Daftar Isi

Inilah Alasan Kenapa Seller Harus Melakukan Kolaborasi Bisnis!

Daftar Isi

Kolaborasi bisnis kini bukan lagi hal yang tabu atau segan dilakukan oleh para pebisnis. Sebab, kesuksesan bisnis tidak hanya diraih dengan memenangkan persaingan saja, tapi juga dapat dicapai dengan menjalin kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. 

Kolaborasi bisnis adalah proses kerjasama antara bisnis satu dengan bisnis yang lain untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.

Kolaborasi dapat menjadi strategi yang cocok untuk bisnis dari berbagai level, mulai dari yang kecil, menengah hingga besar.

Seperti peribahasa sekali dayung dua pulau terlampaui, Seller bisa saling berkolaborasi agar apa yang menjadi tujuan bersama dapat diraih lebih cepat.

Lalu, apa manfaat yang bisa didapat oleh Seller jika melakukan kolaborasi bisnis? Artikel ini akan memaparkan beberapa alasan penting yang bisa membuatmu tertarik untuk melakukan kolaborasi.

4 Alasan Mengapa Kolaborasi Penting Dilakukan Seller

Kolaborasi Bisnis

Beberapa keuntungan dari kolaborasi bisnis di bawah ini bisa menjadi alasan kuat bagi seller untuk melakukannya, berikut penjelasannya:

1. Jaringan yang Semakin Luas

Dengan membuka diri melalui kolaborasi, Seller tentu akan berinteraksi dengan semakin banyak orang. Hal ini dapat memperluas jejaring sosial maupun bisnis Seller yang bisa mengarah pada terbukanya berbagai pintu kesempatan.

Bisa jadi melalui networking yang luas inilah, Seller dapat menemukan partner bisnis yang tepat untuk diajak kolaborasi. 

Semakin luas pergaulan di dunia bisnis, maka akan semakin dalam ilmu yang bisa didapat dari sesama pemilik usaha. Oleh karena itu, tetap jaga hubungan baik dengan setiap rekan bisnis meskipun kamu tidak berkolaborasi secara langsung.

2. Hal Baru yang Positif

Melakukan kerjasama dengan pihak lain, bisa dibilang sebagai proses keluar dari zona nyaman bagi Seller yang selama ini memilih memulai bisnisnya sendirian.

Meski kamu akan menemukan beberapa ketidaknyamanan di awal, namun di sinilah justru kemampuan beradaptasimu akan ditempa. Sehingga sebagai Seller, kamu dapat keluar dari pola bisnis lama dan bisa melakukan pembaruan.

Dengan berkolaborasi, antar pemilik bisnis juga dapat saling berbagi ilmu dan pengalamannya. Tentu akan ada banyak hal baru yang dapat menambah pengetahuan antara satu sama lain.

Baca juga: Program Buddy Mentor, Inisiatif Akselerasi Bisnis untuk Seller Lazada

3. Tujuan tercapai Lebih Cepat

Tidak semua hal dapat dijalani sendirian. Ada beberapa hal yang jika dilakukan bersama maka bisa membuat tujuanmu dapat diraih dengan lebih cepat.

Bisnis adalah salah satu hal yang bisa berkembang lebih cepat ketika dikerjakan bersama. Kamu bisa mencari partner bisnis yang tepat untuk diajak mengelola bisnis bersama atau bisa juga melakukan kolaborasi dengan bisnis lain.

Ketika berkolaborasi dengan bisnis lain, sebagai sesama pemilik bisnis kamu pasti akan berupaya untuk saling membantu menemukan strategi terbaik demi keuntungan kedua bisnis.

Solusi bagi permasalahan yang ada dapat dipikirkan dan dikerjakan bersama-sama. Hal ini tentu akan membuat proses kerja berjalan lebih cepat sehingga tujuan bersama dapat segera dicapai.

4. Kesempatan Memperluas Pasar dan Meningkatkan Brand Awareness

Ingin memperluas pasar dan mendapatkan pelanggan baru? Lakukan kolaborasi dengan brand yang memiliki produk berbeda tapi punya pasar yang serupa.

Melalui kolaborasi bersama, pelanggan dari partner bisnis juga akan menjadi lebih aware dengan brand milikmu dan begitu pula sebaliknya.

