admin online shop

Daftar Isi

Admin Online Shop: Apa Tugas dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Daftar Isi

Saat memutuskan untuk mulai berbisnis online  kamu mungkin memilih untuk mengerjakan semua tugas sendirian. Namun ketika bisnismu mulai berkembang, kamu mungkin akan memerlukan bantuan admin online shop

Pasalnya, saat semakin berkembang bisnismu tugas yang harus di-handle juga semakin bertambah. Jika terus mengerjakan semuanya sendiri, lambat laun kamu akan kerepotan sehingga membuat beberapa tugas terbengkalai. 

Kalau kamu sedang berencana untuk mencari admin untuk membantu menjalankan bisnis, simak dulu seperti apa cara kerja dan tugas admin online shop di bawah ini. 

 

Seperti Apa Cara Kerja Admin Online Shop?

Admin online shop (olshop) adalah seseorang atau pihak yang bertugas melayani konsumen di platform online shop. Pelayanan utama yang dimaksud di sini adalah menerima serta mengatur pesanan yang masuk. 

Admin olshop bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan operasional sebuah toko online. Jadi, cara kerja admin online shop meliputi pemeliharaan dan pembaruan situs web atau platform e-commerce, manajemen inventaris, pemrosesan pesanan, dan interaksi dengan pelanggan melalui berbagai saluran komunikasi online. 

Admin juga harus memastikan keamanan dan ketersediaan situs, termasuk penanganan transaksi keuangan secara aman. Selain itu, mereka dapat menerapkan strategi pemasaran online yang sudah disusun oleh seller atau pemilik toko online.

Bisa disimpulkan bahwa cara kerja admin online shop berkaitan erat dengan  pemahaman yang baik tentang produk yang dijual serta tren pasar. Ditambah dengan keterampilan teknis untuk menjalankan operasional toko dan memberikan pengalaman belanja online yang memuaskan bagi pelanggan.

 

5 Tugas Admin Online Shop yang Utama

Berdasarkan cara kerja admin olshop yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu mungkin sudah paham pentingnya keberadaan admin dalam bisnismu. Secara lebih detail, berikut beberapa tugas admin online shop yang perlu kamu ketahui sebelum mempekerjakannya.

1. Mengelola data 

Tugas pertama seorang admin online shop adalah mengelola data yang berhubungan dengan bisnismu. Pengelolaan ini termasuk mengatur data pembelian, penjualan, barang yang masih tersedia, barang yang sudah habis, hingga jadwal pengiriman. 

Seorang admin juga harus mampu mengelola data pelanggan, pemasukan yang diterima oleh bisnismu, data pengeluaran, dan sebagainya. Data-data ini harus disusun rapi agar kamu sebagai seller atau pemilik toko online bisa menemukannya dengan mudah ketika dibutuhkan. 

2. Melayani pelanggan

Melayani pelanggan tugas admin online shop yang paling utama. Seorang admin pasti akan berhubungan langsung dengan pelanggan, khususnya ketika ada pertanyaan atau keluhan. 

Itulah sebabnya, pastikan admin yang akan kamu pekerjakan mengetahui produk dan layout toko online dengan baik. Hal tersebut akan sangat bermanfaat agar admin dapat memberikan respon yang tepat dan cepat kepada pelanggan. 

Bukan itu saja, seorang admin juga harus mampu memberikan solusi atas keluhan dari pelanggan. Misalnya jika ada barang yang tidak sesuai dengan deskripsi atau salah kirim, admin harus menjelaskan bagaimana perusahaanmu akan bertanggung jawab. 

Karena berhubungan langsung dengan pelanggan, seorang admin juga harus mempunyai kemampuan berbicara dengan bahasa yang sopan dan bersikap ramah. 

Sikap sopan dan ramah ini akan membuat pelanggan nyaman sehingga mereka tak segan bertanya saat ada yang ingin ditanyakan. 

3. Menerima dan memproses pesanan yang masuk

Tugas lain dari seorang admin yang bekerja di online shop adalah menerima dan memproses setiap pesanan yang masuk. Supaya alur transaksi yang masuk tidak kacau, admin harus membuat aturan yang jelas dan mudah diikuti oleh semua pihak. 

4. Melakukan update stok barang

Seperti yang sudah disebutkan dalam cara kerjanya, mengurus toko online juga termasuk ke dalam tugas seorang admin online shop. Termasuk melakukan update stok barang di setiap e-commerce

Untuk melakukannya diperlukan ketelitian karena berhubungan dengan kenyamanan pelanggan saat berbelanja dan juga kredibilitas tokomu. Jadi pastikan kamu sudah mengajarkan cara yang benar dalam menyesuaikan stok barang di e-commerce dengan yang ada di gudang. 

5. Melakukan pendataan inventaris toko online 

Tugas berikutnya dari admin online shop adalah melakukan pendataan inventaris toko. Lantaran itulah, seorang admin sebaiknya mengetahui apa saja barang yang diperlukan untuk operasional toko dan jumlah stok barang yang ada di gudang. 

Tetapi, tugas ini memang tidak bisa dilakukan oleh admin seorang diri, kamu harus ikut membantu menyelesaikannya. Jika ternyata jumlah barangnya sangat banyak atau kamu tidak memiliki waktu, kamu bisa memilih untuk mempekerjakan admin tambahan agar tugasnya bisa selesai lebih cepat. 

Kamu juga harus mengajarkan dengan benar bagaimana cara membuat laporan barang yang masuk dan keluar dari toko setiap hari. Dengan begitu, kamu bisa memantau performa toko dan mengetahui jika suatu saat ada masalah berkaitan dengan produk atau transaksi.. 

___

Dengan pemahaman yang baik tentang tugas dan cara kerja admin olshop, kamu sebagai seller dapat memanfaatkannya untuk membantu mengelola bisnismu. Jadi, peluang untuk memaksimalkan penjualan bisa kamu menjadi lebih besar. 

Kalau kamu berniat membuka toko online dalam skala besar, mempekerjakan admin olshop bisa menjadi solusi yang tepat. Pastikan kamu juga mendaftarkan bisnismu di Lazada. Dengan bantuan admin, semua pengelolaan operasional toko online di Lazada akan menjadi lebih mudah. Segera daftarkan bisnismu di Lazada dengan cara klik disini, ya!

Bagikan
Artikel lain yang mungkin kamu suka
cara membuat inovasi produk

6 Cara Membuat Inovasi Produk dan Pentingnya untuk Bisnis

video tutorial

Cara Membuat Video Tutorial Produk: Ini yang Kamu Butuhkan!

cuci gudang

5 Manfaat Menggelar Cuci Gudang untuk Toko Online, Apa Saja?

apa itu distributor

Apa Itu Distributor, Kenapa Fungsinya Penting?

Ide & Cara Jualan Online

Sebelum Kamu Pergi,
Kasih Tahu yuk Alasannya!

Survey Exit Users