan, klik dan konversi penjualan yang semakin tinggi. Karena, program ini akan membantumu menjangkau pembeli Lazada yang semakin luas dan relevan dengan tokomu.

Seller juga hanya perlu membayar jika mereka mengeklik pada produk yang dipromosikan. Budget promosi jadi semakin hemat dan efisien kan?

Semangat ngonten dan jualan terus ya. Yuk buat usahamu semakin #NaikKeLaz dengan daftar jadi Seller Lazada!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
contoh promosi di media sosial

5 Contoh Promosi di Media Sosial Ampuh Tingkatkan Penjualan

Persiapan Lazada 12.12

Ini Persiapan Lazada 12.12 yang Wajib Dilakukan agar Penjualan Meningkat!

biaya operasional

Pelajari 4 Biaya Operasional Ini agar Bisnismu Untung!

cuci gudang

5 Manfaat Menggelar Cuci Gudang untuk Toko Online, Apa Saja?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users