Apalagi jika masing-masing brand memiliki basis pelanggan loyal. Tentu hal ini akan menguntungkan kedua belah pihak agar jangkauan market menjadi semakin luas. 

Sebagai contoh kolaborasi bisnis yang menjadi trending adalah ketika brand fashion kelas dunia Christian Dior meluncurkan kolaborasi dengan perusahaan besar otomotif, Vespa.

Vespa 946 Christian Dior ini menjadi cara cerdas dan unik Dior untuk melakukan pendekatan ke kalangan pecinta otomotif serta para kolektor kendaraan mewah.

Di sisi lain, jenis kolaborasi ini pun semakin menguatkan nama besar Vespa sebagai merk kendaraan mewah yang super eksklusif dan meraih calon konsumen dari sektor yang berbeda.

Dari segi penjualan, tidak main-main karena Vespa Dior bahkan pernah terjual seharga Rp1,35 miliar. Salah satu warga negara Indonesia yang memiliki vespa mewah ini adalah pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

5. Pendapatan yang Berlipat

Dari kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan di atas akan bermuara pada satu hal yang menjadi tujuan utama kolaborasi bisnis, penjualan yang berlipat ganda.

Dengan meluasnya jaringan dan jangkauan pasar, ditambah makin tingginya kesadaran akan merk dan loyalitas terhadap brand, maka akan semakin banyak konsumen yang percaya untuk membeli produk kolaborasi tersebut.

Return of investment (ROI) yang akan diperoleh berpotensi untuk terus meningkat dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. 

Baca juga: Coba Cara Mencari Pelanggan Baru Ini, Penjualan Tokomu Langsung Meningkat!

Empat alasan di atas adalah beberapa dari sekian banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari kolaborasi bisnis.

Di Indonesia sendiri, kini sedang marak trend kolaborasi di antara para pegiat bisnis. Para pebisnis ini akan mengeluarkan koleksi terbarunya sambil bekerja sama dengan brand ternama lainnya.

Bahkan sempat beberapa waktu lalu, Lazada Women Fest juga turut mengadakan acara kolaborasi eksklusif antara Seller dengan beberapa KOL ternama.

Kolaborasi Brand Lokal dan Influencer yang Menghasilkan Koleksi Produk Terbaru

Lazada menginisiasi kolaborasi bisnis antara brand lokal ternama dengan sejumlah KOL yang memiliki pengaruh kuat melalui program Lazada Women’s Fest.

Lazada Women’s Fest tersebut digelar pada 11-13 November 2022 lalu di JIEXPO Convention Centre & Theatre, Jakarta.

Pada kegiatan tersebut, setiap brand menciptakan inovasi terbaik yang didukung juga oleh kreativitas dari para KOL. Sebagai contoh kolaborasi bisnis antara GoneGani x Hamidah Rachmayanti yang meluncurkan The Meeda Series untuk para muslimah.

Ada juga fashion brand lokal Kadaka x Kyra Nayda yang mengeluarkan koleksi Out for Coffee, kolaborasi antara SASC x Lula Lahfah dalam merilis mist dan lip tint terbaru, serta 7 kolaborasi lainnya yang turut mewarnai Lazada Women’s Fest.

Program tersebut dapat menjadi contoh jenis kolaborasi bisnis yang sukses melambungkan nama brand maupun KOL.

Nah, tertarik untuk melakukan kolaborasi bisnis? Kira-kira sudah punya gambaran ingin menjalin kolaborasi bisnis dengan siapa? 

Luncurkan kolaborasi bisnismu melalui Lazada yang memiliki jutaan pengguna aktif terbanyak se-Asia Tenggara. Jualan di Lazada bakal bantu tokomu untuk #NaikKeLaz. Klik di sini untuk gabung di Lazada sekarang!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
contoh copywriting yang menarik

Contoh Copywriting yang Bisa Bikin Pelanggan Check Out Produkmu

Strategi pemasaran lewat media sosial

Strategi Gaet Lebih Banyak Customer Melalui Media Sosial Bisnis

apa itu garansi

Apa Itu Garansi? Pengertian dan Jenisnya untuk Tingkatkan Kepercayaan Pembeli

tren foto kekinian

10 Tren Foto Produk Terbaru Agar Pelanggan Tertarik & Penjualan Naik!

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users