aksesoris dekorasi lamaran

Daftar Isi

Ini Dia Langkah Mudah Memulai Bisnis Aksesoris Dekorasi Lamaran

Daftar Isi

Saat ini bisnis jasa dekorasi lamaran dan pernikahan sedang marak digunakan sebagai cara untuk mengatur proses pernikahan menjadi lebih efisien.

Dari sinilah kemudian yang menjadi peluang untukmu menjual perlengkapan dan aksesoris yang dibutuhkan oleh para penyedia jasa dekorasi ini. 

Apalagi, usaha dekorasi untuk pemula cukup mudah untuk dilakukan dengan keuntungan yang menjanjikan. Waktunya ambil peluang ini dengan mulai bisnis aksesoris dekorasi lamaran milikimu sendiri!

Bingung gimana cara memulainya? Dan, berapa budget usaha dekorasi yang harus disiapkan? Selengkapnya akan dibahas pada artikel ini.

 

8 Langkah Memulai Bisnis Aksesoris Dekorasi Lamaran untuk Pemula

1. Awali dengan analisis pasar

Sebelum memulai usaha, kamu harus melakukan riset pasar dahulu. Kamu bisa mengamati bagaimana usaha sejenis di wilayahmu berjalan. Bagaimana pelayanannya, segmentasi pasarnya, harga yang ditetapkan, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan analisis ini, kamu bisa belajar dari usaha-usaha yang sudah berjalan terlebih dahulu dan mencari peluang untuk menjadi beda dan memberikan penawaran yang lebih menarik.

2. Tentukan produk dan target pasar

Dalam bisnis dekorasi lamaran, ada banyak sekali aksesoris yang dibutuhkan, seperti bunga tiruan, lampu, kursi, meja, karpet, backdrop, kain, tirai, dan banyak lagi.

Dari sekian banyak aksesoris, barang apa yang akan menjadi produk jualan pertamamu? Dengan menentukan produk yang akan dijual, selanjutnya kamu juga bisa menentukan target pasar yang akan dituju.

Target pasar sangat erat kaitannya dengan produk karena kamu harus memahami keinginan dan kebutuhan dari target pasarmu agar bisa menghadirkan produk yang sesuai.

3. Siapkan modal

Selanjutnya, salah satu langkah yang cukup krusial adalah menyiapkan budget usaha dekorasi atau modal. Tentu butuh dana di awal untuk bisa menyediakan stok produk, biaya operasional maupun menjalankan pemasaran.

Kamu bisa memilih menjual produk aksesoris dekorasi lamaran yang sesuai dengan jumlah modal yang kamu punya agar bisa langsung mulai berjualan.

Di tahap menyiapkan modal ini kamu juga bisa mulai menghitung harga jual untuk produkmu nanti.

4. Cari supplier/ agen besar

Jika kamu tidak melakukan produksi sendiri, kamu bisa mencari penyuplai produk yang akan menjadi tempat kamu mendapatkan produk jualan. 

Carilah supplier atau agen besar karena biasanya harga akan jauh lebih murah sehingga kamu bisa mendapatkan untung lebih banyak. Namun, biasanya akan ada jumlah kuantitas minimal yang harus dipenuhi untuk bisa melakukan pembelian.

 

Baca juga: Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Mencari dan Memilih Supplier

 

5. Foto produk dan dokumentasi

Setelah kamu mendapatkan produk jualan, jangan lupa untuk membuat foto produk agar dapat menarik minat calon konsumen. Foto produk ini bisa kamu pajang di media sosial, marketplace toko onlinemu, maupun untuk katalog produk.

Dokumentasikan juga berbagai proses yang berjalan dalam bisnismu agar bisa menjadi stok untuk konten media sosial.

6. Konten inspirasi dekorasi

Agar konsumen tidak bingung ketika membeli produkmu, kamu bisa memberikan inspirasi dekorasi dari penggunaan setiap produk melalui konten inspirasi.

Konten inspirasi seperti ini bisa dalam bentuk video proses perangkaian dekorasi lamaran atau foto hasil jadi dekorasi yang menggunakan produk aksesoris tokomu.

7. Promosi lewat media sosial

Agar tokomu semakin eksis dan semakin luas jangakaun konsumenmu, gunakan media sosial untuk menjadi wadah informasi dan update seputar tokomu.

Melalui media sosial, kamu bisa mendapatkan followers baru yang bisa menjadi calon konsumen. Tokomu juga bisa ditemukan oleh orang yang sedang mencari aksesoris untuk dekorasi lamaran melalui media sosial.

8. Jualan di marketplace

Selain menggunakan media sosial, optimalkan juga penjualan tokomu dengan bergabung di marketplace seperti Lazada.

Lazada memiliki jutaan pengguna aktif terbesar se-Asia Tenggara sehingga ada lebih banyak orang yang akan melihat produkmu.

Marketplace juga memberikan kemudahan dalam mengiklankan produk, mengelola penjualan maupun toko online-mu.

 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Mulai Jualan Online di Lazada

 

Itulah delapan langkah yang bisa kamu coba untuk memulai usaha dekorasi untuk pemula. Kira-kira sudah ada bayangan apa produk yang ingin kamu jual di toko pertamamu? Sudah siap dengan modalnya?

Nah, jika kamu masih bingung kira-kira berapa budget usaha dekorasi yang harus kamu persiapkan, selanjutnya kita akan bahas terkait permodalan dalam usaha aksesoris dekorasi lamaran.

 

Kisaran Budget Usaha Aksesoris Dekorasi Lamaran untuk Pemula

Usaha dekorasi untuk pemula sebenarnya cukup terjangkau, apalagi untuk kalangan anak muda. Budget usaha dekorasi lamaran sangat tergantung dengan pilihan produk yang ingin kamu jual dan seberapa besar skala usaha yang akan kamu mulai.

Untuk usaha awal dan terhitung kecil-kecilan, kamu bisa mulai dari modal 4-5 jutaan aja. Jumlah ini bisa kamu alokasikan untuk membeli produk, peralatan yang akan digunakan, upah pegawai lepas, dan kebutuhan lainnya.

Jika kamu tidak bisa menjalankan usaha dekorasi lamaran ini secara langsung, maka kamu juga perlu untuk memikirkan alokasi gaji untuk pegawai secara berkala.

Memilih berjualan usaha aksesoris dekorasi untuk pemula secara online akan membuat beban pengeluaran menjadi lebih ringan karena kamu tidak perlu membayar sewa tempat tokomu.

——

Membangun bisnis memang tidak mudah dan instan, namun kamu tidak perlu khawatir dan nikmati setiap prosesnya. Apalagi, berjualan secara online semakin mudah dengan bergabung di Lazada.

Buka toko online di Lazada tidak butuh biaya alias gratis! Toko onlinemu akan semakin cepat berkembang dan bertumbuh bersama marketplace terbesar se-Asia Tenggara ini. 

Klik di sini untuk mendaftar menjadi seller Lazada. Gabung dengan Lazada dan buat bisnismu makin #NaikKeLaz!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara live streaming di hp

Cara Live Streaming di HP Biar Hasilnya Maksimal

,Soft,Focus

Penting dalam Bisnis! Ini Cara Mencari Produk yang Sedang Trend

Batik ecoprint

Apa itu Batik Ecoprint? Kenalan Yuk Siapa Tahu Bisa Jadi Ide Usaha

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

10 Model Baju Koko Pria Modern untuk Ide Koleksi Baru di Tokomu

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users